Transformasi Pemandian Alam Cikoromoy, Dari Pemandian Biasa Menjadi Spot Foto Underwater yang Amboy Kerennya

Nama Cikoromoy bukanlah pendatang baru di jajaran tempat wisata yang dimiliki kabupaten Pandeglang. Tempat ini sudah sejak lama digunakan sebagai tujuan wisata keluarga di akhir pekan dan libur nasional. Tapi kini pemandian ini bukan hanya sekedar pemandian biasa tapi fungsinya bertambah sebagai spot hunting fotografi bawah air yang keren luar biasa.

Kemajuan teknologi berdampak pada berbagai sektor. Bukan hanya memudahkan orang berkomunikasi saja, adanya teknologi yang canggih juga berperan penting dalam perkembangan pariwisata khususnya di daerah-daerah yang sebelumnya kurang dikenal wisatawan. Tengok saja bagaimana setiap hari di media sosial selalu ada postingan baru yang menunjukkan tempat baru di berbagai daerah.

Pemandian Alam Cikoromoy, via instagram
Pemandian Alam Cikoromoy, via instagram

Khusus untuk tempat wisata yang akan Travelingyuk bahas kali ini bukanlah tempat wisata baru dalam hal keberadaannya. Tapi tempat ini diperbarui dalam sisi fungsi dan tujuan traveler berkunjung. Adalah Pemandian Alam Cikoromoy yang terletak di desa Kadubungbung, kecamatan Cimanuk, kabupaten Pandeglang, Banten.

Kolam pemandian alam yang berjarak 15 km dari pusat kota Pandeglang ini sudah menjadi tujuan rekreasi keluarga sejak lama. Namun akhir-akhir ini namanya tengah booming di kalangan traveler khususnya mereka yang tinggal di sekitaran Banten dan Jawa Barat. Pemicunya adalah foto underwater yang diambil dari dalam kolam alami ini.

Foto dua alam di Pemandian Alam Cikoromoy, via instagram
Foto dua alam di Pemandian Alam Cikoromoy, via instagram

Seperti diketahui bahwa beberapa tahun ini traveler Indonesia lagi diserang demam foto bawah air di dalam kolam alami di daratan. Sebagai salah satu pionirnya, Umbul Ponggok di Klaten, Jawa Tengah memberikan pengaruh pada umbul-umbul atau mata air sejenis yang lainnya yang ada di pulau Jawa untuk turut terdongkrak namanya ke permukaan.

Salah satu kolam alami tersebut berada di Pandeglang ini. Tempat wisata pemandian yang dulu hanya digunakan untuk berenang dan rekreasi keluarga kini diserbu anak-anak muda untuk berfoto ria. Mereka membawa peralatan kamera bawah air lengkap dengan dome untuk mengambil potret di dua alam yaitu air dan permukaan. Hasilnya bisa kalian lihat pada foto-foto di atas dari beberapa traveler yang pernah berkunjung ke Pemandian Alam Cikoromoy.

Pemandian Alam Cikoromoy jadi destinasi wisata hits, via instagram
Pemandian Alam Cikoromoy jadi destinasi wisata hits, via instagram

Sejarahnya pemandian ini sudah ada sejak zaman dahulu bahkan sebelum Belanda menginvasi Indonesia. Dulu hanya berbentuk mata air biasa di tengah hutan. Singkat cerita banyak warga yang tahu dan digunakan untuk sumber air bagi warga sekitar. Setelah itu dikembangkanlah sebagai tempat wisata yang dikelola oleh desa setempat.

Kini si sekeliling kolam ini terdapat banyak warung makan yang menyediakan aneka olahan seafood yang lezat. Jadi buat traveler yang liburan kesini tidak usah khawatir bakal kelaparan. Tinggal memilih salah satu warung di sekitar kolam perut akan dijamin kenyang. Tambahan, untuk masuk ke tempat wisata ini pun tidak mahal hanya sekitar Rp. 3 ribu saja. Tarif tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Tags
Pandeglang Pemandian Alam Cikoromoy
Share