Penampakan Patung-Patung Lagi Pipis di Brussels

Salah satu simbol paling terkenal yang ada di Brussel bukanlah sebuah jembatan megah, menara yang indah atau pun katedral yang sarat akan nilai sejarah melainkan patung-patung kecil yang sedang asyik pipis di tempat umum. Jika kalian sudah pernah mengunjungi ibukota Belgia ada kemungkinan kalian telah melihat salah satu patung berpose kencing yang disebut dengan Manneken Pis.

Meski ukuran patung ini kecil namun memiliki daya tarik yang luar biasa. Setiap harinya ada ratusan wisatawan yang datang untuk melihat patung itu. Meski demikian tidak banyak dari wisatawan yang datang menyadari bahwa patung itu tidak sendirian, patung anak kecil sedang pipis ini memiliki keluarga yang terdiri dari saudara perempuan dan seekor anjing. Uniknya semua patung dibuat dalam posisi sedang pipis. Berikut patung-patung tersebut.

1. Manneken Pis – Patung Anak Laki-Laki yang Sedang Kencing

Patung perunggu dari anak laki-laki yang sedang kencing ke dalam baskom air mancur ini terletak di persimpangan dua jalan, dekat dengan Grand Place. Tingginya hanya dua meter namun memiliki daya magis yang luar biasa dalam menarik wisatawan. Patung tersebut diletakkan di sana pada tahun 1619 oleh pematung Hieronimus Duquesnoy.

Menurut cerita warga sekitar, tokoh dalam patung itu adalah seorang pemuda yang mengencingi semak belukar yang menjadi pemicu kebakaran besar pada zaman dahulu. Karena usaha pemuda itu kota terselamatkan dari kebakaran yang besar. Cerita lain yang beredar adalah adanya seorang pedagang kaya yang kehilangan anak laki-lakinya dan akhirnya ditemukan di taman saat anak tersebut sedang kencing.

Manneken Pis(c) telegraph
Manneken Pis(c) telegraph

Selain bentuknya yang unik, alasan lain para turis datang mengunjungi patung mungil ini karena setiap minggunya patung tersebut diberi kostum yang berbeda-beda tergantung jadwal yang diterbitkan di pagar sekitar air mancur. Di dekat patung itu ada lemari yang isinya ratusan kostum yang berbeda. Kostum yang pernah dipakai antara lain kostum pilot, Mozart, dan Nelson Mandela.

2. Jeanneke Pis, Adik Manneken Pis

Jeanneke Pis merupakan adik perempuan dari Manneken Pis. Patung setengah meter ini berbeda dari Manneken Pis yang terbuat dari perunggu. Patung yang ini dibuat dari batu kapur biru keabu-abuan. Patung ini menampilkan sosok seorang gadis kecil dengan rambut dikuncir pendek berjongkok di atas air mancur.

Jeanneke Pis (c) flickr
Jeanneke Pis (c) flickr

Tentu penampilan patung yang unik ini menyedot perhatian orang yang berlalu-lalang melewati jalan di area itu. Keberadaan patung gadis yang sedang kencing ini terbilang masih cukup baru. Didirikan pada tahun 1987 sehingga belum banyak wisatawan yang tahu akan keberadaan patung ini, hanya mereka yang tinggal di Brussel saja yang tahu. Kini patung tersebut dipagar besi untuk melindunginya dari aksi vandalisme atau aksi corat-coret.

3. Zinneke Pis, Patung Seekor Anjing yang Sedang Pipis

Ini dia anggota ketiga dari keluarga patung Pis di Brussel. Sesosok patung anjing bernama Zinneke Pis yang terbuat dari perunggu. Patung tersebut dapat ditemukan di sudut Rue des Chartreaux dan Rue de Vieux – Marche. Posenyapun sama yaitu seekor anjing yang mengangkat kakinya seolah-olah sedang buang air kecil.

Zinneke Pis (c) flickr
Zinneke Pis (c) flickr

Namun keberadaan patung yang didirikan pada tahun 1998 ini berbeda dari keluarga Pis lainnya. Meski anjing ini melakukan pose kencing namun patung ini tidak didesain sebagai air mancur. Patung ini hanya melengkapi keluarga patung Pis yang ada di Brussel saja dan menjadi daya tari bagi pengendara atau pun pejalan kaki di sana.

Ketiga patung tersebut telah menjadi ikon yang unik bagi Daerah Ibu Kota Brussel di mana kota tersebut dapat menjadi pusat perhatian traveler tanpa harus membangun sesuatu yang megah. Cukup membuat patung-patung imut dengan pose buang air kecil sudah bisa menarik banyak wisatawan. Salut buat Brussel.

Tags
Belgia Brussel Patung kencing traveling
Share