Pecel Horog-horog, Kuliner Khas Jepara yang Sudah Jarang Ditemui

Advertisement

Jepara tidak hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang menakjubkan. Tapi, juga kulinernya yang rasanya dijamin memanjakan lidah. Seperti Pecel Horog-horog yang merupakan makanan asli dari tanah kelahiran Kartini ini, namun kini sudah jarang ditemui. Tapi, kalian jangan kecewa dulu, karena makanan ini masih ada di salah satu pasar. Penasaran di mana dan bagaimana rasanya? Simak ulasan berikut.

Berlokasi di Pasar Sore Karangrandu

pecel horog-horog
Pasar Sore Karangrandu (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Pecel ini dapat kalian temukan di Kedai Pecel Bu Lathifah yang bertempat di Pasar Sore Karangrandu. Lokasinya berada di Desa Karangrandu, RW 03. Dari pasar Pecangaan, lurus sedikit dan terlihat bunderan di depan pabrik plastik Dasaplast, belok kiri kemudian lurus terus, dan pasar terletak di sebelah kanan jalan. 

Pasar ini buka setiap hari dari Senin-Minggu mulai pukul 14.00 sampai 18.00 WIB.  Untuk bisa menikmati hidangan Pecel Horog-horog di Kedai Pecel Bu Lathifah, kalian harus datang di awal pasar buka agar tidak kehabisan.

Menikmati Pecel Horog-horog yang Nikmat

pecel horog-horog
Pecel Horog-horog (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Horog-horog adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung pohon aren. Bentuknya butiran-butiran kecil berwarna putih dengan rasa gurih dan kenyal, serta tinggi karbohidrat sehingga seringkali dijadikan makanan pengganti nasi. Horog-horog biasanya disajikan dengan sayuran dan bumbu kacang yang biasa disebut dengan janganan.

pecel horog-horog
Aneka sayuran pecel (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Namun, agar namanya lebih mudah dikenal dan bisa berbaur, akhirnya janganan lebih sering disebut dengan pecel karena memang keduanya adalah makanan yang sama. Jika di kota lain pecel disajikan dengan lontong, maka di Jepara, pecel disandingkan dengan horog-horog.

Tersedia Aneka Minuman dan Lauk Pendamping

Aneka sate (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Selain menikmati gurihnya Pecel Horog-horog yang legendaris, di Kedai Pecel Bu Lathifah, kalian juga bisa menemukan aneka minuman tradisional seperti es sruntul, es ketan hitam, es degan, es kacang hijau, es buah, es biji salak, dan lain sebagainya. Selain itu juga tersedia aneka lauk pendamping gorengan seperti bakwan, mendoan, tahu bakso serta tersedia juga aneka sate seperti sate jeroan, sate telur, sate usus, sate kerang, hingga sate keong yang sangat digemari. 

whatsapp_image_2020_01_28_at_23_k6L.jpeg
Aneka minuman (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Harga Sangat Murah

whatsapp_image_2020_01_27_at_23_tVO.jpeg
Daftar harga (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Untuk bisa menikmati sepiring horog-horog + pecel yang nikmat, kaian cukup membayar sebesar Rp5.000 untuk makan di tempat. Sedangkan kalau dibungkus hanya sebesar Rp3.000 karena porsi lebih kecil.

Itulah sekilas mengenai Pecel Horog-horog. Makanan satu ini tidak boleh kalian lewatkan saat ke Jepara. Bagaimana, ingin mencobanya dalam waktu dekat?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah Jepara kontributor kuliner pecel horog-horog
Share