Inilah Patung Dewa Perang Cina yang Bikin Turis Mancanegara Berdecak Kagum!

andi

andi

On Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir, Cina memang semakin gencar membangun gedung-gedung pencakar langit atau struktur yang menjulang tinggi. Patung dewa perang Cina Guan Yu pun menjadi salah satu landmark terbaru dari negeri tirai bambu itu, yang kini sedang hangat diperbincangkan publik.

Banyak media, baik lokal atau pun internasional, yang berlomba-lomba untuk meliput keberadaan patung megah itu. Berikut sedikit penjelasan mengenai patung dewa perang Guang Yu ini.

Patung dewa perang Guang Yu [Image source]
Patung dewa perang Guang Yu [Image source]
Patung megah itu bisa Anda temukan di Guan Yu Park yang berlokasi di Kota Jingzhou, Provinsi Hubei, China. Tingginya memang terbilang sangat fantastis, yakni mencapai 58 meter dengan berat 1320 ton. Seperti dikutip dari CCTV News China, patung Guan Yu nantinya juga akan dilengkapi dengan sebuah museum. Hal itu diharapkan bisa menarik lebih banyak wisatawan untuk berwisata ke Kota Jingzhou.

Patung dewa perang Guang Yu [Image source]
Patung dewa perang Guang Yu [Image source]
Kemegahan landmark baru Cina ini juga didukung dengan bagian dasar patung yang dibuat mirip kapal perang kuno. Eits, bukan cuma itu. Patung itu ternyata juga dibuat dengan menempelkan lebih dari 4000 lempeng perunggu. Jadi, bisa Anda bayangkan bagaimana megah dan menawannya landmark tersebut?

Sosok Guan Yu sendiri memang memiliki tempat istimewa di hati masyarakat Cina. Legenda tentangnya bahkan sangat populer di Cina Selatan. Usut punya usut, Guan Yu sejatinya adalah seorang jenderal perang yang sangat hebat pada masanya. Dia diperkirakan hidup selama periode Tiga Kerajaan dan kemudian diabadikan dalam salah satu novel sejarah paling terkenal di negeri berpaham komunis itu.

Patung dewa perang Guang Yu [Image source]
Patung dewa perang Guang Yu [Image source]
Dikagumi dan dihormati karena loyalitas dan kebajikannya, sosok Guan Yu kemudian mulai disembah. Kuil-kuil kecil dan patung-patung untuk Guan bahkan bisa ditemukan hampir di mana-mana, di toko-toko tradisional dan juga restoran Cina. Hal itu membuat sosok jenderal perang tersebut akhirnya dianggap sebagai dewa dan disucikan, terutama di wilayah Cina Selatan.

Selain patung terbaru Guan Yu di Kota Jingzhou, Anda juga bisa menemukan patung megah lainnya yang didedikasikan untuk sosok hebat tersebut di kampung halaman Guan di Provinsi Shanxi. Sayangnya, meski nama Guan Yu sudah melegenda, bentuk fisik atau penampilan jenderal perang tersebut tidak pernah tercatat dalam sejarah. Namun, sebagian besar penduduk Cina meyakini jika sosok Guan memiliki jenggot panjang nan lebat.

Patung dewa perang Guang Yu [Image source]
Patung dewa perang Guang Yu [Image source]
Dewa perang ini ternyata juga memiliki sebutan lain lho, yaitu Guan Gong atau Guan Di. Nah, otak dibalik kemegahan patung Guan Yu rupanya adalah Han Meilin. Dia merupakan orang yang merancang maskot Olimpiade Beijing 2008. Di dalam patung ini, pengunjung dapat menjelajahi area museum seluas 8.000 meter persegi.

Keunikan lain dari patung ini adalah Guan Yu tampak membawa senjata yang mempunyai ukiran naga pada bagian pisaunya. Selain memiliki ukiran yang sangat detail dan rinci, senjata Guan Yu dikatakan punya bobot hingga 136 ton. Melihat itu, tak heran bila banyak turis yang penasaran dengan keberadaan patung ini. Bahkan, tak sedikit netizen yang mengatakan ingin melihatnya secara langsung.