Lokasi Pasir Timbul di Indonesia, Sensasi Jalan Kaki ke Tengah Lautan

Di Indonesia ada wisata yang disebut dengan pasir timbul. Tentu saja bentuk serta penampakannya berbeda-beda. Ada yang luas menyerupai lapangan bola, namun ada juga yang memanjang berkelok-kelok mirip ular putih raksasa jika dilihat dari atas ketinggian. Di mana saja kamu bisa menemukan surga alam seperti itu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Pantai Sari Ringgung

Traveler, Pantai Sari Ringgung ada di Lampung, tepatnya adi Desa Sididadi, Kecamatan pedang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Tempat ini beda dari destinasi wisata Lampung lainnya karena memiliki sebuah pulau di lepas pantainya yang berupa pasir timbul ke permukaan laut. Apalagi kalau sedang surut, pemandangannya jadi lebih keren. Untuk menginjakkan kaki dan merasakan kelembutan pasir putih sambil merasakan semilir angin pembawa aroma samudra, kamu harus menumpang perahu milik nelayan setempat.

Pantai Sari Ringgung [image source]
Pantai Sari Ringgung [image source]

Pantai dengan Masjid terapung ini juga memiliki segudang fasilitas seperti toilet umum, pusat kuliner, hingga penginapan. Mau yang mewah atau mampir ke bumi perkemahan pinggir pantai semuanya bisa. Selain itu, para pengunjung juga bisa sekalian bermain banana boat dan mencoba snorkeling, seru banget kan?

2. Pantai Ngurtafur

Jika kamu kebetulan melintas di atas wilayah Maluku Tenggara, mungkin akan melihat sesuatu yang menarik yaitu garis panjang berwarna putih berkelok-kelok seperti keluar dari sebuah pulau lebih tepatnya adalah Pulau Gosong, Kepulauan Kei. Jangan dikira itu ular putih raksasa ya, karena sebenarnya itu adalah pantai dengan pasir timbul dan di sisi-sisinya adalah lautan biru.

Pantai Ngurtafur [image source]
Pantai Ngurtafur [image source]

Karena panjang pantainya mencapai 2 km, kamu bisa bermain-main di sana seolah-oleh sedang berjalan ke tengah laut. Pengelola pariwisata setempat bahkan menyediakan fasilitas berupa jetski, namun dengan biaya sewa yang cukup mahal yaitu sekitar Rp 500 ribu per jamnya.

3. Pulau Pasir

Pengorbananmu jauh-jauh datang ke Belitung untuk liburan nggak akan pernah sia-sia. Negeri para laskar Pelangi itu, memiliki banyak sekali tempat menarik yang seru banget dikunjungi. Salah satu yang nggak boleh kamu lewatkan adalah Pulau Pasir. Yang paling menonjol dari tempat ini tentu adalah hamparan pasir laut yang dikelilingi oleh lautan dangkal dan jernih.

Pulau Pasir [image source]
Pulau Pasir [image source]

Kamu bisa berenang dengan tenang tanpa takut diterjang ombak. Jika beruntung, kamu bisa melihat ikan-ikan cantik di sekitar pulau. Namun, kamu tidak bisa datang setiap waktu karena pulau yang berjarak 15 menit dari Pantai Tanjung Kelayang ini hanya muncul saat laut sedang surut.

4. Pulau Dodola

Pulau Dodola sebenarnya adalah sebutan untuk dua daratan di wilayah perairan Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara. Kamu bisa membedakannya sebagai Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil. Namun kali ini, perhatianmu tidak akan teralihkan ke dua tempat itu, melainkan sebuah daratan di antaranya. Yaitu pasir timbul penghubung dua pulau yang cantiknya nggak ketulungan.

Pulau Dodola [image source]
Pulau Dodola [image source]

Karena birunya laut di sekeliling pulau itu begitu serasi dengan putihnya pasir pantai, banyak pengunjung yang merasa sedang berada di Maladewa. Untuk melihatnya dengan mata kepala sendiri kamu bisa berangkat dari Ternate kemudian menumpang pesawat menuju Morotai, setelah itu menyewa perahu hingga ke Pulau Dodola.

5. Pantai Lariti

Pantai Lariti bisa dibilang adalah pemanis dan pelengkap keindahan wisata Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat. Buat kamu yang ingin melakukan pendakian, jangan lupa berkunjung ke sini sebagai bonus memanjakan mata. Sebelum jam 12 siang, kamu bisa merasakan sensasi berjalan di atas laut.

Pantai Lariti [image source]
Pantai Lariti [image source]

Karena ada sebuah pulau yang terhubung dengan garis pantai saat laut sedang surut. Pantai yang berada di Desa Soro, Sape, Bima ini juga menghadirkan bukit-bukit hijau penuh dengan padang rumput.

Itulah beberapa lokasi pasir timbul di sekitar kita. Sesekali kamu harus mencoba datang ke sana, karena sensasinya pasti lain dari yang lain.

Tags
Indonesia Maluku Tenggara pantai
Share