Megahnya Patung Buddha Raksasa Phuket yang Tersohor

Thailand merupakan salah satu dari negara yang masyarakatnya mayoritas beragama Buddha. Sekitar lebih dari 80 persen populasi Negeri Gajah Putih menganut kepercayaan tersebut. Maka tak heran jika kebanyakan obyek wisata Thailand yang terkenal memiliki corak kebudayaan Buddha. Patung Buddha raksasa Phuket merupakan salah satunya.

Big Buddha yang Tersohor

Phuket Big Buddha (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Dikenal dengan nama Big Buddha, patung raksasa ini cukup dihormati masyarakat sekitar. Menggambarkan Sang Buddha duduk bersilam, menjulang setinggi 45 meter di atas Nakkerd – sebuah bukit di antara kawasan Chalong dan Kata.

Kawasan Big Buddha juga merupakan salah satu view point terbaik di Phuket. Teman Traveler bisa puas menyaksikan cantiknya pemandangan kota dari ketinggian.

Panorama kota dari kawasan Big Buddha (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Kawasan ini memiliki dua patung utama berukuran besar yang bisa dikunjungi secara gratis. Patung pertama berwarna putih dan menjulang setinggi 45 meter.

Sementara itu, patung kedua bercorak keemasan dengan tinggi kira-kira 12 meter. Terbuat dari kuningan, patung ini dipersembahkan untuk Raja dan Ratu Kerajaan Thailand.

Perjalanan Menuju Buddha Raksasa

Phuket Big Buddha terletak di kawasan Mueang Karon, Phuket. Teman Traveler harus menyusuri sebuah jalan kecil mendaki, membentang sepanjang kurang lebih empat kilometer, menuju kawasan perbukitan.

Cara termurah untuk menuju kawasan Big Buddha dari Phuket adalah dengan menggunakan bus lokal jurusan Karon – Phuket Town. Namun ingat, bus ini hanya akan mengantar Teman Traveler sampai di persimpangan di kawasan Big Buddha. Agar lebih praktis, Teman Traveler sangat disarankan menyewa skuter matic, taksi, atau menyewa tuk-tuk selama keliling wisata di Phuket.

Suasana Syahdu Memanjakan

Patung buddha dilihat dari bawah (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Suasana di kawasan Phuket Big Buddha terasa sangat damai. Satu-satunya suara yang terdengar adalah gemerincing dari deretan lonceng kecil. Bendera kuning Buddha nampak berkibar pelan, diiringi lembutnya alunan Dharma.

Patung Buddha pertama yang akan Teman Traveler jumpai adalah Phra
Puttamingmongkol Akenakkiri Buddha. Patung utama ini dibangun pada tahun 2004 dan berjarak 25 meter dari bagian dasarnya. Seluruh bagian patung dibuat dari beton berlapis marmer, plus sentuhan giok putih Burma yang tampak indah kala terpapar sinar matahari.

Tak jauh dari patung utama, Teman Traveler akan melihat patung Buddha emas dengan ukuran lebih kecil. Bahan utamanya menggunakan kuningan hingga tampak berkilauan. Selain itu masih ada banyak patung Buddha lain dengan ukuran lebih mini, di kawasan yang jadi tempat berkumpul para bhiksu ini.

Etika Berkunjung

Big Buddha merupakan objek wisata bernuansa keagamaan. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus Teman Traveler perhatikan sebelum berkunjung ke sini. Salah satunya adalah mengenakan pakaian sopan, setidaknya tertutup hingga lutut. hingga ke lutut. Namun jika terlanjur, Teman Traveler bisa memanfaatkan penyewaan sarung di dekat pintu masuk.

Selain itu, Teman Traveler juga pantang berbicara dengan nada keras selama berada di sini. Hal tersebut dikhawatirkan mengganggu umat Buddha dan konsentrasi para bhiksu yang sedang beribadah.

Waktu Kunjungan Terbaik

Suasana menjelang matahari terbenam (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Kawasan Phuket Big Buddha bisa dikunjungi mulai pukul 08.00 hingga 19.00. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah sekitar pukul 17.00, menjelang matahari terbenam alias sunset. Panorama yang disajikan benar-benar luar biasa, apalagi daerah ini termasuk salah satu titik tertinggi di Phuket.

Patung persembahan untuk Raja dan Ratu (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Oleh karena itu, Teman Traveler jangan buru-buru pulang begitu sampai di sini. Saksikan megahnya patung Buddha raksasa dengan latar belakang panorama matahari terbenam yang begitu indah di Laut Andaman. Pastikan melihat sendiri keindahan wisata Thailand satu ini, ya.

Tags
big buddha phuket kontributor Thailand Travelingyuk wisata thailand
Share