Pasta Italia yang Ada di Indonesia, Pernah Coba?

Di Indonesia, Spaghetti merupakan jenis pasta italia yang mudah ditemukan. Padahal sajian ini memiliki berbagai macam jenis yang tak kalah nikmat dari spaghetti dan bentuknya pun beragam. Mulai dari bentuk lembaran, tabung, spiral, hingga yang berbentuk menyerupai dengan rumah keong. Di tempat asalnya, makanan tersebut seperti memang mudah ditemukan. Namun bukan berarti Teman Traveler tidak dapat menemukan pasta Italia  di Indonesia. Ini dia daftarnya.

Conchiglie

Conchiglie via shutterstock.com

Bentuk pasta ini menyerupai cangkang kerang. Agar semakin menarik, Conchiglie sering diberi pewarna alami seperti merah dari ekstra tomat, hitam keunguan dari tinta cumi2, dll. Conchiglie memiliki versi lebih berongga atau lebih besar yang bernama Conchiglioni. Conchiglioni memiliki ruang atau rongga untuk diisi dengan berbagai macam bahan atau saus sebagai variasi penyajian.

Fusilli

Fusilli via shutterstock.com

Fusilli adalah jenis pasta yang pendek dan tebal, dengan bentuk spiral. Agar lebih bervariasi, Fusilli sering diberi perwarna dengan bahan alami seperti tomat dan daun bayam. Karena pendek, Fusilli jadi gampang dimakan dan dikreasikan dengan berbagai bahan. Fuslilli juga ada versi panjangnya yang lebih berongga, yaitu Fusilli bucati.

Penne

Penne via shutterstock.com

Penne adalah pasta pendek yang berbentuk seperti tabung dengan 2 sisi ujungnya dipotong secara diagonal. Ada 2 variasi Penne, yang lebih lebar bernama Pennoni dan yang lebih panjang bernama Mostaccioli. Penne sering dihidangkan bersama saus pesto yang terbuat dari daun kemangi, saus marinara saus berwarna merah yang terbuat dari tomat dan saus arrabiata yang serupa dengan saus marinara, tapi lebih pedas.

Fetutuccine

Fetutuccine via shutterstock.com

Fettuccine merupakan jenis masakan pasta yang berasal dari Roma. Kuliner ini terdiri dari pasta fettuccine, yang memiliki bentuk seperti kweitiau namun teksturnya lebih lembut. Di atasnya biasa ditambahkan toping seperti keju parmesan, daging asap, dan lada hitam. Hidangan fettucini yang paling terkenal adalah fettuccine alfredo, yaitu fettucini yang terbuat dari campuran mentega, keju parmigiano, dan bahan lainnya

Lasagna

Lasagna via shutterstock.com

Jika pasta lain memiliki bentuk yang unik dan bervariasi, lasagna adalah sah satu jenis pasta yang berbentuk paling sederhana. Pasta ini berbentuk lembaran dengan ukuran yang tak terlalu besar. Penyajiannya berlapis-lapis dan berisi berbagai macam toping di setiap lembarnya. Toppingnya pun bermacam-macam, terdiri dari daging, saus tomat, keju dan berbagai sayuran segar.

Spaghetti memang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Namun masih ada banyak jenis pasta Italia lain yang dapat dinikmati. Beberapa pasta di atas adalah contohnya. Bagaimana, mana nih yang Teman Traveler suka?

Tags
Indonesia Italia kuliner Pasta
Share