Terpikat Pesona Nyiur Pantai Ungapan di Ujung Malang

Advertisement
Advertisement

Malang merupakan salah satu Kota di Provinsi Jawa Timur yang menjadi salah satu tujuan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun asing. Salah satunya yang wajib Teman Traveler kunjungi adalah Pantai Ungapan. Apa sih istimewanya pantai ini? Simak ulasan berikut ini!

Sekilas Tentang Pantai Ungapan

img_2617_01_kel.jpeg
Keindahan Pantai Ungapan (c) tikkadessy/Travelingyuk

Saat ini Pantai Ungapan dikelola oleh Perhutani Kabupaten Malang. Nama ‘Ungapan’ sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang berarti ‘muara sungai’ atau pertemuan antara sungai dan laut. Pasalnya di pantai ini memang terdapat sebuah muara yang biasanya digunakan untuk berenang oleh para wisatawan.

Pantai Ungapan sebenarnya masih satu garis dengan Pantai Bajul Mati. Namun karena garis pantainya panjang, akhirnya dibagi menjadi beberapa wilayah.

 Lokasi dan Rute Pantai Ungapan

img_2546_01_uHI.jpeg
Suasana Pantai Ungapan (c) tikkadessy/Travelingyuk

Pantai ini terletak di antara Goa Cina dan Bajul Mati, tepatnya sekitar 64 kilometer dari Kota Malang. Lokasinya dapat dicapai kurang lebih 3 jam perjalanan. Dari Malang, kalian bisa mengambil arah ke Turen lalu berbelok ke selatan menuju Sumbermanjing Wetan dan lurus menuju arah Pantai Sendang Biru.

Jalannya sudah beraspal mulus, tetapi berkelok-kelok karena harus melewati pegunungan. Tak jauh sebelum memasuki Pantai Sendang Biru, terdapat sebuah pertigaan Jalan Lintas Selatan (JLS) dan sudah ada plakat petunjuk arah. Bila berbelok ke kiri akan menuju Pantai Sendang Biru, sedangkan bila berbelok ke kanan akan menuju Pantai Bajul Mati dan Pantai Goa Cina.

Dari pertigaan itu, Teman Traveler berbelok ke kanan dan terus mengikuti jalan tersebut sampai menemui jembatan Bajul Mati. Setelah itu, kalian akan menemukan jalan menuju Pantai Goa Cina. Dari jembatan tersebut, lurus saja mengikuti jalan dan tak jauh kemudian kalian akan menemukan papan petunjuk arah yang bertuliskan ke kiri menuju Pantai Ungapan. Sekitar 10 menit kemudian sampailah di Pantai Ungapan.

 Daya Tarik Favorit

img_2603_01_eK7.jpeg
Menikmati sunset (c) tikkadessy/Travelingyuk

Di sepanjang pantai, Teman Traveler akan menemukan banyak gubuk yang terbuat dari kayu dan bambu. Gubuk tersebut berjajar dari timur ke barat pantai seolah tak ada habisnya. Di sekitar gubuk ditumbuhi rumput hijau serta beberapa pohon kelapa di pinggir laut. Di sini pengunjung bisa menikmati sejuknya udara dan pemandangan pantai sambil menikmati makanan dan minuman.

Kalian juga bisa menyaksikan deretan batu besar berbentuk mirip seekor buaya tepat di sisi kanan pantai. Di pantai ini Teman Traveler juga akan disuguhi panorama laut lepas yang mengagumkan. Salah satunya yaitu gradasi air laut yang biru dan indah. Deretan pulau karang yang menjulang dan angin yang semilir pun siap memanjakan para wisatawan yang datang.

img_2563_01_cFu.jpeg
Petang hari di Pantai Ungapan (c) tikkadessy/Travelingyuk

Selain itu, pengunjung dapat camping di sini plus menyewa perahu seharga Rp100.000 untuk 12 orang. Selain itu, spot foto di sini sangat bagus dan instagramable. Pengunjung dapat berfoto di Jembatan Bajul Mati yang merupakan ikon Jalur Lintas Selatan (JLS).

Fasilitas dan Harga Tiket

img_2577_01_3j7.jpeg
Panorama senja (c) tikkadessy/Travelingyuk

Fasilitas yang tersedia di Pantai Ungapan sudah cukup lengkap walaupun belum tersedia penginapan. Mulai dari banyaknya warung yang menjual berbagai jenis makanan, toilet yang bersih, serta gazebo yang nyaman. Harga yang dipatok bagi pengujung yaitu sebesar Rp10.000 per orang. Sementara retribusi parkir untuk kendaraan yang dibawah sebesar Rp10.000 untuk sepeda motor dan Rp15.000 untuk mobil.

Bagaimana, Teman Traveler? Siap berpetualang di salah satu pantai keren Malang ini?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur kontributor Malang malang Raya pantai ungapan Travelingyuk wisata malang
Share