Pantai Umbul Waru Blitar, Wisata Bahari Paket Lengkap

Selama ini sebagian orang mungkin hanya mengingat Makam Bung Karno ketika mendengar kata Blitar. Padahal jika kita rela meluangkan lebih banyak waktu dan tenaga untuk menjelajah, ada banyak keindahan alam memikat di sana. Salah satunya ada di Pantai Umbul Waru.

Tak seperti tempat sejenis pada umumnya, Pantai Umbul Waru bisa dibilang menawarkan paket lengkap terutama untuk mereka pencinta wisata bahari. Mulai dari pasir putih nan halus, indahnya aliran air terjun, tebing-tebing megah menjulang, semuanya ada di sini. Cocok sekali dikunjungi bersama keluarga maupun sosok terdekat di akhir pekan.

Keindahan Berbalut Tantangan

Perjalanan menuju pantai
Perjalanan menuju pantai via Instagram vincentiusdiscreamous

Pantai Umbul Waru berada di wilayah Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung. Meski menawarkan keindahan luar biasa, mencapai lokasi pantai ini bisa dibilang susah-susah gampang. Sebenarnya sobat traveler tinggal bergerak dari pusat kota Blitar menuju arah Pantai Tambakrejo, hingga sampai di Desa Sidomulyo.

Begitu sampai di wilayah desa, bersiap-siap untuk mengeluarkan tenaga ekstra. Sebab jalanan di sekitar sini cukup sempit dan berbatu-batu. Namun jangan khawatir, semua perjuangan yang dilakukan nantinya takkan sia-sia karena panorama memanjakan sudah menanti di Umbul Waru.

Bersandingnya Air Terjun dan Pantai

Air terjun bersanding pantai
Air terjun bersanding pantai via Instagram ekfrg

Bagaimana rasanya berjalan-jalan di tepi pantai sembari menikmati derasnya guyuran air terjun? Sensasi unik tersebut bisa sobat traveler dapatkan di Pantai Umbul Waru. Di sekitar sini terdapat aliran air deras dari atas tebing, yang langsung bermuara ke lautan.

Indahnya air terjun Umbul Waru
Indahnya air terjun Umbul Waru via Instagram hilmi_mpel

Keindahannya sulit dilukiskan dengan kata-kata. Namun yang jelas, banyak pengunjung biasanya sampai rela bersusah-payah menuruni tebing hanya untuk sekedar berfoto maupun berbasah-basah ria. Sebaiknya gunakan alas kaki berbahan karet, karena permukaan bebatuan di sekitarnya cukup licin.

Tebing Kokoh nan Megah

Tebing kokoh dekat pantai
Tebing kokoh dekat pantai via Instagram arip_arianto

Tidak semua pantai bisa dinikmati sembari duduk atau berbaring santai di hamparan pasir. Umbul Waru termasuk salah satunya. Masih ada pelataran pasir putih di sekitarnya, namun tidak terlalu luas. Oleh karena itu, banyak orang lebih sering menikmati keindahan panorama alam dari atas tebing.

Berfoto di dekat air terjun
Berfoto di dekat air terjun via Instagram titoandiwi

Namun jangan keburu kecewa, karena menikmati pantai dengan cara tersebut juga tak kalah mengasyikkan kok. Dari ketinggian, sobat traveler bisa melihat panorama memukau yang mustahil ditemui di kawasan perkotaan. Selain itu deburan ombak dan semilir angin akan membawa nuansa syahdu yang membikin tubuh lebih rileks.

Persiapan Ekstra

Di sekitar pantai masih sepi
Di sekitar pantai masih sepi via Instagram akupian_

Bagi yang tertarik datang dan membuktikan langsung keindahan Pantai Umbul Waru, sebaiknya melakukan persiapan ekstra. Terutama menyangkut perbekalan makanan dan pakaian yang digunakan. Sebab di sekitar area pantai masih belum ada fasilitas umum maupun warung-warung penduduk. Jika membutuhkan sesuatu, bukan tidak mungkin terpaksa harus kembali ke Desa Sidomulyo.

Itulah tadi sekilas gambaran mengenai keindahan dan daya tarik Pantai Umbul Waru. Bagi sobat traveler yang punya rencana berlibur ke Blitar dalam waktu dekat dan tertarik merasakan sensasi jalan-jalan pantai plus air terjun sekaligus, tak ada salahnya mempertimbangkan datang ke sini.

Tags
Blitar Wisata
Share