5 Pasar Unik di Dunia, Ada yang Cocok untuk Para Jomblo

Seperti yang kita tahu selama ini, kalau pasar selalu menjual barang yang sangat umum. Misalnya makanan, barang bekas, pakaian dan lain sebagainya. Tapi tidak dengan pasar-pasar yang bakal Traveling Yuk bahas kali ini. Ada beragam pasar unik yang menjual barang nyeleneh dan kemungkinan hanya ada satu di dunia. Kira-kira apa saja ya yang dijualnya? Simak ulasan di bawah ini. 

Pasar Penyihir di Bolivia

pasar unik di dunia
Mercado de Las Brujas, Bolivia via instagram/daturasanguinea

Tempat pertama yang menjual barang unik adalah Mercado de Las Brujas. Salah satu pasar yang ada di Bolivia ini memperjualbelikan benda yang dibutuhkan oleh penyihir, dukun dan juga peramal. Seperti janin dari hewan yang telah dikeringkan, bangkai katak sampai dengan pecahan asteroid.

Pasar Pengantin di Bulgaria 

pasar unik di dunia
Gypsy Brides Market, Bulgaria via twitter/@radiosushifm

Tak kalah menarik dengan yang pasar di atas, Bulgaria juga punya tempat jual beli unik. Namanya adalah Gypsy Brides Market. Di dalamnya, terdapat beberapa wanita lajang yang siap dipilih oleh pria-pria yang datang. Apabila sang pria dan wanita ada ketertarikan, mereka akan berdansa. 

Biasanya pasar ini berlangsung di hari sabtu pertama setelah perayaan paskah. Para orang tua yakin kalau putrinya akan mendapatkan jodoh terbaik apabila diikutkan Gypsy Brides Market. Nah, kalau keduanya sudah yakin ingin melanjutkan ke hubungan yang lebih serius, si pria wajib mengatakan niat baiknya kepada orang tua wanita. 

Pasar Laba-laba di Kamboja 

pasar unik di dunia
Skoun, Kamboja via instagram/frompariswithcurves

Skoun, merupakan salah satu pasar yang paling banyak dicari oleh wisatawan. Ini karena di tempat tersebut menjual laba-laba dengan beragam jenis. Mulai dari yang kecil sampai dengan tarantula. Tapi ini bukan untuk dipelihara, melainkan dikonsumsi.

Ada aneka ragam masakan untuk serangga ini, seperti digoreng, dibakar dan masih banyak lagi. Mungkin bagi kita yang awam, merasa jijik kalau memakannya. Namun, menurut warga setempat, rasa dari laba-laba sangat gurih dan sedap, mirip dengan ayam goreng. 

Pasar Santet di Togo 

Akodessewa Fetish Market, Togo via instagram/raznie_veschi

Di Togo, Afrika Barat juga menyediakan kebutuhan yang digunakan untuk ritual santet nih, Teman Traveler. Ada boneka voodoo, kaki gajah, jantung kuda dan barang-barang tak lazim lainnya.

Di samping itu, tempat yang bernama Akodessewa Fetish Market ini menjadi pilihan untuk berobat bagi yang tidak mampu membayar biaya rumah sakit. Ini disebabkan benda-benda tersebut juga bisa digunakan sebagai bahan dasar ramuan herbal untuk menyembuhkan penyakit. 

Pasar Bisu di Indonesia 

Pasar Bisu, Sumatera Barat via instagram/iggoy

Indonesia juga punya pasar unik nih di Koto Baru, Tanah Datar, Sumatera Barat. Di sana, calon pembeli dan penjual tidak mengatakan apapun saat bertransaksi. Mereka menggunakan tradisi Marosok yang menggunakan jari untuk menentukan harga. Bahkan, jari mereka pun ditutup kain supaya tidak ada orang lain yang tahu. Kalau kalian penasaran, silahkan datang ke Koto Baru di hari selasa. 

Itulah aneka pasar yang menjual benda dan melakukan transaksi unik di dunia. Bisa banget untuk kalian jadikan referensi berlibur ketika berkunjung ke kota-kota tersebut. Jadi, kalian tertarik berkunjung ke mana nih? 

Tags
Bolivia Bulgaria Kamboja pasar unik di dunia Sumatera Barat Tempat Wisata Togo
Share