Pasar Malam Tjap Toendjoengan, Bukber Plus Rayakan Milad Surabaya

Mei merupakan bulan istimewa bagi Surabaya, sebab ia berulang tahun. Pada tahun ini kota pahlawan tersebut telah genap berusia ke-726. Serangkaian kegiatan dilaksanakan demi merayakannya, salah satunya wisata kuliner Pasar Malam Tjap Toendjoengan. Berikut setidaknya 4 makanan yang bisa dijadikan menu buka puasa di pasar sini.

Ester Tahu Mercon

Ester Tahu Mercon via Instagram @estertahumercon
Ester Tahu Mercon via Instagram @estertahumercon

Ester tahu mercon merupakan camilan mengeyangkan yang bisa dipilih buat buka puasa di Pasar Malam Tjap Toendjoengan. Terdapat beberapa varian tahu yaitu tahu mercon, tahu bakso ayam, dan tahu udang. Cara penyajiannya ada dua, bisa digoreng plus disiram cocolan saus kacang atau original alias tahu kukus.

Teman Traveler yang suka banget olahan tahu, boleh banget memborongnya. Harganya terjangkau. Cukup sediakan budget mulai dari Rp5 ribuan sampai Rp15 ribuan per biji. Tahu ini lebih enak dimakan saat masih hangat.

Belly Bali

Belly Bali via Instagram @mrs.wijaya
Belly Bali via Instagram @mrs.wijaya

Kuliner di Pasar Malam Tjap Toendjoengan satu ini cocok sebagai menu buka puasa. Sebab modelnya semacam rice bowl dengan lauk khas bali disebut nasi tutu alias nasi campur. Tapi tenang, saja ini halal karena pakai daging ayam.

Dalam satu cup berisi nasi, dengan sekitar 9 macam lauk dan 3 jenis sambal. Terdapat tum ayam, ayam pelalah, ayam betutu, jukut kacang, ati ampela ayam, telur pindang, sate tutu, sambal mbe, sambal matah, dan sambal tomat. Harganya kurang lebih Rp25 ribuan.

Sepanjang bulan Mei, Belly Bali akan hadir mulai jam 16.00-22.00. Teman Traveler tinggal lihat booth dengan warna kuning menyala. Itulah Belly Bali.

Sego Jagung Mimilicious

Sego Jagung Mimilicious via Instagram @astridmimilicious
Sego Jagung Mimilicious via Instagram @astridmimilicious

Selanjutnya ada makanan tradisional yang biasanya disantap sebagai menu sarapan yaitu nasi jagung. Kalau yang dijual di Pasar Malam Tjap Toendjoengan, namanya Sego Jagung Mimilicious. Dalam satu porsi, Teman Traveler sudah mendapatkan nasi jagung, ikan asin, peyek, dadar jagung, sayur terong, telur, urap, kering tempe, sambal, dan lauk lainnya.

Pokoknya dijamin kenyang dan puas kalau menyantap makanan tradisional satu ini. Harganya cuma Rp20 ribuan. Lumayan terjangkau, bukan?

Masaru Kitchen

Pasar Malam Tjap Toendjoengan
Masaru Kitchen via Instagram @sinyokuliner

Masih ada lagi yaitu booth Masaru Kitchen yang menjual nasi campur halal. Teman Traveler cukup siapkan budget kurang lebih Rp30 ribuan, sudah bisa menyantap satu cup nasi dan beragam lauk. Masaru Kitchen hadir di Pasar Malam Tjap Toendjoengan sampai 31 Mei 2019, mulai jam 17.00-22.00.

Jadi siapa yang sudah mampir ke pasar malam tersebut? Teman Traveler cobain kuliner apa saja?

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner Pasar Malam Surabaya
Share