Pasar Ikan Modern Muara Baru Jakarta, Wisata Belanja Ikan Segar dengan Bangunan Persis Mall

Pasar Ikan Modern Muara Baru Jakarta yang dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan menarik perhatian. Pasalnya, pasar ikan ini berada dalam sebuah bangunan yang lebih mirip dengan mall. Kesan kotor dan berantakan, seketika sirna. Seperti apa persisnya? Simak uraian berikut ini yuk!

1. Akan Diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Akhir Februari Mendatang

Peletakan Batu Pertama oleh Menteri Perikanan via Instagram/kkpgoid

Pasar Ikan Modern Muara Baru dibangun di samping pasar ikan lama. Pembangunan pasar ikan ini adalah sebagai upaya meningkatkan kualitas serta kebersihan pasar. Nantinya, tempat ini bukan hanya berfungsi sebagai pusat jual-beli ikan, melainkan wisata Jakarta yang baru.

Tetapi, harap sabar! Karena pasar ikan ini menurut rencana baru akan diresmikan pada 27 Februari 2019 mendatang oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

2. Pasar Ikan dalam Bangunan Mirip Mall

Pasar Ikan Mirip Mall via Instagram/aiegitu

Pasar Ikan Modern Muara Baru memang menarik. Ia dibuat berbeda dengan pasar ikan pada umumnya. Bangunannya didesain mirip dengan mall. Aktivitas jual beli ikan dilakukan di dalam gedung modern. Bangunan pasar berdiri di atas lahan seluas 9.856 meter persegi.

Sekaligus Wisata Belanja via Instagram/aiegitu

Pasar ikan yang lebih mirip mall ini terdiri atas tiga lantai. Di dalamnya terdapat 892 kios basah dan 155 kios kering. Para pedagang ikan yang berada di pasar lama, menurut rencana akan dipindahkan ke pasar baru ini dan menempati kios-kios tersebut.

3. Pasar Ikan dengan Fasilitas Modern

Tampak Bangunan dari Depan via Instagram/aiegitu

Pasar Ikan Modern Muara Baru dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang lebih modern. Meliputi ruang pengepakan, gerai peralatan Maritim, cold storage, bongkar muat, Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) dan area parkir yang lebih luas.

Pasar Ikan Modern Muara Baru via Instagram/aiegitu

Selain itu, bangunan ini juga dilengkapi dengan fasilitas untuk aktivitas bongkar muat, jual-beli dan pengepakan ikan. Menariknya, transaksi yang berlaku di pasar ikan ini nantinya akan berupa cashless.

4. Surga Pecinta Ikan

Dilengkapi dengan Food Court via Instagram/perumperindo

Selain sebagai pasar dan pusat aktivitas antara nelayan penjual, Pasar Ikan Modern Muara Baru juga dilengkapi dengan area kuliner terbuka. Diungkapkan oleh pengelola pasar ikan, Corporate Secretary Perum Perindo, Agus Pamujo, bahwa nantinya pasar ikan ini tidak hanya menjual ikan, melainkan terdapat food court dan pengelolaan ikan segar.

Teman Traveler pecinta ikan dan seafood? Pastikan untuk mencoba berbagai ikan segar di sini ya! Siapa tahu, Pasar Ikan Modern Muara Baru nantinya bisa bersaing dengan Noryangjin Fish Market di Korea Selatan, kan? Siapa yang udah nggak sabar borong ikan segar di sini?

Tags
Indonesia Pasar Ikan Modern Muara Baru Wisata Wisata Belanja wisata jakarta
Share