Wahai Pecandu Ombak, Inilah Daftar Pantai untuk Surfing di Banten

Halo Teman Traveler. Siapa di antara kalian yang hobi surfing? Jangan pergi jauh-jauh untuk mencari ombak. Ada sejumlah pantai untuk surfing di Banten yang bisa dikunjungi para pecandu ombak.

Teman Traveler yang masih belajar atau sudah jago berselancar bisa memilih sejumlah pantai dengan beragam variasi ombak menantang. Inilah daftar pantai yang bisa dicoba.

1. Pantai Lippo

Sumber foto: FB: Aldi Suardi
Suasana di Pantai Lippo via Facebook.com/Aldi Suardi

Pantai untuk surfing di Banten pertama yang bisa dicoba adalah Pantai Lippo. Lokasinya berada di daerah Carita, Kab. Pandeglang, Banten. Dinamakan demikian karena pantainya berada di depan Kondominium Lippo Carita. Teman Traveler bisa masuk melalui pantai lain di dekat kondominium tersebut.

Kelebihan Pantai Lippo adalah permukaannya landai dan bersih, pasir pantainya putih, serta ombaknya bagus. Teman Traveler bisa bermain surfing dengan aman. Jika ingin dilatih pemandunya, kalian bisa menyewa papan surfing dan belajar dengan Instruktur.

Sumber foto: FB: Aldi Suardi
Deretan papan selancar di Pantai Lippo via Facebook.com/Aldi Suardi

Karena ombaknya cukup bagus, pantai ini beberapa kali menjadi tuan rumah kompetisi surfing. Biaya masuk Pantai Lippo hanya Rp25.000 untuk motor dan Rp50.000 untuk mobil.

2. Pantai Pasauran

Sumber foto: FB: Aldi Suardi
Pantai Pasauran via Facebook.com/Aldi Suardi

Tak jauh dari Pantai Lippo, terdapat Pantai Pasauran. Jaraknya hanya sekitar 15 menit perjalanan. Pasaruan juga termasuk pantai untuk surfing di Banten. Kawasan ini sering digunakan bermain surfing oleh para surfer lokal ataupun mancanegara.

Ombaknya cukup besar dan tersedia sepanjang tahun. Hanya saja, Pasauran lebih cocok untuk Teman Traveler yang sudah jago bermain surfing. Selain pantainya berkarang, ombaknya pun lumayan tinggi. Bisa membuat kewalahan jika kamu masih dalam tahap belajar.

Sumber foto: FB: Aldi Suardi

Lokasi Pantai Pasauran agak tersembunyi. Berada di sekitar perkampungan. Jika Teman Traveler ingin berselancar di sini, wajib bertanya ke warga sekitar. Bila sudah kenal dekat dengan surfer lokal, kalian akan mendapat info kapan bisa berkumpul dan berselancar bersama.

3. Pantai Jambu

Sumber foto: FB: Aldi Suardi
Surfing di Pantai Jambu via Facebook.com/Aldi Suardi

Pantai Jambu jadi pilihan pas buat Teman Traveler yang masih belajar maupun sudah jago surfing. Bagi yang masih pemula sebaiknya dipandu intruktur agar lebih aman. Pasalnya, beberapa bagian pantai memang agak dalam.

Pantai untuk surfing di Banten satu ini berada di daerah Cinangka, sekitar 10 menit dari Pantai Pasauran. Kondisinya bersih dan ombaknya lumayan tinggi. Setiap weekend atau liburan, lokasi ini bakal dipadati para surfer.

Sumber foto: FB: Aldi Suardi
Pantai Jambu tawarkan ombak bagus via Facebook.com/Aldi Suardi

Kebanyakan yang berselancar di sini adalah surfer lokal dan wisatawan sekitar Banten. Namun juga beberapa warga asing. Biasanya mereka adalah orang Jepang atau Korea yang tengah bekerja di sekitar Banten.

Untuk masuk ke pantai ini, selain biaya parkir kendaraan sekitar Rp50.000, Teman Traveler juga harus menyewa saung bambu seharga Rp20.000. Jika tidak datang untuk surfing, kalian masih bisa menikmati suasana pantai sambil duduk-duduk di saung.

4. Pantai Bandulu

Sumber foto: FB: Aldi Suardi
Surfing di Pantai Bandulu via Facebook.com/Aldi Suardi

Pantai Bandulu jadi pantai favorit di daerah Anyer, karena karakteristiknya sama dengan Pantai Lippo. Selain landai serta bersih, pasir pantainya putih, dan ombaknya bagus. Sangat cocok untuk belajar surfing. Pantai ini juga sudah beberapa kali menggelar kompetisi surfing.

Lokasinya dekat dengan Hotel Jayakarta, Anyer. Teman Traveler bisa masuk melalui hotel maupun pantai di sekitarnya. Sama seperti Pantai Jambu, di Bandulu ini kamu juga wajib menyewa saung.

Sumber foto: FB: Aldi Suardi
Pantai Bandulu cocok untuk belajar surfing via Facebook.com/Aldi Suardi

Di sekitar pantai ini kerap terlihat sederet surfer lokal beraksi pada pagi maupun sore hari. Teman Traveler bisa menyewa papan surfing plus dilatih oleh instruktur dengan biaya sekitar Rp50.000 per jam.

5. Pantai Pisita

Sumber foto: FB: Aldi Suardi
Suasana di Pantai Pisita via Facebook.com/Aldi Suardi

Pantai Pisita menjadi favorit para surfer yang tergolong ahli. Karakteristiknya hampir sama seperti Pantai Pasauran, yaitu berkarang. Namun hal ini tersebut tak jadi masalah jika Teman Traveler sudah jago berselancar.

Lokasi pantai untuk surfing di Banten ini berada dekat Resort Pisita, Anyer. Kalian bisa masuk melalui pintu resort atau pantai lain di sekitarnya. Jaraknya hanya sekitar 10 menit dari Pantai Bandulu, lho. 

6. Pantai Tanjung Lesung

Sumber foto: FB: Aldi Suardi
Suasana Pantai Tanjung Lesung via Facebook.com/Aldi Suardi

Ombak di Pantai Tanjung Lesung juga bisa Teman Traveler gunakan untuk bermain surfing. Tapi harus hati-hati ya, karena pantainya cukup berkarang. Sepertinya hanya cocok untuk surfer berpengalaman.

Sumber foto: FB: Aldi Suardi
Surfing di Pantai Tanjung Lesung via Facebook.com/Aldi Suardi

Tiket masuk pantai sekitar Rp. 50.000/orang. Selain surfing, sejumlah olahraga pantai lain bisa dinikmati di sini. Apalagi jika Teman Traveler menginap di Villa kalica’a atau camping ground beach club Tanjung Lesung, kalian bisa surfing dan snorkeling sepuasnya sambil menikmati suasana alam sekitar.

7. Pantai Sawarna

Sumber foto: FB: Aldi Suardi
Mendirikan tenda di Pantai Sawarna via Facebook.com/Aldi Suardi

Pantai Sawarna ini adalah pantai terjauh dalam daftar ini. Teman Traveler akan butuh waktu perjalanan sekitar empat jam dari Serang untuk menuju sini. Arahkan kendaraan melalui Kabupaten Pandeglang, menuju kabupaten Lebak.

Jangan khawatir nyasar, ya. Ada banyak petunjuk jalan. Teman Traveler juga bisa bertanya arah pada warga sekitar.

Sumber foto: FB: Aldi Suardi
Santai di Pantai Sawarna via Facebook.com/Aldi Suardi

Meski jaraknya lumayan jauh, kamu takkan merasa rugi karena ombak Pantai Sawarna termasuk salah satu favorit para surfer lokal. Bahkan beberapa surfer mancanegara juga sering berselancar di sini. Di Pantai Sawarna Teman Traveler bisa sekalian berlibur beberapa hari. Kalian bisa menginap di homestay atau mendirikan tenda sendiri.

Nah Teman Traveler, itulah pantai untuk surfing di Banten yang bisa kalian kunjungi saat weekend maupun liburan. Yuk, persiapkan papan surfing kamu! 

Tags
Banten Indonesia Wisata
Share