Pecel Gudeg Bu Har, Cita Rasa Khas Arek Suroboyo yang Melegenda

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Pecel Gudeg Bu Har Pecel Gudeg Bu Har

Gudeg memang kuliner khas Jogja. Namun keberadannya sudah merata di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Surabaya. Di wilayah yang mendapatkan julukan sebagai Kota Pahlawan ini, ada salah satu gudeg legendaris yang bernama Pecel Gudeg Bu Har. Seenak apa, ya?

Kuliner yang Sudah Ada Sejak Tahun 1968

Gudeg Komplit, via Instagram/sbykulinerinfo
Gudeg Komplit, via Instagram/sbykulinerinfo

Tempat makan legendaris di Surabaya ini telah dirintis sejak tahun 1968. Artinya, Pecel Gudeg Bu Har sudah menemani kelaparan para pecinta kuliner selama 51 tahun lamanya. Nama gudeg ini diambil dari Ibu Har sendiri. Kemudian ia mewariskan resep legendaris ini kepada para keturunannya. Benar-benar enak, tak salah jika banyak pelanggan berdatangan.

Menu yang Ditawarkan di Pecel Gudeg Bu Har

Gudeg citarasa bikin tergoda, via Instagram/surabayafoodies
Gudeg citarasa bikin tergoda, via Instagram/surabayafoodies

Menu utama yang ditawarkan di sini adalah pecel gudeg. Ada juga beberapa menu lainnya, seperti pecel peyek, pecel gudeg komplet dan lain-lain.

Untuk satu porsi gudeg komplet, akan ada kombinasi antara nasi, gudeg, sambal goreng, kuah opor ayam, krecek, dan juga sambal. Bisa ditambah dengan lauk-lauk seperti halnya paru, daging ayam, ayam goreng, dan juga telur.

Cita Rasa Gudeg yang Disesuaikan Arek Jawa Timur

Citarasa khas Surabaya, via Instagram/sbykulinerinfo
Citarasa khas Surabaya, via Instagram/sbykulinerinfo

Gudeg Jogja selama ini identik memiliki cita rasa yang cenderung manis, khas Jogja. Namun, Gudeg Bu Har ini memiliki rasa yang disesuaikan dengan lidah orang Jawa Timuran, terutama orang Surabaya. Yakni lebih cenderung pedas dan juga gurih.

Kamu yang mencobanya akan tahu perbedaannya. Terutama jika selama ini banyak menyantap gudeg khas Jogja, yang dari Surabaya ini akan memberi khazanah rasa yang baru.

Informasi Umum Tentang Gudeg Har

Kuliner legendaris, via Instagram/kokodemenkuliner
Kuliner legendaris, via Instagram/kokodemenkuliner

Gudeg Bu Har ini terdapat di Jl. Pasar Besar Wetan 1A, Surabaya. Dari Terminal Joyoboyo, lanjutkan bus kota dengan jurusan Kayun Jembatan Merah Plaza, kamu bisa menggunakan becak untuk sampai ke warungnya. Untuk lebih parktisnya kamu bisa memilih ojek online. bukanya mulai dari jam 06:00 hingga pukul 21:30 WIB. Harganya berkisar Rp20.000-an.

Gudegnya arek Surabaya, via Instagram/bang_ibrahim_transport
Gudegnya arek Surabaya, via Instagram/bang_ibrahim_transport

Jelajah Surabaya, kamu perlu untuk mencicipi kuliner satu ini ya Teman Traveler. Rasa yang mantap dan harga yang tidak terlalu mahal untuk ukuran Surabaya sebagai kota metropolitan kedua di Indonesia, kuliner legendaris lagi. Ada yang sudah pernah coba?