4 Hal Menarik Tentang Pantan Terong, Wisata di Takengon yang Selalu Ramai

Bang Harlen

Bang Harlen

On Indonesia
Puncak Pantan Terong Puncak Pantan Terong

Takengon adalah sebuah kota yang berada pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Lokasi tersebut menjadikan daerah ini sangat sejuk. Salah satu destinasi terkenal yang ada di ibukota kabupaten Aceh Tengah ini adalah Puncak Pantan Terong. Penasaran ? Simak ulasannya berikut ini dari Kontributor Travelingyuk, Bang Harlen.

Jaraknya dekat dari pusat kota Takengon

Sumber : https://www.instagram.com/bang_harlen/

Puncak Pantan Terong ini berlokasi di Desa Ulu Nuih, Kecamata Bebesan, Kabupaten Aceh Tengah. Jaraknya dari pusat Kota Takengonnya hanya sekitar 8 km atau dapat ditempuh dalam 15 menit perjalanan. Pengunjung juga hanya dikenakan tiket masuk seharga Rp.5000/orang. Akses jalan kesini juga sudah bagus sehingga dapat dilalui oleh sepeda motor dan mobil. Karena jalannya cukup menanjak dan curam, sebaiknya pengunjung lebih berhati-hati dan usahakan berangkat dalam kondisi prima dan sebaiknya kendaraan jangan membawa beban yang terlalu banyak.

Pemandangan alamnya buat hati tenang

Sumber : https://www.instagram.com/bang_harlen/

Puncak Pantan Terong merupakan sebuah dataran tinggi yang dikelilingi oleh perbukitan yang hijau, perkebunan, dan lembah-lembah yang aduhai cantiknya. Lokasinya yang berada pada ketinggian 1830 meter diatas permukaan laut , sehingga dari sini para wisatawan dalam melihat suasana kota Takengon dan panorama Danau Laut Tawar dari puncaknya. Fenomena sunrise maupun sunset juga bisa dilihat dari tempat wisata kebanggaan Tanah Gayo ini. Jika beruntung pengunjung juga bisa menikmati pelangi yang muncul saat hujan mulai reda.

Tempat santai yang cocok bagi keluarga

Sumber : https://www.instagram.com/bang_harlen/

Objek wisata ini adalah surga bagi para pecinta kopi juga. Disini terdapat sebuah Kedai Kopi yang menyediakan kopi asli tanah gayo, pengunjung tidak boleh melewatkan kesempatan untuk menikmati berbagai jenis sajian kopi  seperti Espresso, Cappuccino, Mochacino, hingga Latte sambil memanjakan mata dengan suasana alam yang begitu tenang dan damai. Bukan cuma minum kopi, para pengunjung yang lapar juga bisa mengisi perut di warkop yang cuma ada satu-satunya disini, cuma sayangnya disini cuma ada Pop Mie. Jadi sebaiknya sebelum berkunjung kesini beli makanan dulu di luar jika memang kalian tidak begitu menyukai jenis-jenis mie instan.

Oleh-oleh Kopi Gayo

Sumber : https://www.instagram.com/bang_harlen/

Seperti kita ketahui bersama, kopi gayo adalah salah satu kopi terbaik di Indonesia. Maka tak heran jika di kota ini benyak kedai kopi yang bertebaran. Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Takengon tanpa membawa oleh-oleh berupa kopi gayo. Kalian tak perlu risau, di Objek Wisata Pantan Terong ini para pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh kopi gayo. Harganya juga bervariasi mulai dari Rp.10.000/ bungkus sesuai kecil besarnya isi tiap bungkus.

Demikianlah fakta-fakta menarik seputar Puncak Pantan Terong di kota Takengon ini. Jadi gimana ? Kalian jadi pengen kesini kan ? 😀