Hanya Ada Dua di Dunia, Begini Sensasi Berendam di Pemandian Air Soda Tapanuli Utara

Tapanuli merupakan suatu daerah yang kaya akan kuliner, budaya, dan juga keindahan alamnya. Berada di kota Tarutung, Sumatera Utara, potensi wisata yang dimiliki tak kalah memesona jika dibandingkan dengan lain. Nah, Travelingyuk akan membahas tentang salah satu tempat wisata yang hanya ada dua di dunia, yaitu pemandian air soda di Desa Parbubu. Penasaran bagaimana rasanya berendam di kolam soda? Yuk, simak informasi singkat di bawah ini!

Awal Bermula Kolam Soda

Sejarah kolam air soda
Sejarah kolam air soda via Instagram/dinalsinaga

Kolam air soda ini pada awalnya ditemukan oleh seorang bidan bernama Minar Shite. Pada saat itu ia berjalan di kawasan hutan yang terbilang cukup angker. Tanpa sengaja, ia menemukan sebuah kolam dan mulai dicicipinya. Anehnya, air tersebut memiliki rasa seperti soda. Setelah itu ia bermimpi dihampiri sebuah arwah yang memberi wasiat untuk mengembangkan tempat ini dengan beberapa syarat.

Pengunjung yang datang tidak boleh berkata kasar, tidak boleh telanjang, dan juga tidak boleh dibangun penginapan. Setelah mendapat mimpi tersebut, lantas Minar membuat kolam yang berukuran cukup besar dan tempat ini dibuka untuk umum pada tahun 1976. Tempat wisata satu ini menjadi kebanggan masyarakat Tapanuli karena hanya ada dua di dunia.

Fasilitas Pemandian

Fasilitas Pemandian
Fasilitas Pemandian via Instagram/christovitawiloto

Fakta menarik tentang pemandian air soda adalah hanya ada dua di dunia dan salah satunya berada di Venezuela. Sayangnya, tempat tersebut sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi untuk publik. Sedangkan kolam air soda yang berada di Desa Parbubu ini masih difavoritkan pengunjung. Suasana yang ditawarkan asri karena berada di area persawahan, dibarengi dengan pemandangan Lembah Silindung. Selain berendam, pengunjung juga bisa menggunakan beberapa fasilitas seperti toilet, tempat untuk beristirahat, tempat ganti pakaian, dan juga tempat makan. Wisatawan yang datang tidak dikenakan biaya, namun jika ingin menggunakan fasilitas mereka harus membayar.

Memberi Banyak Khasiat

Memberi khasiat
Memberi khasiat via Instagram/melyyantisilalahi

Kolam air soda ini memiliki beberapa khasiat bagi tubuh. Begitu Teman Traveler mencoba menyelam di kolam dengan kedalaman 1,8 meter ini, badan akan dipenuhi dengan buih-buih soda. Kabarnya, berendam di kolam ini dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti pengapuran tulang, rematik, asam urat, gatal-gatal, dan lain-lain. Hal tersebut terbukti karena telah diteliti oleh beberapa dokter di Bandung dan Yogyakarta. Walaupun begitu, pengunjung harus berhati-hati, karena jika terkena mata dapat menyebabkan iritasi. Bagi yang ingin menyelam, disarankan untuk menggunakan kacamata renang.

Akses Untuk Menuju Desa Parbubu

Akses ke pemandian air soda
Akses ke pemandian air soda via Instagram/babanghar

Lokasi dari pemandian air soda ini tidak memiliki jarak yang terlalu jauh dari Kota Tarutung. Jika Teman Traveler berangkat dari Bandara Silangit, maka membutuhkan waktu selama 40 menit berkendara. Jika berangkat dari Sibolga di Tapanuli Tengah, wisatawan membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu memakan waktu 2,5 jam. Walaupun begitu, rasa lelah tersebut akan terbayar ketika telah sampai di kolam ini karena selain segar, air soda di sini juga mampu memberikan khasiat.

Itulah beberapa fakta menarik tentang pemandian air soda di Desa Parbubu, Tapanuli Utara. Tertarik untuk mencoba langsung?

Tags
Indonesia pemandian air soda Sumatera Utara tapanuli tapanuli utara Wisata wisata tapanuli
Share