Penampakan Sebelum dan Sesudah Bencana, Terbaru Langit Jakarta

Dilanda banjir pada awal Januari 2020, baru-baru ini warga Jakarta dihebohkan dengan penampakan indah di langit Jakarta. Langit biru cerah tersebut muncul karena awan ditarik oleh Badai Claudia. Bergesernya posisi matahari ke selatan selain menimbulkan kekeringan yang mengakibatkan kebakaran lahan yang besar di Australia saat ini juga melahirkan Badai Tropis Claudia. Berikut 5 penampakan sebelum dan sesudah bencana di berbagai belahan dunia:

Badai Claudia via Twitter/Mrheza_f08

1. Badai Katrina

Badai Katrina via Naviri

Badai Katrina merupakan badai dahsyat yang melanda Amerika Serikat pada Bulan Agustus 2005. Badai ini melanda Louisiana, Mississipi, Alabama, Florida, dan Georgia. Ribuan orang meninggal dunia karena bencana ini.

Badai Katrina via Naviri

2. Gempa Bumi di Samudera Hindia

Gempa Bumi di Samudera Hindia via Dailymail

Teman Traveler masih ingat dengan gempa yang mengakibatkan tsunami di beberapa negara pada tahun 2004? Ternyata gempa dahsyat ini tak hanya mengakibatkan tsunami di satu tempat saja, melainkan sampai beberapa negara. Indonesia, Sri Lanka, India Selatan, hingga Thailand terkena sapuan tsunami yang disebabkan oleh gempa bumi di Samudra Hindia tersebut. Bahkan Afrika Selatan pun turut merasakan getarannya.

3. Badai Harvey

Badai Harvey via pensionpulse 

Badai Harvey terjadi di Texas pada 17 Agustus 2017 lalu. Banjir merendam berbagai tempat dan suasana kota yang penuh dengan berbagai transportasi. Bencana ini menewaskan 44 orang dan ratusan ribu orang dievakuasi.

Badai Harvey via detiknews

4. Tsunami Jepang

Tsunami Jepang via daypic

Gempa besar yang terjadi di Samudra Pasifik menyebabkan salah satu tsunami paling besar yang pernah terjadi di Jepang. Peristiwa ini terjadi pada tahun 2011 dan merupakan salah satu bencana yang sampai sekarang masih terus diingat oleh masyarakat dunia.

Gempa 11 Maret ini terasa sampai di wilayah Petropavlovsk-Kamchatsky (Rusia), Kaohsiung (Taiwan), dan Beijing (Cina). Gempa ini menjadi gempa dengan kekuatan terbesar di sejak abad ke-19. Kerusakan yang ditimbulkan tidak main-main. Diperkirakan 200 ribu orang meninggal atau hilang dan 500 ribu lainnya terpaksa dievakuasi. Tsunami dan gempa mempengaruhi stasiun pembangkit listrik tenaga nuklir dan menyebabkan keadaan waspada nuklir. Kerugian yang diciptakan dari bencana ini adalah 360 miliar dolar AS.

5. Gempa Haiti

Gempa Haiti via Novate  

Pada awal tahun 2010 silam, terjadi gempa bumi besar di Haiti. Tak hanya gedung-gedung penting, ada banyak korban berjatuhan akibat bencana ini. Peristiwa ini tepatnya terjadi pada 12 Januari 2010 dan menelan korban sebanyak 200 ribu jiwa.

Setelah gempa, masalah lain pun muncul. Ribuan jasad korban tergeletak di jalanan. Tak ada tenaga dan daya tersisa untuk mengidentifikasi dan menguburkan mereka secara layak. Pemerintah setempat pun memutuskan mengubur jenazah yang tidak bisa teridentifikasi di kuburan masal.

Gempa Haiti via Liputan6

Itulah 5 penampakan sebelum dan sesudah bencana di berbagai belahan dunia. Tetap berhati-hati dan waspada dimanapun berada ya, Teman Traveler!

Tags
Bencana langit jakarta pemandangan indah
Share