4 Pasar Apung di Asia Tenggara, Salah Satunya Ada di Indonesia

Pada umumnya, pasar memang terletak di beberapa tempat yang tentunya dapat dijangkau dengan mudah oleh masyarakat. Namun, ada lho pasar yang letaknya tidak biasa, para penjual menjajakan dagangannya di perairan. Namanya adalah pasar apung yang biasanya ada di sungai-sungai besar. Nah, untuk itu Traveling Yuk akan memperlihatkan pasar apung di Asia Tenggara yang selalu dicari oleh wisatawan. Di mana saja ya? Yuk jelajah satu persatu. 

Damnoen Saduak Floating Market, Thailand 

pasar apung asia tenggara
Damnoen Saduak via shutterstock

Apabila Teman Traveler berkunjung ke Thailand, jangan lupa untuk datang ke Damnoen Saduak Floating Market. Di sana ada banyak sekali yang diperdagangkan, seperti buah, sayuran hingga aksesoris untuk buah tangan. Selain itu, kalian juga bisa menikmati makanan khas Thailand yang dapat dicicipi langsung di atas perahu. 

Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum datang ke pasar apung ini. Pertama, datanglah pada pukul 08.00-11.00, karena dagangan yang dijajakan pasti masih lengkap. Kemudian, untuk kalian yang membawa barang berharga, harus lebih berhati-hati. Alasannya karena aktivitas pasar ini cukup tinggi dengan perahu pedagang dan pembeli yang hilir mudik tiada henti.

Inle Lake Floating Market, Myanmar 

pasar apung asia tenggara
Inle Lake via shutterstock

Myanmar juga punya pasar apung yang sangat dibanggakan oleh negaranya. Namanya adalah Inle Lake Floating Market. Tak jauh berbeda dengan yang ada di Thailand, pasar apung ini juga menjual berbagai macam bahan dasar pangan. 

Tapi, yang paling dicari oleh wisatawan di sana yaitu produk lokal buatan tangan khas Myanmar. Contohnya ukiran, barang antik, kain sampai dengan cerutu. Cocok banget untuk Teman Traveler yang ingin berburu oleh-oleh di Myanmar. 

Cai Rang Floating Market, Vietnam 

Cai Rang via shutterstock

Tak mau ketinggalan dengan Thailand dan Myanmar, Vietnam juga memiliki pasar apung yang kerap disebut Cai Rang. Berada di delta Sungai Mekong, pasar apung tersebut tidak pernah sepi pengunjung. Ini dikarenakan sebagian besar yang dijual di sana adalah kuliner khas Vietnam. 

Kalian dapat menemukan bun ca (sup mi ikan), sa dec (mi kering) dan juga lumpia seafood. Nah, agar Teman Traveler bisa menikmati semuanya, datanglah pada jam enam sampai sembilan pagi waktu setempat. 

Pasar Apung Muara Kuin, Banjarmasin

Muara Kuin via instagram/aroundnesia

Terakhir, ada Pasar Apung Muara Kuin yang berlokasi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Memang, kota satu ini sudah terkenal dengan beragam pasar apung. Tapi, Muara Kuin ini adalah yang paling legendaris, karena sudah ada sejak 400 tahun silam. Kalau ingin mengunjunginya, bisa datang ke Sungai Barito pada pukul 06,30 sampai 08.00 WITA. 

Di pasar terapung ini, Teman Traveler bisa membeli berbagai barang dagangan seperti pakaian, ikan, kue tradisional, hasil pertanian dan perkebunan. Kalian juga bisa menikmati kuliner khas Banjarmasin seperti Soto Banjar, Sop Banjar dan Lontong Orari yang bisa memanjakan lidah. 

Itulah tadi deretan pasar apung yang ada di Asia Tenggara. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri, seperti barang yang dijual. Apabila kalian datang ke wilayah-wilayah tersebut, jangan lupa mampir ke pasar apungnya ya. 

Tags
banjarmasin Indonesia Myanmar pasar apung asia tenggara Tempat Wisata Thailand Vietnam
Share