Uniknya Papeda khas Kota Sentani Papua, Gurihnya Kebangetan

Berbicara tentang kuliner Indonesia, kali ini ada salah satu kuliner unik khas Papua. Yap, papeda merupakan makanan unik karena sajian serta rasanya yang berbeda. Kali ini ada ulasan menarik mengenai salah satu kuliner khas Kota Sentani. Simak yuk uniknya Papeda berikut ini!

Makanan Pokok Khas Papua

20190824_104639_q8K.jpg
Makanan khas Papua (c) Afi Bilqis/Travelingyuk

Papeda adalah bubur sagu yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol yang di bumbui dengan kunyit. Papeda ini berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem. Bagi yang belum mencobanya, perlu tahu kalau rasanya yang tawar sangat cocok dijadikan makanan pokok seperti nasi.

Kuliner Turun Temurun

20190829_083135_vBy.jpg
Kuliner Turun Temurun (c) Afi Bilqis/Travelingyuk

Papeda dikenal luas dalam tradisi masyarakat adat Sentani, Abrab, Arso, serta Manokwari. Makanan khas Papua ini biasanya selalu disajikan saat acara penting. Tentunya papeda ini merupakan kuliner turun temurun sejak nenek moyang mereka lahir.

Pada umumnya, papeda juga bisa dikombinasikan dengan ikan gabus, kakap merah, bubara, hingga ikan kue. Selain papeda, Papua juga mengolah sagu menjadi berbagai varian seperti sagu bakar, sagu lempeng dan sagu bola. Sampai sekarang tradisi kuliner ini masih dijalankan oleh masyarakat adat di Kabupaten Mappi, Asmat, hingga Mimika.

Cara Menyantap Tergolong Unik

20190824_104646_fio.jpg
Santapan unik (c) Afi Bilqis/Travelingyuk

Cara menyantap papeda juga tergolong unik. Gata-gata atau alat sejenis garpu yang terbuat dari bambu dipergunakan untuk menggulung papeda dari piring hingga siap disantap.

Jika ingin mencoba makan papeda jangan lupa memakai gata-gata, hal ini karena alat tersebut sangat membantu untuk mengambil tekstur papeda yang kental dan sulit disendok.

Berbagai Manfaat Berkhasiat

20190829_083141_TP5.jpg
Banyak Manfaat (c) Afi Bilqis/Travelingyuk

Papeda mempunyai kandungan karbohidrat yang setara dengan beras atau sagu. Papeda dikenal dengan serat yang tinggi, rendah kolesterol, serta memiliki nutrisi yang tinggi.

Konon, Papeda ini juga mampu untuk mengatasi pengerasan pembuluh darah, sakit ulu hati, dan perut kembung. Bahkan, jika mengonsumsi makanan ini secara rutin dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko kanker usus, serta membersihkan paru-paru.

Ternyata uniknya Papeda ini sebanding dengan khasiatnya yang bermanfaat, Namun sayangnya makanan ini sudah mulai jarang dihidangkan. Semoga dengan adanya informasi ini Teman Traveler jadi makin semangat mencoba semua kuliner khas Nusantara. Selamat menikmati!

Tags
Kuliner Papua Papeda
Share