Pengalaman Buat Paspor di Kantor Imigrasi Malang, Cepat Tanpa Calo Asal…

Memiliki impian ke luar negeri kini tak lagi sulit. Kamu hanya perlu memiliki paspor, visa, bekal dan tekad yang kuat. Tahap pertama yang harus kamu lewati adalah memiliki paspor. Sudah sering dengar betapa ‘gila’nya antrian ketika akan membuat paspor? Beberapa waktu yang lalu, salah satu tim Travelingyuk baru saja mengalaminya. Heboh dan asyik mengurus paspor sendiri yang akan jadi pengalaman tak terlupakan. Tepatnya di Kantor Imigrasi Kelas I Malang, kami mendapatkan paspor tanpa ribet. Tanpa jasa calo tapi prosesnya cepat dan pasti lolos. Baca pengalaman seru berikut.

1. Datang Lebih Pagi, Pastikan Dokumen Diperiksa Lagi

Antri Pagi di Kantor Imigrasi Malang
Antri Pagi di Kantor Imigrasi Malang

Saat datang ke Kantor Imigrasi Kelas I Malang, layanan antrian via aplikasi atau Whatsapp belum tersedia. Jadi harus datang lebih pagi, sekitar jam 05.30 pagi. Siapa yang sangka, waktu sepagi ini sudah ada banyak orang yang antri. Pukul 06.00 gerbang pun dibuka, semua orang berebut masuk untuk dapat antrian. Saat sudah duduk di pra-antrian, cek lagi dokumenmu dan pastikan semua yang dibutuhkan lengkap. Lupa bawa materai atau bolpen hitam? Tenang, kamu akan menemukan bapak ‘toserba keliling’.

Tips : Cek kelengkapan dokumen sebelum berangkat. Siapkan materai dan bolpoin hitam. Berangkat lebih pagi? Tak masalah, proses akan lebih cepat. Untuk kamu pekerja kantoran juga tak perlu cuti seharian, ajukan ijin datang terlambat saja.

2. Berhasil Dapat Map Kuning Artinya Sudah Sepertiga Perjalanan

Map Kuning Permohonan Paspor
Map Kuning Permohonan Paspor

Di Kantor Imigrasi Kelas I Malang ini pengecekan dokumen dimulai pukul 07.30 hingga 10.00 saja. Setelah lolos pengecekan dokumen, kamu akan mendapatkan map kuning ini secara GRATIS. Yang artinya kamu sudah sepertiga perjalanan. Tinggal menunggu nomor antrianmu dipanggil lalu masuk ke dalam Ruang Foto/Wawancara/Sidik Jari. Isi dahulu dengan lengkap formulir yang disediakan.

Tips : Isi formulir dengan lengkap dan tepat sembari bersiap nomormu dipanggil. Deg-degan? Atur nafas dan latihan untuk menjawab pertanyaan akan sedikit membantu. Agar tidak tegang, ajak ngobrol orang lain yang ada di ruang tunggu juga tak masalah.

3. Lewati Tahap Wawancara dengan Santai dan Jujur

Suasana Antri Permohonan Paspor
Suasana Antri Permohonan Paspor

Saat pengecekan dokumen, kamu akan ditanya tujuan pembuatan paspor. Di sini kamu wajib menjawab sejujur-jujurnya karena pertanyaan yang sama juga akan diajukan di Ruang Foto/Wawancara/Sidik Jari. Ini juga salah satu kunci agar proses permohonan paspormu bisa berlangsung cepat dan pasti lolos. Jadi, setelah dokumen lengkap dan tujuanmu jelas tak yang perlu dipusingkan.

Tips : Pakai kemeja berkerah atau pakaian semi formal dengan sepatu rapi. Untuk yang berhijab, hindari aksesoris berlebihan. Tidak berhijab? Tata rambut serapi mungkin karena foto akan diambil dengan telinga yang harus terlihat. Pasang juga senyum termanismu.

4. Hore! Kini Bayar Biaya Admisnistrasi Paspor Bisa di Mana dan Kapan Saja

Bukti Pembayaran Paspor
Bukti Pengantar Pembayaran Paspor

Jika dulu pembayaran hanya dilakukan di BNI, kini makin mudah. Kamu bisa melakukan pembayaran di bank mana saja dengan tenggat waktu paling lambat 7 hari kerja. Cukup bawa bukti pengantar pembayaran saja. Setelah itu, kamu tinggal menunggu hari pengambilan paspor yang biasanya sekitar 3-4 hari. Estimasi pengambilan paspor ini akan diberitahukan saat sesi wawancara, pengambilan foto dan sidik jari.

Tips : Pembayaran tidak harus dilakukan di hari yang sama. Kamu bisa sesuaikan dengan tingkat urgensi atau kebutuhan pemakaian paspor saja. Pembayaran juga bisa dilakukan via ATM. Makin mudah saja kan? Jangan lupa untuk simpan slip bukti pembayaran dari bank dan lembar dari petugas Kantor Imigrasi.

5. Hari Pengambilan Paspor Datang Juga, Harus Apa?

Bukti Pembayaran Paspor
Bukti Pembayaran Paspor

Setelah pembayaran dan hari pengambilan paspor tiba, kamu harus antri lagi. Kali ini lebih mudah karena kamu tinggal ambil nomor antrian di tempat yang sama saat pengajuan. Lalu menunggu di ruangan yang sama juga dengan membawa slip bukti pembayaran dari bank. Kamu akan diminta untuk memeriksa lagi paspormu yang sudah tercetak. Jika sudah sempurna, kamu tinggal melenggang pulang.

Tips : Pengambilan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Malang dimulai dari pukul 10.00, jadi tak perlu datang pagi-pagi.

6. Bagaimana Cara Dapat Paspor Cepat tanpa Calo?

Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Malang
Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Malang

Siapkan dokumen lengkap seperti pada poin pertama. Jangan lupa, cek dokumen yang kamu perlukan seperti KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Ijasah terakhir, Surat Nikah (jika ada). Semuanya dibawa dalam lembar copy-an dan asli.  Setelah itu, kamu bisa antri via aplikasi dan datang sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Tak perlu pakai calo dan membayar berkali-kali lipat jika kamu ingin punya paspor. Urus dan datang sendiri, kamu akan dapat pengalaman sekali seumur hidup. Kapan lagi deg-degan ketika wawancara dan excited bercerita keinginanmu keliling dunia pada orang lain? Ayo bikin paspor!

Tags
Share