Nasi Pecel Bu Djoyo, Kuliner Legendaris yang Fenomenal di Surabaya

Isti

Isti

On Indonesia

Kuliner Surabaya dengan rasa spesial selalu saja menarik perhatian. Saking populernya, banyak orang yang berbondong-bondong untuk mendapatkan seporsi makakan favorit tersebut. Setelah Warung Pak Gofar, yang baru buka langsung habis, kali ini ada tempat lain yang tak kalah fenomenal. Namanya Nasi Pecel Bu Djoyo yang sudah tersohor di kalangan pecinta kuliner. Penasaran dengan pecel ini? Yuk, simak ulasannya.

Pecel Legendaris Surabaya Sejak Era 50-an

Menu sarapan legendaris di Surabaya
Menu sarapan legendaris di Surabaya via instagram/@sbykulinerinfo

Masih bingung mau sarapan di mana saat liburan ke Surabaya? Warung Nasi Bu Djoyo yang terletak di Jalan Pandegiling No.318 A bisa menjadi solusinya. Tempat makan ini buka dari jam 6 pagi hingga 10 siang dengan jumlah pembeli yang cukup banyak. Di balik kepopulerannya, ternyata warung ini cukup legendaris. Konon, Pecel Bu Djoyo sudah ada sejak tahun 1950.

Pecel enak dengan Bumbu Spesial
Pecel enak dengan Bumbu Spesial via instagram/@sbykulinerinfo

Menu Istimewa yang Jadi Rebutan

Seporsi Nasi Pecel Bu Djoyo
Seporsi Nasi Pecel Bu Djoyo via instagram/@bie_murdi

Kendati sudah berumur puluhan tahun, cita rasa dari pecel Surabaya ini tak berubah. Hal ini tidak lain karena resep istimewa dari generasi pertama yang tak berubah, meski digantikan oleh anak dan cucunya. Tak berubah, bumbu pecel di sini memiliki warna pekat dengan pedas yang pas. Kelezatan inilah yang membuat banyak orang rela antre. Kamu yang penasaran, lebih baik datang pagi sekali. Pasalnya, pecel ini bisa ludes dua jam setelah buka.

Pecel nikmat dengan telur asin
Pecel nikmat dengan telur asin via instagram/@amazingindonesiafood

Porsi Jumbo dengan Lauk Empal yang Spesial

Nasi Pecel dengan Empal
Nasi Pecel dengan Empal via instagram/@amazingindonesiafood

Seporsi hidangan yang jadi rebutan ini sebenarnya tak jauh beda dengan lainnya. Disajikan di atas daun pisang serta kertas minyak, isi pecel ini terdiri dari nasi, kecambah, dan kemangi yang disiram dengan bumbu pecel. Tak lupa pula rempeyek kacang yang gurih. Lauk pendamping menu ini beragam, dari telur asing, paru, hingga empal dengan tekstur empuk. Jangan kaget, porsi pecel di sini cukup banyak.

Potongan empal yang melimpah
Potongan empal yang melimpah via instagram/@amazingindonesiafood

Bumbu Pecel yang Difavoritkan Wisatawan Asing

Bumbu pecel Bu Djoyo
Bumbu pecel Bu Djoyo via instagram/@amazingindonesiafood

Tak hanya warga lokal yang jatuh cinta dengan bumbu racikan sendiri, ternyata banyak wisatawan mancanegara yang mengidolakan kuliner lezat ini. Beberapa turis asing dari Australia, Belanda, Amerika, Malaysia dan juga Singapura pernah membungkus bumbu pecelnya untuk dibawa pulang. Melihat reaksi dari wisatawan, tentu rasa dari kuliner Surabaya ini tak diragukan lagi.

Pecel lezat di Surabaya
Pecel lezat di Surabaya via instagram/@faustje

Nah, itulah sekilas kelezatan dari nasi pecel Bu Djoyo yang rasanya tak lekang oleh waktu. Bagaimana, berniat untuk mencoba kuliner enak di Surabaya ini kan?