Pasar Splendid, Pasar di Malang Dengan Beragam Keunikan

Advertisement

Tak melulu harus ke tempat wisata, traveling sebenarnya bisa dilakukan di mana saja. Hal terpenting adalah tempat tersebut punya nilai tertentu dan bisa menambah pengalaman. Pasar Splendid di Malang termasuk salah satu destinasi dengan banyak hal menarik nan tak terduga.

Pasar Splendid merupakan salah satu lokasi terkenal di Kota Bakso. Di dalamnya terdapat banyak hal-hal menarik yang tidak semua orang tahu. Apa saja? Yuk kita simak pemaparan dari kontributor Travelingyuk, Joshua Favian.

Sejarah Pasar Splendid

Suasana pasar burung
Suasana pasar burung (c) Joshua Favian/Travelingyuk

Pasar ini mulai terbentuk pada tahun 1960-an, bermula dari para pedagang yang sering berkumpul di wilayah tersebut. Lama-kelamaan, pasar di daerah Klojen ini kian berkembang dan selalu ramai dipadati pengunjung.

Kawasannya sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu pasar burung, ikan hias, dan bunga. Karena keunikannya, banyak wisatawan lokal maupun asing sering mengunjungi lokasi ini.

Asal Mula Nama

Kepadatan di Pasar Burung
Kepadatan di Pasar Burung (c) Joshua Favian/Travelingyuk

Nama Splendid diambil dari penginapan Splendid Inn yang berada tidak jauh dari lokasi pasar ini. Penginapan tersebut berhadapan langsung dengan Alun-Alun Tugu Kota Malang.

Splendid Inn sudah berdiri sejak zaman Belanda dan masih aktif sampai saat ini. Begitu pula dengan nama dan aktivitas di Pasar Splendid. Setiap harinya selalu ada saja pembeli maupun wisatawan yang datang dan berkunjung.

Berawal Dari Burung

Deretan pedagang burung
Deretan pedagang burung via Instagram endro_bawono

Para pedagang burung menjadi pelopor terbentuknya Pasar Splendid. Sekitar tahun 1960-an mereka sering berkumpul di lokasi ini untuk berjualan atau sekedar mengadakan perlombaan kecil-kecilan untuk menarik minat para pengunjung.

Kian hari kian banyak pedagang burung ikut berjualan di tempat ini, hingga terbentuklah Pasar Burung. Pasar tersebut kemudian menjadi awal Pasar Splendid. Hingga kini masih banyak ragam burung hias yang dijual di sini, dengan harga yang sangat bervariasi.

Semakin Berkembang

Pasar bunga di Splendid
Pasar bunga di Splendid via Instagram halimsilvia

Pasar Splendid tidak hanya menjual burung saja. Seiring dengan berjalannya waktu, muncul Pasar Ikan Hias dan Pasar Bunga. Uniknya, wilayah Pasar Burung hanya menjual burung, namun juga hewan peliharaan lain seperti kucing, tupai dan masih banyak lagi.

Tak heran jika banyak pecinta hewan sering berjalan-jalan ke tempat ini. Semakin unik jenis hewan yang dijual, maka harganya juga semakin mahal.

Seni Tawar-Menawar

Splendid gunakan sistem tradisional
Splendid gunakan sistem tradisional via Instagram kak_wil

Di pasar ini banyak hewan dijual dengan berbagai variasi harga, mulai dari yang murah sampai jutaan rupiah. Namun tidak perlu khawatir, Pasar Splendid ini masih menganut sistem tawar-menawar. Semakin pandai menawar, semakin mudah kesempatan mendapatkan harga sesuai harapan.

Sempat Dipindah

Pedagang di Splendid sempat pindah
Pedagang di Splendid sempat pindah via Instagram neema_travel

Pasar Splendid pernah berpindah lokasi ke Comboran pada tahun 1967 karena terlalu padat dan menimbulkan kemacetan. Namun pada akhirnya pada 1993 dikembalikan lagi ke lokasi semula, karena di Comboran akan dibangun sekolah.

Itulah tadi sekilas mengenai daya tarik dan pesona unik dari Pasar Splendid. Tak disangka, pasar ini ternyata memiliki sejarah panjang di Malang. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi mereka yang nantinya ingin berkunjung.

Advertisement
Tags
Jawa Timur Malang Wisata
Share