Pantai Widodaren, Pesona Tersembunyi Gunung Kidul

Vara Dita Safitri

Vara Dita Safitri

On Indonesia
Panorama Indah di Pantai Widodaren Panorama Indah di Pantai Widodaren

Gunung Kidul dikenal dengan deretan pantainya yang memesona. Tak heran, mengingat kawasan ini punya area pesisir terpanjang di Kabupaten Jogja. Jika Teman Traveler ingin suasana yang lebih private, boleh coba mampir ke Pantai Widodaren.

pantai_widodaren1_Fhc.jpg
Menyusuri hamparan pasir di Pantai Widodaren (c) Vara Dita Safitri/Travelingyuk

Dibanding pantai lainnya, Widodaren termasuk jarang dikunjungi wisatawan. Atmosfernya lebih sunyi, tak ubahnya pantai pribadi. Yuk, simak pengalaman saya menjelajah, ya Teman Traveler.

Tawarkan Panorama Eksotis

pantai_widodaren2_ipU.jpg
Duduk santai di atas karang (c) Vara Dita Safitri/Travelingyuk

Daya tarik utama Widodaren adalah tebingnya. Deretan tebing di sini punya area cukup luas, membuat panorama sekitarnya terasa makin eksotis. Di beberapa titik terdapat sejumlah spot alami yang bisa Teman Traveler manfaatkan untuk latar berfoto.

Ombak di Widodaren cukup kencang. Teman Traveler bakal temukan banyak genangan air di atas perbukitan dan tebingnya. Sebab saking derasnya, ombak sampai menyembur ke atas bukit.

Namun jangan salah, semilir angin, deburan ombak, dan hangatnya sinar matahari di sini bakal bikin kalian hanyut dalam suasana. Sangat menarik untuk disambangi.

Pasir Putih nan Indah

pantai_widodaren6_tU9.jpg
Berpose di pinggir pantai (c) Vara Dita Safitri/Travelingyuk

Tak hanya tebing eksotis, Widodaren juga tawarkan hamparan pasir halus dan bersih. Suasananya relatif sepi karena belum terlalu banyak wisatawan mampir ke sini. Berjalan-jalan di sini, Teman Traveler bisa nikmati belaian lembut udara sejuk. Pesona alamnya benar-benar sangat terasa.

Pantai ‘Bidadari’

pantai_widodaren4_qUH.jpg
Indahnya panorama pantai dari kejauhan (c) Vara Dita Safitri/Travelingyuk

Widodaren berasal dari istilah jawa yang artinya ‘Bidadari’. Bibir pantainya tidak terlalu luas. Kehadiran cekungan tebing membuatnya tampak seperti surga tersembunyi.

Pantai ini tergolong perawan, nyaris tidak ada sampah sama sekali. Sayangnya, hal itu juga berarti masih belum ada fasilitas pendukung yang tersedia. Jadi sebaiknya Teman Traveler membawa perbekalan sendiri jika ingin berkunjung ke sini. 

pantai_widodaren5_W6c.jpg
Jangan sampai menginjak bulu babi (c) Vara Dita Safitri/Travelingyuk

Begitu perairan sekitar mulai surut, Teman Traveler bakal terlihat dasar karang yang bentuk guratan menawan. Jika ingin melihat-lihat sekitar sini, kalian harus hati-hati, jangan sampai menginjak bulu babi, ya.

Aksesnya Lumayan Sulit

pantai_widodaren3_8i8.jpg
Pengunjung sedang nikmati indahnya pantai (c) Vara Dita Safitri/Travelingyuk

Layaknya bidadari yang susah didapatkan, Widodaren pun tak mudah disambangi. Aksesnya masih terbilang susah. Teman Traveler harus berjalan kaki melewati beberapa bukit untuk sampai sini. Belum ada akses untuk kendaraan sama sekali.

Namun jangan sampai hal ini menjadi halangan Teman Traveler. Buat kalian yang menyukai tantangan dan punya jiwa petualang tinggi, wajib mampir ke sini. Semua usaha kalian dijamin takkan sia-sia. Keindahan Widodaren bakal membuat kalian sejenak melupakan semua kepenatan.

Itulah sedikit pengalaman saya mampir ke Pantai Widodaren. Buat Teman Traveler yang sedang wisata Jogjakarta, segera sambangi destinasi tersembunyi Gunung Kidul ini. Jangan lupa jaga kelestarian dan kebersihan sekitar ya. Bagaimana, kapan nih mau bertandang?