Pemandian Air Panas di Bandung, Lawan Dingin dengan Berendam

Bandung merupakan salah satu kota dingin di Indonesia yang menawarkan beragam wisata. Salah satunya adalah pemandian air panas, ditambah dengan panorama yang cantik karena berlokasi di dataran tinggi. Jadi, sembari mandi air panas dari sumber alami, kamu bisa sekaligus menikmati keindahan sekitar yang disuguhkan. Nah, inilah rekomendasi tempat pemandian air panas di Bandung. Siap jadi destinasi untuk liburanmu berikutnya.

Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater, Via Instagram/sariater_hotelresort
Pemandian  Ciater, Via Instagram/sariater_hotelresort

Nama Pemandian Air Panas Ciater ini sudah begitu populer di kalangan wisatawan. Hal-hal yang menjadi pemicunya karena fasilitas dan aktivitas yang ditawarkan di sini sudah sangat beragam. Mulai dari fasilitas outbond, trekking, restoran, spa, hotel, resort, sampai dengan kolam pancing. Satu hal lagi yang tidak boleh ketinggalan, wisata di Bandung ini juga menawarkan panorama alam berupa perkebunan teh dan perbukitan hijau nan asri.

Lokasinya berada di Jl. Raya Ciater, Nagrak, Bandung. Sekitar 10 menit dari Tangkuban Perahu. Untuk harga tiket masuknya Rp22.000, lalu perlu membayar uang tambah Rp80.000 jika ingin mandi di kolam utama. Sekitaran Rp20.000-Rp55.000 di kolam pemandian sederhana.

Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini, Via Instagram/titin_patimah_abdullah
Pemandian  Ciwalini, Via Instagram/titin_patimah_abdullah

Selanjutnya ada Pemandian Air Panas Ciwalini yang belokasi di kawasasn Argo Wisata Kebun Ranca Bali di Jl. Raya Ciwidey, Patengan, Tenjolan, Ciwidey, Bandung. Lokasinya dikelola oleh PTP Nusantara VIII, wilayah Kabupaten Bandung. Selain nyaman, ditawarkan juga panorama alam perkebunan teh yang asri. Sumber air panas di sini berasal dari Gunung Patuha.

Fasilitas yang ditawarkan antara lain untuk kegiatan outbond seperti flying fox, ATV Ride, penyewaan sepeda, waterboom untuk anak-anak, gazebo, tempat makan dan lain-lain. Harga tiketnya adalah Rp20.000 ditamba denga parkir.

Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang, Via Instagram/kiaora.bdg
Pemandian Air Panas Cibolang, Via Instagram/kiaora.bdg

Pemandian Air Panas Cibolang merupakan salah satu lokasi yang begitu populer di Bandung. Tempatnya sudah ada sejak tahun 1985, dan masih ada sampai sekarang. Bahkan, semakin ke sini fasilitasnya ditambah. Fasilitas yang disuguhkan misalnya saja adalah penyewaan alat pancing, tempat makan, dan lain-lain.

Untuk lokasinya berada di Desa Wanasuka, Kecamatan Pangelengan. Tempat ini berada di lahan seluas 2 hektar di ketinggian 1.450 mdpl. Panorama cantik akan terpampang saat kamu berendam. Lalu untuk harga tiketnya, masuk sebesar Rp15.000 dan ditambah uang parkir.

Pemandian Air Panas Kampung Cai

Pemandian Air Panas Kampung Cai, Via Instagram/pondokmertuaindah
Pemandian Air Panas Kampung Cai, Via Instagram/pondokmertuaindah

Destinasi selanjutnya adalah Pemandian Air Panas Kampung Cai. Kawasan ini memang sudah lama menawarkan sensasi kembali ke alam. Bisa berkemah dan melihat penangkaran rusa dari dekat. Ada juga tempat berendam di kolam pemandian air hangat yang sangat menyenangkan. Tiket masuknya sekitar Rp15.000. Harga tiket masuk yang sangat terjangkau, bukan?

Selain menyediakan kolam air panas, kamu juga bisa mencoba ragam fasilitas yang disuguhkan. Sebut saja paintball, flying fox, berkemah dan lain-lain. Untuk aktivitas seperti berkemah, kamu tidak perlu bingung kerepotan. Pasalnya, wisata ini telah menyediakan penyewaan alat berkemah seperti kayu, tenda, dan lain-lain.

Pemandian Air Panas Sagulling

Pemandian Air Panas Saguling, Via Instagram/syahdian12
Pemandian Saguling, Via Instagram/syahdian12

Pemandian Saguling memang ini lebih sederhana. Meskipun begitu, bukan berarti tidak layak untuk dikunjungi lho. Di sini ada kolam yang masih asri ditambah dengan alam yang memikat hati. Lokasinya berada di kawasan Kulon, Cipatat, Bandung Barat. Tiketnya hanya Rp10.000 saja, amat sangat terjangkau untuk bisa bersantai.

Pemandian air panas ini bisa menjadi alternatif wisata yang dipilih untuk menghangtkan diri jika cuaca Bandung sedang dingin-dinginnya. Bagaimana, mau ajak siapa nih untuk berendam sambil menikmati keindahan Kota Kembang ini?

Tags
Bandung Jawa Barat pemandian air panas di bandung
Share