Rayakan Kelulusan SMA dengan Berbagi Takjil, Sekelompok Orang Ini Juga Lakukan Hal Serupa

Ramadan merupakan bulan berkah. Para umat muslim di berbagai belahan dunia tak terkecuali Indonesia turut menjalankan ibadah tersebut. Kebahagiaan dan semangatnya pun dituangkan dalam berbagai tradisi unik Ramadan. Seperti melaksanakan ibadah di masjid beramai-ramai, bersedekah, dan kegiatan amal lainnya. Contohnya seperti kisah para pelajar SMA di Sumatera yang berbagi takjil ke sejumlah pengendara.

Namun nggak hanya itu saja, beberapa orang ini juga lakukan hal serupa, lho. Intip yuk!

Rayakan Kelulusan dengan Bagi Takjil

Pelajar SMA Batusangkar bagi takjil, via Instagram/kabarminang

Pelajar SMA Negeri 1 Batusangkar, Sumatera Barat merayakan kelulusan mereka dengan berbagi takjil ke sejumlah pengendara yang lewat di jalanan sekitar sekolah. Lokasi pembagian tersebut berada di depan Gedung Nasional Maharajo Dirajo, Jalan Soekarno Hatta, Baringin, Lima Kauam, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar.

Seperti yang diberitakan oleh Kompas, seluruh pembiayaan dari kegiatan tersebut berasal dari kantong pribadi siswa. Mereka pun membawa kardus dengan tulisan gratis yang berisi takjil dan mendekati para pengendara.

Polres Belitung Timur

Membagikan takjil dan helm di Belitung, via Instagram/satlantas_belitung

Tak hanya para pelajar, ternyata Polres Belitung juga turut membagikan takjil beserta helm ke sejumlah pengendara yang melintas di Jalan Jenderal Soedirman, Kecamatan Manggar, tepat di dekat Pos Satlantas Belitung Timur.

Walau beberapa pengendara sempat terheran karena kendaraannya dihentikan, namun setelah mengerti ternyata mereka diberi takjil serta pelindung kepala bagi anak-anak yang dibonceng. Helm untuk anak-anak sengaja disiapkan karena dirasa selama ini kesadarannya masih kurang.

Pemuda Hindu di Blitar

Pemuda Pura Dharma Bhakti di Blitar, via Instagram/infojembrana

Selain dirayakan umat muslim, toleransi beragama juga ditunjukkan oleh sejumlah pemuda Paguyuban Muda-Mudi Hindu Pura Dharma Bhakti yang berada di Sidodadi Garum, Blitar. Mereka terlihat berbagi takjil berupa bungkusan minuman ke sejumlah pengendara.

Toleransi seperti ini patut dicontoh dan dapat dijajdikan inspirasi untuk saling menghormati sesama manusia walau berbeda keyakinan.

Wanita Bagi Takjil di Kapal

Wanita yang bagikan takjil di kapal feri, via Facebook/Nasx Seth

Sebuah postingan Facebook milik Nasx Seth sempat viral beberapa waktu lalu karena ia menggunggah pengalaman pribadinya berpuasa di dalam kapal feri dengan tujuan Langkawi ke Alor Setar, Malaysia. Ia tak memiliki makanan untuk berbuka puasa, tiba-tiba seorang wanita yang juga penumpang kapal yang sama mengeluarkan coklat miliknya untuk dibagikan kepada orang-orang yang berpuasa di sana.

Dikarenakan kapal mengalami kerusakan, maka tidak bisia tiba di pelabuhan tepat waktu. Atas aksi wanita tersebut, banyak dari penumpang lain yang juga lakukan hal serupa.

Itulah beberapa kisah menarik yang terjadi di bulan Ramadan tahun ini. Cerita sejumlah pelajar SMA yang berbagi takjil ke beberapa pengendara tadi bisa Teman Traveler jadikan inspirasi untuk ikut berbuat kebaikan selama bulan puasa dan seterusnya.

Tags
Indonesia
Share