Pantai Timang Jogja, Pulau Karang si Penakluk Ombak Pantai Selatan

Memang tak akan ada habisnya jika kita membicarakan mengenai keindahan dan keunikan pantai di kawasan Gunungkidul. Ini merupakan kawasan bukit karst, membuat pesona pantainya sangat memukai. Salah satunya adalah Pantai Timang Jogja. Jaraknya lumayan jauh dari jantung kota, yaitu sekitar 2 jam perjalanan. Namun jangan khawatir, keletihan dan kepenatan selama perjalanan akan terbayar jika telah sampai di pantai ini. Berikut adalah pengalaman Kontributor Travelingyuk, Pradika Purboretno. Simak yuk

Salah Satu Surga di Gunungkidul

Teluk kecil di kawasan Pantai Timang
Teluk kecil di kawasan Pantai Timang (C) Pradika Purboretno/Travelingyuk

Pantai Timang Jogja jaraknya cukup jauh dari pemukiman penduduk. Hunian terakhir yang terdekat dengan wisata ini kurang lebih berjarak sekitar 1 jam dengan berjalan kaki. Sebenarnya jika ditarik garis lurus, jaraknya mungkin hanya sekitar 1 km, namun medannya yang berliku dan naik turun lah yang menyebabkan perjalanan lama. Jika kalian membawa motor, maka akan lebih mudah. Namun perlu berhati-hati karena jalannya terjal dan susunan bebatuannya cukup tajam.

Pantai Timang Jogja juga disediakan ojek motor dengan tarif Rp50 ribu untuk pulang pergi. Jika datang bersama rombongan atau banyak orang, Teman Traveler bisa menyewa Jeep dengan tarif Rp350 ribu untuk pulang pergi.

Pantai Timang Jogja terbagi menjadi dua sisi. Pertama yang akan Teman Traveler jumpai adalah bagian teluk kecil berpasir putih dan ombaknya pun tidak terlalu besar. Di sisi yang ini cukup aman untuk bermain-main di pasir putihnya.

Dan jika kalian naik sedikit lagi, maka akan kalian jumpai maskot Pantai Timang itu sendiri, yaitu pulau Timang yang berada di seberang. Pulau Timang Jogja sendiri merupakan sebuah bongkahan bukit karang yang cukup besar. Awalnya, pulau ini digunakan oleh nelayan setempat untuk mencari udang lobster. Namun karena tidak memungkinkan menggunakan perahu untuk menuju ke pulau itu, maka dibuatlah gondola gantung yang memudahkan para nelayan.

Gondola Gantung Legendaris

Pulau Timang
Pulau Timang (C) Pradika Purboretno/Travelingyuk

Di bagian inilah terletak gondola gantung yang cukup terkenal. Bahkan gondola ini pernah dipakai shooting reality show asal Korea; yaitu Running Man. Hal ini membuktikan bahwa Pantai Timang Jogja sudah terkenal di mancanegara. Untuk mencobanya, Teman Traveler perlu membayar kisaran Rp200 ribu untuk gondola gantung dan jika ingin menyusuri jembatan gantungnya, cukup dengan Rp150 ribu.

Teman Traveler harus ekstra hati-hati karena tidak ada tali pengaman. Ditambah lagi hembusan anginnya cukup kencang.

Nikmati Keindahan Sekitar

Jembatan gantung
Jembatan Gantung (C) Pradika Purboretno/Travelingyuk

Jika Teman Traveler tidak berminat untuk menyebrang menggunakan gondola maupun jembatan gantungnya,  masih bisa berselfie ria di sudut-sudut lainnya, kok. Pantai Timang Jogja sendiri memiliki banyak spot-spot menarik untuk selfie. Hanya perlu membayar kisaran Rp5 ribu untuk berpose di setiap spot yang disediakan.

Sayangnya, Pantai Timang Jogja ini belum disertai dengan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai. Belum ada rumah makan, namun sudah tersedia beberapa warung untuk menghilangkan dahagamu. Alangkah baiknya jika pengelolaannya lebih ditata lagi secara lebih profesional. Bagaimana, apakah Teman Traveler sudah pernah berkunjung ke pantai ini?

Tags
Indonesia Jogja Pantai Timang Travelingyuk Wisata
Share