Tak Kalah Megah dari GWK, Patung Ikonik di Bali ini Bisa Dikunjungi

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On BackPacker
Via Instagram sorencheng Via Instagram sorencheng

Beberapa waktu yang lalu, pembangunan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) telah rampung setelah dikerjakan kurang lebih selama 28 tahun lamanya. Patung tertinggi kedua di dun ia itu mejadi sorotan banyak orang. Bali selalu jadi destinasi favorit, ditambah lagi dengan Patung GWK ini, makin banyak saja daya tariknya. Selain GWK, banyak juga patung lainnya yang perlu untuk dibidik keeksotisannya. Nah, berikut ini adalah patung ikonik di Bali selain Garuda Wisnu Kencana.

1. Patung Satria Gatotkaca

Patung Satria Gatotkaca, Via Instagram rashishah87
Patung Satria Gatotkaca, Via Instagram rashishah87

Patung ikonik di Bali pertama yang wajib dilihat kegagahannya adalah Satria Gatotkaca. Patung ini berlokasi di sekitaran daerah Tuban, yang dekat dengan Bandara Ngurah Rai, ada yang begitu ikonik yakni Patung Satria Gatotkaca. Desain patung ini begitu cantik, dan ternyata diambil dari cerita Mahabharata yakni tokoh Gatotkaca. Patung ini memiki bentuk menyerupai ‘pertempuran’ Karna dan juga Gatotkaca. Patung ini dibuat untuk mengingatkan kita semua jika keberanian dan sifat ksatria akan membawa pada kejayaan.

2. Patung Titi Banda

Patung Titi Banda, Via Instagram denpasar.viral
Patung Titi Banda, Via Instagram denpasar.viral

Selain patung Satria Gatotkaca adapula yang berlokasi di Jalan By Pass Ngurah Rai dan Ida bagus Mantra. Namanya adalah Patung Titi Banda yang memiliki tinggi sekitar 18 meter dan menjadi ikon dari Kota Denpasar. Tokoh di sini adalah Sang Rama yang berdiri dengan gagahnya menggunakan panah. Di sekelilingnya adalah pasukan kera.

Patung ini sendiri ternyata mengisahkan perjuangan Rama yang merebut Dewi Sita dari Rahwanan dengan bantuan pasukan kera. Patung ini memiliki bentuk cantik, saat malam hari dipenuhi dengan cahaya lampu yang eye catching.

3. Patung Dewa Ruci

Patung Dewa Ruci, Via Instagram rashishah87
Patung Dewa Ruci, Via Instagram rashishah87

Patung Dewa Ruci dibangun oleh I Wayan Winten sekitaran tahun 1996. Patung ini cukup populer di Bali, lokasinya berada di simpang perbatasan Kuta dan By Pass Ngurah Rai. Patung ini sendiri memiliki bentuk sosok Bima yang sedang dililit oleh Naga Baruna, sementara di atasnya terdapat Dewa Ruci yang berwujud Sang Hyang Acintya. Kisah dari patung ini adalah Bima yang harus menembus samudra dan dihalangi oleh Naga Baruna.

4. Patung Kumbakarna Laga

Patung Kumbakarna Laga, Via Instagram wahyudwiswarna
Patung Kumbakarna Laga, Via Instagram wahyudwiswarna

Patung Ikonik di Bali lainnya adalah Kumbakarna Laga yang berada di Taman Satwa Sangeh dan Kebun Raya Bedugul. Lokasi tepatnya berada di Jl. Brahmana, Sangeh, Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Patung ini adalah sosok raksasa yang memiliki wajah mengerikan yang dikeroyok oleh pasukan kera. Patung satu ini memiliki ketinggian 10-15 meter, dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang datang ke Sangeh ataupun juga Kebun Raya Bedugul.

Buat Teman Traveler yang selama ini kerap jalan-jalan ke Pulau Dewata, Bali, tentu tidak asing lagi dengan salah satu patung ikonik yang telah disebutkan di atas. Jadi, mana yang sudah pernah kamu lihat kemegahannya?