Pantai Zakat, Spot Seru Bengkulu yang Wajib Diburu

Bengkulu mungkin bukan nama yang pertama terlintas ketika Teman Traveler diminta menyebut kota dengan pantai indah. Namun bukan berarti kota di Sumatera ini tak punya pantai dengan panorama cantik lho. Buktinya ada Pantai Zakat, salah satu primadona Bumi Rafflesia yang pantang terlewat.

Sangat Mudah Dijangkau

pantai_zakat_2_Nzn.jpg
Berfoto siluet di pinggir pantai (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Memang tak salah jika Pantai Zakat disebut sebagai salah satu primadona wisata Bengkulu. Selain keindahannya begitu mempesona, destinasi ini juga sangat mudah dijangkau. Jaraknya hanya sekitar satu kilometer dari pusat kota Bengkulu.

pantai_zakat_3_2KF.jpg
Memotret langit senja di sekitar Zakat (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Posisinya juga berdekatan dengan beberapa wisata populer lain seperti Benteng Marlborough dan Tapak Paderi. Teman Traveler bisa mengakses pantai ini dengan menumpang kendaraan umum maupun pribadi. Pokoknya dijamin tak bakal kesulitan jika berencana ingin mampir ke sini deh.

Pesona yang Memukau

pantai_zakat_4_AHO.jpg
Beberapa pengunjung di pesisir pantai (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Pantai Zakat tawarkan pesona yang benar-benar memukau. Di sini Teman Traveler bisa duduk santai sambil menantikan indahnya momen mentari terbit maupun terbenam. Kalian takkan bosan karena hembusan semilir angin dan suara deburan ombak menenangkan akan selalu setia menemani.

pantai_zakat_5_6lf.jpg
Berfoto di pinggiran dermaga (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Tak hanya itu, ombak di sekitar Zakat juga tidak terlalu besar. Terdapat sebuah batu karang yang tak terlampau curam di sekitar sini. Teman Traveler bisa duduk-duduk santai di sini sembari menceburkan kaki, merasakan segarnya air laut. Jika ingin berenang, bisa langsung mengambil spot yang relatif aman di sekitaran pantai.

pantai_zakat_6_qm8.jpg
Pengunjung memadati area sekitar pantai (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Keasrian di sekitar Zakat masih sangat terjaga Taman Traveler. Keindahan bawah lautnya tidak kalah memukau dibanding di permukaan. Berkunjung ke sini dijamin bakal jadi pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Fasilitas yang Tersedia Cukup Lengkap

pantai_zakat_10_e8W.jpg
Bisa untuk berenang (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Sebagian besar penduduk sekitar Zakat bekerja sebagai nelayan. Sisanya memilih membuka warung di dekat pantai untuk meladeni kebutuhan para wisatawan. Teman Traveler yang sudah keroncongan atau ingin istirahat sambil bersantap bisa langsung mampir ke kedai-kedai milik warga tersebut.

pantai_zakat_9_a5c.jpg
Sepasang pengunjung tampak asyik bercengkrama (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Di sepanjang jalan sekitar Zakat juga terdapat puluhan pedagang kaki lima yang menempati tenda dengan beraneka corak warna. Di sini teman Traveler bisa mencicipi beberapa sajian khas pesisir seperti ikan bakar, es kelapa muda, jagung bakar, sate ceker, dan masih banyak lagi.

pantai_zakat_8_ocM.jpg
Pemandangan menjelang mentari terbenam (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Fasilitas lain yang juga sudah tersedia di Zakat antara lain penyewaan ban, jaket pelampung, serta wahana banana boat. Area parkirnya cukup nyaman dan bersih. Sementara untuk sistem penerangan, pengelola menggunakan teknologi panel tenaga surya yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Beragam Aktivitas Menarik

pantai_zakat_11_8U4.jpg
Berkeliling naik perahu (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Tak hanya mengagumi keindahan sekitar, di Zakat pengunjung bisa melakukan beragam kegiatan menarik. Salah satunya adalah berkeliling sekitar pantai dengan menumpang perahu. Jika tertarik, Teman Traveler tinggal menghubungi operator setempat dan menegosiasikan harga sewanya.

pantai_zakat_1_ZkT.jpg
Langit senja di sekitar pantai (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Di dekat pantai Teman Traveler juga akan menemukan tempat khusus yang menawarkan sejumlah ikan segar hasil tangkapan para nelayan. Kalian bisa minta untuk langsung dimasak di tempat atau dibungkus sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah.

Buat yang tertarik mencoba wahana seru, selain banana boat ada juga permainan jet ski dan outbound yang tak kalah menarik untuk dicoba. Pantang dilewatkan jika Teman Traveler mampir bersama sahabat maupun keluarga.

Murah Meriah

pantai_zakat_7_sNw.jpg
Pemecah ombak (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Pantai Zakat bisa jadi alternatif wisata murah buat Teman Traveler yang sedang liburan di Bengkulu. Bayangkan saja, kendaraan roda dua hanya dikenakan tarif parkir sebesar Rp2.000. Sementara untuk pemilik kendaraan roda empat cukup membayar Rp5.000. Tidak ada pembatasan waktu, berapa lamapun kalian berkunjung tarifnya akan tetap sama.

yhudistira97___btemrenhgat____IkB.jpg
Langit senja di sekitar pantai (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Itulah sedikit pengalaman saya menjelajah indahnya Pantai Zakat. Jika Teman Traveler masih bingung menentukan destinasi liburan akhir pekan ini, tempat cantik ini bisa jadi alternatif. Selamat jalan-jalan!

Tags
Bengkulu kontributor Travelingyuk wisata bengkulu
Share