Patjar Merah Malang, Indahnya Selebrasi Literasi

Buat Teman Traveler yang sedang berada di Malang, boleh coba mampir ke Patjar Merah Malang. Festival literasi keren yang digagas Windy Ariestanty dan Irwan Bajang ini bertujuan meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Selain pameran buku, di sini kalian juga bisa mengikuti aneka diskusi menarik seputar literasi. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Digelar Hingga Agustus

patjar_merah_bip.jpg
Usung tema toleransi (c) Patjar Merah

Patjar Merah sebelumnya sempat dihelat di Jogja dan mendapat sambutan luar biasa positif. Hal tersebut lantas memicu digelarnya acara serupa di Malang. Teman Traveler bisa langsung mampir ke Eks Bioskop Kelud, Jalan Kelud no 9, Kecamatan Klojen. Acara ini bakal digelar mulai 27 Juli hingga 4 Agustus 2019.

Digelar mulai pukul 09.00 hingga 21.00, Patjar Merah Malang disambut begitu antusias oleh para peminat literasi. Pengunjungnya tak hanya datang dari Kota Bunga, namun ada juga yang menyempatkan mampir dari Surabaya, bahkan Jember.

Pasar Buku Murah

img20190727152222_1__11e.jpg
Manfaatkan bekas lokasi Bioskop Kelud (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Salah satu aktivitas paling menarik di Patjar Merah Malang adalah pameran buku. Teman Traveler bisa membeli aneka buku dari beragam genre di sini. Tak perlu khawatir kehabisan pilihan, sebab panitia telah menggandeng puluhan penerbit dan brand ternama untuk hadirkan hampir satu juta buku di sini.

Semua bisa Teman Traveler dapatkan dengan harga terjangkau, bahkan ada yang ditawarkan dengan potongan 80 persen. Menarik, kan? Jenisnya pun beragam, mulai dari buku lawas, koran, tabloid, majalan jadul, hingga buku novel. Ada juga literatur indie, politik, parenting, masak, dan masih banyak lagi.

img20190727150231_1__4BI.jpg
Suasana di pameran buku (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Khusus untuk pembelian minimal Rp250.000, Teman Traveler akan mendapat tote bag cantik sebagai kenang-kenangan. Buat yang ingin langsung membeli merchandise cantik dari gelaran ini, tersedia t-shirt dengan gambar sejumlah tokoh sastra seperti Pramoedya Ananta Toer dan Wiji Thukul. Ada juga notes mungil yang dibanderol dengan harga terjangkau.

Hadirkan Tokoh Sastra Kenamaan

img20190727132955_1__g6e.jpg
Sesi diskusi sedang berlangsung (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Selain pasar buku, Patjar Merah Malang juga hadirkan sejumlah tokoh sastra kenamaan seperti Seno Gumira Ajidarma, Aan Mansyur, Reda Gaudiamo, hingga Puthut Ea. Semuanya datang sebagai pembicara untuk sharing season bernama Obrolan Patjar.

Diskusi menarik tersebut digelar tiap hari di dua panggung berbeda. Selain tokoh sastra, panitia juga hadirkan beberapa nama kondang lain yang punya andil besar dalam menginspirasi anak muda. Mulai dari Ivan Lanin, travel influencer Alexander Thian, hingga penggagas Zero Waste Adventure – Siska Nirmala.

Teman Traveler tak harus membayar untuk mengikuti sesi ini. Namun jika ingin mendapat tempat duduk, kalian wajib lakukan registrasi secara daring. Berikutnya kalian bakal mendapat surel konfirmasi.

Jika Teman Traveler tak sempat mendaftarkan diri, jangan berkecil hati. Kalian masih bisa mengikuti serunya Obrolan Patjar, meski harus rela sambil berdiri. Tetap seru, kok.

Aktivitas Keren Lain

img20190727123031_1__QbT.jpg
Belanja banyak genre buku (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Selain sesi sharing, Teman Traveler juga bisa mendaftarkan diri di Lokakarya Patjar. Untuk aktivitas ini, ada yang gratis, namun ada juga yang berbayar. Kalian bisa melihat informasi lengkapnya di laman resmi Patjar Merah.

Dalam kegiatan ini Teman Traveler bakal bisa belajar banyak pengetahuan keren dari sejumlah nama kondang, seperti fotografer Marrysa Tunjung Sari, penggagas Papermoon Puppet Theatre – Ria Papermoon, dan masih banyak lagi. Menarik banget bukan?

Buat yang hobi menonton film, ada sesi Layar Tancap yang berisi pemutaran sejumlah film independen. Selain itu masih ada juga malam puisi yang wajib disambangi para penggemar sastra. Semuanya terbuka untuk umum, tinggal daftarkan diri kalian secara daring.

Tips Berkunjung

img20190727122657_1__hIG.jpg
Wajib buat para penggemar buku dan sastra (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Selama berkunjung ke sini, Teman Traveler diharap bisa menjaga kebersihan. Jangan membawa makanan dan minuman, serta tidak diperkenankan merokok. Panitia tidak menyediakan kantong plastik, jadi kalian harus siap-siap membawa tas belanja sendiri.

Berikutnya, pastikan untuk kenakan pakaian nyaman agar tak kegerahan saat memilih buku atau mengikuti beragam kegiatan yang ada. Jika tak ingin repot menitipkan barang, jangan bawa tas berukuran terlalu besar.

Mulai kelaparan? Jangan khawatir, ada stand makanan dan minuman di sekitar pintu keluar pasar buku dan panggung. Jadi jangan khawatir bakal lemas ketika jalan-jalan di sini ya.

Bagaimana Teman Traveler, cukup menarik bukan gelaran Patjar Merah Malang? Jangan lupa segera mampir ke sini ya.

Tags
kontributor Malang Travelingyuk wisata malang
Share