Paputo Beach, Resapi Indahnya Lautan Pare Pare

Pare Pare adalah salah satu kota di Sulawesi Selatan dengan potensi alam luar biasa. Tanah kelahiran B.J. Habibie ini punya sederet destinasi apik yang sangat sayang jika Teman Traveler lewatkan. Salah satunya adalah Paputo Beach.

Paputo Beach (c) Syandi Saputra/Travelingyuk

Di sini Teman Traveler bisa duduk santai sambil nikmati suasana ala pesisir Pare Pare. Rasakan segarnya belaian angin sepoi-sepoi, sembari menapakkan kaki di hamparan pasir halus. Membayangkannya saja sudah asyik kan? Yuk, kita simak lebih detail mengenai keiistimewaan lain Paputo Beach.

Mudah Diakses

Suasana di pinggiran pantai (c) Syandi Saputra/Travelingyuk

Paputo sebenarnya merupakan singkatan dari Pantai Pasir Putih Tonrangeng. Nama tersebut lebih populer di telinga masyarakat sekitar, mungkin karena lebih mudah diingat dan diucapkan.

Destinasi indah ini bisa Teman Traveler temukan di Kelurahan Lumpu, Kecamatan Bacukiki Barat, Pare Pare. Lokasinya berada tak jauh dari perbatasan Kabupaten Barru. Akses menuju sini tak terlalu sulit kok, sudah ada jalan masuk yang mengarah langsung ke pinggir pantai.

Luas, Dengan Pemandangan Menakjubkan

Salah satu sudut untuk bersantai (c) Syandi Saputra/Travelingyuk

Paputo Beach belakangan makin banyak diminati wisatawan, baik dari sekitar Pare Pare maupun daerah lain yang lebih jauh. Tak mengherankan, sebab pemandangan sekitar sini memang sangat indah. Selain itu udaranya juga sejuk. Ditambah lagi lingkunga sekitar belum dikotori tangan-tangan
jahil.

Paputo memiliki area terbuka yang lumayan luas. Sangat cocok dijadikan tempat untuk menggelar acara reuni dan maupun kegiatan organisasi. Tak perlu berdesak-desakan karena destinasi ini sanggup menampung banyak pengunjung.

Nikmati Indahnya Pasir Sambil Santai di Gazebo

Gazebo untuk wisatawan (c) Syandi Saputra/Travelingyuk

Sesuai namanya, hamparan pasir putih indah jadi daya tarik utama Paputo. Apalagi memang jarang ada pantai dengan keunggulan sedemikian apik di Pare Pare. Selain itu, udara sekitarnya juga sejuk, berpadu apik dengan gulungan ombak indah nan memanjakan mata. Semuanya bisa Teman Traveler nikmati sembari bersantai di deretan gazebo warna-warni seperti di atas.

Spot foto ayunan (c) Syandi Saputra/Travelingyuk

Destinasi ini menyediakan banyak tempat untuk sekedar duduk santai maupun menikmati aneka makanan dan minuman. Teman Traveler tinggal pilih, mau rebahan di tempat duduk kayu, gazebo kayu biasa, atau deretan gazebo warna-warni dekat pantai.

Tak perlu khawatir kepanasan. Hadirnya deretan pohon kelapa di Paputo sudah cukup untuk menahan teriknya sinar matahari. Teman Traveler bisa nikmati semua pemandangan yang ada dengan nyaman.

Aneka Spot Foto Menarik

Tempat untuk beristirahat (c) Syandi Saputra/Travelingyuk

Paputo juga memiliki banyak spot foto menarik Teman Traveler. Salah satu yang jadi favorit saya adalah ayunan di pinggir pantai. Pemandangan di sekitarnya sangat apik karena menghadap langsung ke lautan.

Jika sudah lelah berpose, Teman Traveler bisa bergerak ke area di bawah deretan pohon kelapa. Kalian akan menemukan beberapa tempat lesehan dengan suasana rindang. Tempat ini sangat cocok untuk menggelar berbagai kegiatan. Selain itu juga amat nyaman karena sudah ada himbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan maupun membakar ikan.

Spot foto ala Instagram (c) Syandi Saputra/Travelingyuk

Tenang saja Teman Traveler. Meski pengunjung tempat ini cukup banyak, jumlah sampah tetap terkontrol karena sudah disediakan banyak tempat pembuangan. Keberadaan tumbuhan lamun juga sekaligus menjadi bio indikator bahwa laut an di sini belum tercemar dan masih jadi favorit para ikan untuk mencari makan.

Fasilitas Lengkap

Fasilitas ruang bilas dan kamar mandi (c) Syandi Saputra/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang membawa anak-anak, jangan khawatir. Pengelola Paputo sudah sediakan beberapa wahana tambahan seperti jungkat-jungkit. Selain itu ada juga fasilitas penunjang lain seperti kamar mandi dan tempat bilas.

Beberapa menu makanan di sekitar Paputo (c) Syandi Saputra/Travelingyuk

Pengunjung Paputo dilarang membawa masuk makanan dan minuman dari luar. Namun jangan khawatir Teman Traveler, kalian bisa mampir ke salah satu kafe yang sediakan beragam makanan dan minuman dengan
harga terjangkau di sini. Pilihan menunya bervariasi, mulai dari sosis bakar, burger, bakso bakar, kebab, hot dough, kentang goreng, serta kopi dan teh.

Bagaimana Teman Traveler, tertarik mampir ke Paputo Beach? Bisa banget
jadi referensi liburan kalian di akhir pekan. Tiket masuknya pun sangat murah, berkisar antara Rp3.000 hingga Rp5.000. Jadi, jangan lupa mampir jika sedang liburan di Pare Pare ya.

Tags
kontributor pare pare Travelingyuk wisata pare pare
Share