Amerika? Bukan, Patung Liberty Ini Ada di Prancis

Advertisement

Patung Liberty memang identik dengan Kota New York di Amerika Serikat. Patung yang menjadi simbol dari kemerdekaan dan kebebasan dari tekanan ini adalah hadiah dari pemerintah Prancis untuk 100 tahun kemerdekaan Amerika Serikat. Tapi patung Liberty yang kamu lihat ini tidak berada di negeri Paman Sam melainkan di Prancis.

Patung Liberty yang asli tetap berdiri kokoh di Pulau Liberty yang berada di muara Sungai Hudson di New York Harbor, Amerika Serikat. Yang traveler lihat ini adalah replikanya yang berada di kota Colmar, Prancis. Lalu mengapa patung tersebut dibuatkan tiruan di negara yang sudah terkenal dengan landmarknya berupa Menara Eiffel?

Replika Patung Liberty, via instagram
Replika Patung Liberty, via instagram

Seperti dilansir Travelingyuk dari laman resmi pariwisata kota Colmar. Patung Liberty setinggi 12 meter ini dibuat sebagai bentuk penghormatan dan peringatan atas 100 tahun meninggalnya Frederic Auguste Bartholdi. Ia adalah seniman asli dari kota Colmar yang menjadi desainer Patung Liberty yang di New York, Amerika Serikat.

Frederic Auguste Bartholdi sendiri diketahui meninggal 18 tahun setelah Patung Liberty di Amerika diresmikan pada tahun 1886 yang artinya ia tutup usia di tahun 1904. Sedangkan pada tahun 2004 yang lalu, kematiannya genap berusia 100 tahun. Untuk mengenang 100 tahun kematiannya ini maka dibuatlah replika Patung Liberty di kota asalnya yaitu Colmar.

Kota Colmar di Prancis, via instagram
Kota Colmar di Prancis, via instagram

Selain replika patung Liberty, rumah Bartholdi juga difungsikan sebagai museum yang didedikasikan untuk segala karyanya yang begitu populer dan menjadi kebanggaan warga Kota Colmar. So, kalau kamu liburan di Prancis cobalah untuk melipir ke kota ini untuk melihat replika Patung Liberty dan berkunjung ke museum Bartholdi.

Replika Patung Liberty ini berada di Kota Colmar, Prancis, via instagram
Replika Patung Liberty ini berada di Kota Colmar, Prancis, via instagram

Replika Patung Liberty di Prancis ini berada di Kota Colmar yang berjarak 560 km dari kota Paris. patung ini dibuat sangat mirip dengan aslinya dan diletakkan pada tepi jalan raya di bagian utara kota. Tempat tersebut dipilih karena dianggap menjadi jalan yang paling ramai dilewati sehingga keindahan patung ini bisa dinikmati banyak orang.

Advertisement
Tags
Bartholdi Patung Liberty prancis
Share