Wisata Belanja Pasar Citra Niaga Samarinda, Dahulu Tempat Kumuh Kini Tempat Kerajinan

Wisata belanja Pasar Citra Niaga Samarinda harus jadi salah satu destinasi yang disambangi saat Teman Traveler jalan-jalan ke ibu kota Kalimantan Timur ini. Dibangun di area seluas 2,7 hektare, Pasar Citra Negara merupakan pusat kerajinan dan oleh-oleh khas Samarinda. Selain sebagai pusat oleh-oleh, kawasan ini juga punya sejarah yang panjang. Sebelum menjadi salah satu pusat perbelanjaan di Samarinda, ia merupakan kawasan kumuh. Seperti apa cerita dan tampilannya pada masa kini? Berikut ulasannya!

1. Dahulu Merupakan Kawasan Kumuh

Kawasan Citra Niaga Samarinda via Instagram/ lukmanfadhilah

Zaman dahulu, kawasan ini lebih familiar dengan nama Taman Hiburan Gelora. Berada tepat di tengah Kota Samarinda, ia dibangun di lahan seluas 2,7 hektar. Sayangnya, taman yang biasa dijadikan tempat berkumpul warga masyarakat Samarinda ini sering terlihat kumuh. Bahkan, keberadaannya dimanfaatkan juga sebagai tempat untuk prostitusi. Baru pada 1986, pihak pemerintah, Walikota Samarinda saat itu, Waris Husain mengubah fungsi menjadi pusat perdagangan Citra Niaga.

2. Dekat dengan Pelabuhan Sungai Mahakam

Kawasan Objek Wisata Belanja Citra Niaga Samarinda via Instagram/ hengkinugraha

Berada di pusat kota kota, Pasar Citra Niaga Samarinda juga dekat dengan berbagai landmark kota. Salah satunya Pelabuhan Sungai Mahakam. Jaraknya sekitar 50 meter dan diapit empat jalan protokol. Keramaian yang ada di pasar ini turut menjadi daya tarik tersendiri yang dimilikinya.

3. Menjual Beragam Kerajinan Khas Samarinda

Menyediakan Beragam Kerajinan Samarinda via Instagram/ nadianraulya

Sebagai sebuah pasar pusat oleh-oleh dan kerajinan khas Samarinda, Teman Traveler tidak akan kesulitan menemukan berbagai jenis barang lucu. Beberapa kios menjual ragam kerajinan asli Samarinda berupa cenderamata manik-manik yang dibentuk sebagai sebuah kalung, gelang, juga tas. Teman Traveler juga akan dengan mudah mendapatkan sarung, pakaian dan barang antik yang hanya bisa ditemukan saat jalan-jalan ke Kalimantan.

Bisa Mendapatkan Kerajinan Manik-manik di Pasar Citra Niaga via Instagram/ devitaherayani

Teman Traveler yang menaruh ketertarikan pada pernak-pernik bernuansa dayak, juga bisa mendapatkannya saat berwisata belanja ke sini. Nah! Setelah lelah berkeliling pasar, pasti lapar dan haus dong?! Tidak usah khawatir karena di kawasan ini tersedia pula beragam penjaja makanan dan minuman yang juga merupakan kuliner Kalimantan. Lengkap!

4. Salah Satu Destinasi Wisata Belanja di Samarinda

Seorang Bapak Sedang Merokok di Depan Salah Satu Toko di Citra Niaga via Instagram/ adeteguhp

Berlibur tidak lengkap tanpa membeli buah tangan untuk keluarga dan teman. Setuju? Setelah menjelajah aneka destinasi wisata di Samarinda, seperti Desa Budaya Pampang dan Taman Rekreasi Lembah Hijau, Teman Traveler bisa belanja oleh-oleh di Citra Niaga ini.

East Kalimantan Center Juga Bisa Menjadi Destinasi Belanja Saat ke Samarinda via Instagram/ boteell

Tidak perlu lagi khawatir menentukan destinasi belanja, ya? Apalagi jika Teman Traveler ingin mencari aneka kerajinan khas ibu kota Kalimantan Timur. Datang saja ke Pasar Citra Niaga Samarinda. Jangan lupa juga untuk menggunakan alas kaki yang nyaman untuk keliling pasar. Begitu. Mau ajak siapa nih untuk belanja di sini?

Tags
Indonesia Kalimantan Timur pasar citra niaga Wisata wisata belanja samarinda
Share