Pertolongan Pertama Jika Handphone Terjatuh ke Air, Penting!

Smartphone adalah salah satu barang yang gampang terjatuh dan hilang terutama saat traveling. Ketika traveling ke tempat wisata air misalnya, pasti sangat merugikan apabila smartphonemu jatuh ke dalam air. Beberapa tips ini dapat menjadi pertolongan pertama ketika hal itu terjadi.

Jangan Paksa Nyalakan Handphone

Matikan terlebih dahulu [image source]
Matikan terlebih dahulu [image source]
Jika ponsel masih menyala, segera matikan terlebih dahulu. Tapi jika smartphone dalam keadaan mati, jangan sesekali kamu hidupkan. Menyalakan ponsel dapat dapat meningkatkan risiko kerusakan perangkat keras yang ada dalam smartphon karena adanya konslet.

Segera Lepaskan Baterainya

Lepas baterai agar tidak konslet [image source]
Lepas baterai agar tidak konslet [image source]
Melepaskan baterai berguna untuk mencegah arus pendek dalam ponsel. Setelah itu diamkan beberapa saat. Untuk ponsel yang tidak bisa dilepas baterainya, cukup matikan agar kerusakan dapat dicegah. Ambil benda apapun yang berfungsi untuk mengeringkan bagian smartphone sebelum air masuk ke dalam.

Benamkan Dalam Beras Untuk Beberapa Saat

Beras dapat menyerap air [image source]
Beras dapat menyerap air [image source]
Cara yang satu ini cukup unik, tapi efektif. Ambil beras kemudian tempatkan dalam sebuah mangkuk, lalu taruh smartphonemu di dalamnya. Fungsi beras di sini hampir sama dengan silica gel, yang akan menyerap kelembaban. Biarkan smartphonmu selama beberapa saat agar benar-benar kering. Kemudian pasang kembali baterai dan cobalah hidupkan smartphonemu.

Jangan Gunakan Panas Yang Berlebihan

Keringkan dulu sebisanya [image source]
Jangan panaskan smartphone untuk mengeringkan [image source]
Untuk mengeringkan smartphone, hindari pemakaian panas yang berlebihan. Seperti menggunakan pengering rambut, panas lampu, atau dijemur di bawah sinar matahari secara langsung. Cara yang tepat adalah mengandalkan kompresor bertekanan rendah atau vacuum cleaner. Karena penggunaan panas yang berlebihan akan menyebabkan rusaknya komponen smartphone.

Nyalakan Setelah Benar-Benar Kering

Nyalakan setelah benar-benar kering
Nyalakan setelah benar-benar kering [image source]
Yang terbaik adalah biarkan smartphone dalam kondisi mati hingga waktu yang panjang. Walaupun telah dikeringkan, coba lebih bersabar dan tidak tergesa-gesa untuk menghidupkan. Setidaknya tunggu dalam waktu 24 jam.

Tapi yang paling baik adalah lebih berhati-hati dan jaga agar smartphonemu tidak jatuh ke dalam air. Setuju kan?

Tags
Indonesia Smartphone
Share