Alkisah Patung Knalpot di Purbalingga yang Bertuah

Advertisement

Ada yang aneh dengan salah satu patung di Purbalingga. Alih-alih memasang patung air terjun, kabupaten ini malah membuat Patung Knalpot di tengah jalan utamanya. Padahal selama ini julukan Kota Seribu Curug sudah melekat erat di benak traveler. Apa yang terjadi? Yuk kita telusuri.

Jika traveler melewati persimpangan antara Jl. Jenderal DI Panjaitan, Jl. Padamara, dan Jl. AW Sumarmo di Purbalingga, mereka akan melihat patung berukuran cukup besar yang menggambarkan seorang laki-laki sedang membuat knalpot. Lantas para traveler akan bertanya pada diri sendiri, ini benar Purbalingga kan yang terkenal sebagai Kota Seribu Curug? Lantas kenapa landmark kotanya patung knalpot?

Patung knalpot di Purbalingga, via instagram
Patung knalpot di Purbalingga, via instagram

Patung knalpot di Purbalingga punya kisah yang bertuah. Jadi begini ceritanya, patung keren tersebut dibuat sebagai bentuk apresiasi pada pengrajin knalpot yang jumlahnya sangat banyak di Purbalingga. Meskipun bukan produksi dari perusahaan besar atau pabrikan terkenal namun kualitasnya boleh diadu hingga akhirnya knalpot Purbalingga pun menembus pasar internasional.

Dari berbagai sumber yang dilansir Travelingyuk, awal mula Purbalingga menjadi penghasil knalpot terbesar di Indonesia ini adalah hasil kerja keras dari seorang pria bernama Hasan Yusuf. Sebelumnya ia hanyalah pengusaha dandang berbahan kuningan namun usahanya mengalami kebangkrutan. Kemudian ia melakukan manuver dengan membuat knalpot dan menitipkannya di toko onderdil di Jakarta pada tahun 1970-an.

Patung knalpot sebagai apresiasi untuk pengrajin knalpot di Purbalingga, via instagram
Patung knalpot sebagai apresiasi untuk pengrajin knalpot di Purbalingga, via instagram

Tak menyangka knalpot buatannya laku keras hingga ia pun berhasil membuat pabrik knalpot yang besar di kawasan Jakarta. Singkat cerita ia menarik banyak orang di kampungnya untuk dijadikan karyawan dan mengajari cara membuat knalpot. Dari sanalah awal mula banyak pengrajin knalpot di Purbalingga.

Kini kabupaten Purbalingga mengklaim sebagai penghasil knalpot terbesar di Indonesia. Yang semakin membanggakan baik buat warga Purbalingga maupun Indonesia adalah bahwa knalpot produksi anak negeri ini mampu bersaing dengan produk luar negeri baik dari sisi kualitas maupun harga. Tak heran jika pemasaran knalpot dari kabupaten ini menembus pasar internasional. Dari sanalah kemudian patung knalpot dibuat sebagai salah satu bentuk apresiasi.

Knalpot Purbalingga menembus pasar dunia, via instagram
Knalpot Purbalingga menembus pasar dunia, via instagram

So, kalau main ke Purbalingga jangan cuma mengunjungi destinasi wisata alamnya saja. Kamu pun bisa belanja knalpot untuk keperluan kendaraanmu. Baik knalpot mobil, motor, aneka racing hingga variasi lainnya bisa traveler temukan disini. Nah, kamu yang ngaku hobi otomotif pasti tak sabar datang ke Purbalingga kan?

Advertisement
Tags
Patung Knalpot Purbalingga
Share