Tempat Wisata Kawah Paling Indah

Advertisement

Puncak yang menjadi hadiah bagi para pendaki adalah kemegahan kawah yang tak bisa dilihat oleh sembarangan orang. Hanya yang bernyali, dan punya kemauan, serta tekad kuat lah yang berhak menikmati keindahan yang membuat kita mengakui kebesaran Ilahi. Ada banyak lho wisata kawah yang cantiknya bikin nggak bisa lupa dan ngajakin balik lagi. Apa saja, sih?

Kawah Putih, Bandung

Indahnya Kawah Putih, Bandung
Indahnya Kawah Putih, Bandung (image source)

Kawah Putih, pasti nggak asing dengan tempat wisata yang satu ini, kan. Kawah ini berupa danau dengan air putih yang kehijauan, terbentuk karena ledakan hebat dari Gunung Patuha di abad ke 10 lalu. Sebelum dibuka menjadi tempat wisata Bandung seperti sekarang, Kawah Putih yang terletak di Ciwidey, Bandung ini sempat dianggap angker karena setiap burung yang melewatinya mati. Rupanya hal ini dikarenakan belerang yang terkandung di danau ini. Jangan terkejut jika warna airnya berubah-ubah, ya. Hal ini lah yang menjadi salah satu pesona dari Kawah Putih.

Seru-seruan di Kawah Putih
Seru-seruan di Kawah Putih (image source)

Kawah Ijen, Banyuwangi

Kawah Ijen, Banyuwangi
Kawah Ijen, Banyuwangi (image source)

Kawah cantik ini terletak di puncak Gunung Ijen yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso dan berupa danau asam terbesar yang ada di dunia. Kalau kamu beruntung, saat dini hari akan menjumpai fenomena alam, blue fire. Yaitu salah satu keajaiban alam yang hanya terjadi di dua tempat, yaitu Ijen dan Islandia. Kawah ini termasuk salah satu cagar alam yang dilindungi pemerintah dan juga tempat wisata Banyuwangi paling populer. Untuk mempromosikannya, banyak even yang diadakan di kawah ini, seperti tour dan juga jazz Ijen.

Berpose di Kawah Ijen
Berpose di Kawah Ijen (image source)

Kawah Kelud

Keindahan Kawah Kelud
Keindahan Kawah Kelud (image source)

Kawah cantik lainnya terletak di puncak gunung Kelud. Gunung ini berlokasi di perbatasan Blitar dan Kediri. Sebagai salah satu yang paling aktif sejak ribuan tahun yang lalu, banyak letusan terjadi dan membahayakan penduduk di sekitarnya. Ledakan terbesar terjadi di tahun 2014 lalu dan hampir menghilangkan danau kawah. Kini, kawah Kelud sudah dijadikan tempat wisata dengan memudahkan akses para wisatawan untuk mencapai puncak. Daerah wisata yang satu ini sempat menjadi rebutan antara Kediri dan Blitar, lho. Wah, padahal bisa dinikmati bersama, ya.

Kawah Kelud
Kawah Kelud (image source)

Kawah Wurung

Keindahan Kawah Wurung
Keindahan Kawah Wurung (image source)

Kawah wurung merupakan spot wisata Ijen yang tak boleh dilewatkan. Ini merupakan kawasan perbukitan dengan cerukan yang menyerupai kawah gunung. Pemandangan hijau seperti permadani ini berada dekat dengan Gunung Ijen. Bisa banget dijadikan alternatif saat kamu tak bisa mendaki Ijen karena statusnya yang aktif. Yang sudah sampai di puncak Ijen pun tak salah jika memutuskan sekalian mampir ke bukit-bukit yang cantik ini. Iya, ini masih Indonesia, lho.

Selfie di Kawah Wurung
Selfie di Kawah Wurung (image source)

Kawah Sikidang, Dieng

Kawah Sikidang
Kawah Sikidang (image source)

Kawah Sikidang terletak di kawasan dataran tinggi Dieng. Nama Sikidang terbentuk karena kawah ini bisa berpindah-pindah dari satu tempat ke kawasan yang lain, seperti hewan kijang atau kidang dalam bahasa Jawa. Rata-rata dalam 4 tahun sekali, kawah akan berpindah. Tujuan liburan ini bisa dibilang yang paling populer di antara wisata Dieng yang lainnya. Disebabkan lokasi yang mudah dijangkau. Selain itu, tarifnya juga sangat murah. Dengan mengeluarkan uang 10 ribu saja, kamu bisa menikmati keindahan Kawah Sikidang dan candi-candi yang berada di sepanjang jalan sebelum mencapai lokasi. Keren, kan?

Kawah Sikidang, Dieng
Kawah Sikidang, Dieng (image source)

Kawah Ratu

Cantiknya Kawah Ratu, Tangkuban Perahu
Cantiknya Kawah Ratu, Tangkuban Perahu (image source)

Kawah Ratu juga termasuk wisata yang sayang banget untuk dilewatkan. Lokasinya yang berada di Kabupaten Bogor, tak jauh dari kota Jakarta menjadi daya tariknya. Selain itu, kawah yang berada di Gunung Salak ini mudah dijangkau. Cocok banget untuk pendaki pemula yang baru belajar naik gunung, namun masih takut capek. Ketinggian gunung yang tidak seberapa, menjadi salah satu keuntungan. Meski begitu, jangan ragukan keindahannya, ya. Sayang, belum diperbolehkan mendirikan tenda atau camping di lokasi ini. Yap, karena udaranya masih mengandung zat beracun yang nggak boleh dihirup lama-lama.

Pose di Kawah Ratu
Pose di Kawah Ratu (image source)

Kawah Bromo Tengger

Selfie di Kawah Gunung Bromo
Selfie di Kawah Gunung Bromo (image source)

Kawah merupakan salah satu spot wisata yang menarik dikunjungi dalam serangkaian pesona kepunyaan Gunung Bromo. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari, setelah kamu menikmati sunrise legenda Bromo. Kamu akan disuguhi keindahan kawah dengan asapnya yang putih, dan latar lautan pasir yang magis. Hmm, tidak ada satu spot pun yang jelek di Gunung Bromo. Untuk mencapai kawah, kamu harus menaiki ratusan anak tangga. Banyak yang bilang, jumlah anak tangga untuk naik nggak sama dengan yang turun, lho. Nggak percaya? Coba buktikan sendiri, ya.

Tangga menuju Kawah Bromo
Tangga menuju Kawah Bromo (image source)

Kawah Galunggung

Kawah Galunggung
Kawah Galunggung (image source)

Letaknya di gunung Galunggung, tepatnya di kabupaten Tasikmalaya. Perlu meniti 620 anak tangga untuk sampai ke puncaknya. Namun jangan khawatir, pemandangan di sekitar akan menghilangkan lelahmu dan menambah semangat untuk segera sampai. Meski termasuk gunung yang aktif, namun di dasar kawah terbentuk danau yang dihuni banyak ikan. Danau ini pun dibuka sebagai tempat wisata pancing. Seru banget, kan. Lokasi ini pun dibuka bagi pendaki yang ingin berkemah. Air bersih tak susah didapat. Transportasi menuju gunung ini termasuk mudah dan tak butuh biaya besar. Seru nih untuk akhir pekan mendatang.

Kawah Gunung Galunggung
Kawah Gunung Galunggung (image source)

Kawah Papandayan

Kawah Papandayan
Kawah Papandayan (image source)

INi lho incaran para pendaki gunung.  Kawah Papandayan, yang berada di Garut memiliki pesona tersendiri. Butuh treking selama 20 menit untuk mencapai puncak dari lapangan parkir. Dalam lokasi, terdapat sekitar 14 kawah dengan lebar yang beragam. Tak hanya itu, masing-masing kawah mengeluarkan asap dengan warna yang berbeda. Seru, kan. Cukup ke satu tempat, kamu sudah bisa menikmati berbagai kawah. Kamu juga bisa mendengar suara yang menyerupai jet berasal dari dalam kawah yang memang masih aktif.

Jalan menuju Kawah Papandayan
Jalan menuju Kawah Papandayan (image source)

Nah, sudah lihat kan deretan kawah paling cantik yang ada di Indonesia. Masukkan mereka ke dalam list naik gunungmu. Bagaimana, puncak mana saja nih yang sudah kamu taklukkan?

Advertisement
Tags
kawah cantik kawah gunung kawah indah indonesia
Share