Asyiknya Melancong ke Pelabuhan Tua Paotere Makassar

Advertisement

Hai Teman Traveler, mungkin banyak di antara kalian yang sudah tak asing dengan pelabuhan. Meski fungsi utamanya sebagai tempat bersandar kapal, beberapa juga bisa dikunjungi sebagai tempat wisata, lho. Salah satu pelabuhan menarik yang bisa Teman Traveler kunjungi di Kota Daeng adalah Pelabuhan Tua Paotere.

Kawasan ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Gowa. Belakangan, pelabuhan satu ini jadi salah satu destinasi wisata di Makassar yang banyak dikunjungi. Yuk, lihat lebih dekat.

Kapal Pinisi Canggih

Kapal Pinisi (c) Awaluddin Isman/Travelingyuk

Selama berada di kawasan Pelabuhan Paotere, Teman Traveler bisa melihat puluhan Kapal Pinisi bersandar, bersiap-siap mengantar logistik ke berbagai penjuru Indonesia. Jangan salah, meski bentuknya terlihat kuno, kapal-kapal tersebut sudah dilengkapi teknologi canggih seperti GPS dan sensor bawah laut.

Pinisi sendiri merupakan perahu tradisional khas Bugis Makassar. Reputasinya sudah mendunia, dikenal kuat dan kokoh hingga mampu mengarungi berbagai lautan ganas di berbagai penjuru dunia. Ketangguhannya telah terbukti dan diakui banyak pihak.

Aktivitas Bongkar Muat

Aktivitas di sekitar kapal pinisi (c) Awaluddin Isman/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa melihat aktivitas bongkar muat barang maupun persiapan perjalanan kapal penyebrangan menuju berbagai daerah di Tanah Air. Banyak hal menarik dapat kalian saksikan di sini, mulai pagi hingga sore hari. Tak perlu ragu untuk mengunjungi Paotere, kapan pun kalian sempat.

Aktivitas bongkar muat (c) Awaluddin Isman/Travelingyuk

Sejak pagi hingga siang hari, Teman Traveler akan melihat banyak perahu berdatangan mengambil logistik. Kalian bisa melihat langsung proses bongkar muat barang. Jika ingin, kalian juga boleh berbaur dengan para ABK (anak buah kapal), maupun pekerja di sekitar pelabuhan.

Anak-anak Bermain

Anak-anak bermain di sekitar kapal (c) Awaluddin Isman/Travelingyuk

Di sekitar pelabuhan Teman Traveler juga bisa menjumpai anak-anak sedang bermain. Mereka adalah penduduk lokal yang tinggal di sekitar Paotere. Tak perlu sungkan jika ingin mengajak berfoto, mereka semua ramah dan cukup menyenangkan untuk diajak mengobrol.

Menikmati Sunset

Sunset di sekitar Paotere (c) Awaluddin Isman/Travelingyuk

Begitu sore menjelang, Teman Traveler bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang luar biasa indah di Pelabuhan Paotere. Dijamin bakal membuat kalian takjub. Liburan jadi terasa menyenangkan dan mengesankan. Jadi, jangan lupa siapkan kamera terbaik untuk menangkap momen indah ini. Lumayan, bisa jadi konten anyar untuk media sosial kalian hehe.

Itulah tadi beberapa gambaran mengenai hal-hal menarik di Pelabuhan Tua Paotere. Bisa jadi alternatif jika Teman Traveler liburan di Makassar kelak. Selamat berlibur.

Advertisement
Tags
Indonesia kontributor Makassar Sulawesi Selatan Travelingyuk wisata makassar
Share