Pantai Timang di Gunung Kidul, Pulau Karang Si Penakhluk Ombak Laut Selatan

Tak akan ada habisnya jika membicarakan keindahan dan keunikan pantai di kawasan Gunung Kidul. Salah satu kabupaten di Jogja ini dikenal dengan bukit karst yang membuat pesona pantainya tiada habisnya untuk dieksplor. Salah satunya Pantai Timang yang menawan dengan pulau karang si penakhluk ombak laut selatan.

Letaknya boleh jauh, yaitu sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota. Namun jangan khawatir, keletihan dan kepenatan selama perjalanan akan terbayar setelah sampai di pantai ini. Rute menuju lokasi juga sangat mudah, apalagi bantuan Google Maps yang siap mengantarkan sampai tujuan. Seperti apa keunikan dari objek wisata menakjubkan ini? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Pradika Purboretno berikut ini.

Akses Menuju Destinasi Cantik di Selatan Gunung Kidul

Jarak Pantai Timang dengan pemukiman penduduk cukup jauh. Setidaknya sekitar 1 jam berjalan kaki dengan pemukiman terdekat. Sebenarnya jika ditarik garis lurus, jaraknya hanya sekitar 1 km. Namun medannya yang berliku dan naik turun menyebabkan perjalanan cukup lama. Jika Teman Traveler membawa motor, cukup mudah perjalanan masuknya.

Teluk kecil di kawasan Pantai Timang
Teluk kecil di kawasan Pantai Timang (c)Pradika Purboretno/Travelingyuk

Pun demikian, harus berhati-hati karena jalannya terjal dan berupa susunan bebatuan yang cukup tajam. Tak mau lelah membawa motor? di sekitar tempat wisata ini ada ojek motor yang mematok tarif Rp50 ribu PP. Jika datang bersama rombongan atau banyak orang, bisa menyewa Jeep dengan tarif Rp350 ribu PP.

Keindahan Pantai dan Pulau yang Eksotis

Pantai Timang terbagi menjadi dua sisi. Untuk sisi pertama berupa bagian teluk kecil berpasir putih dengan ombak tidak terlalu besar. Di sekitar sini, cukup aman untuk bermain-main di pasir putihnya. Sedikit naik lagi, Teman Traveler akan menemukan maskot Pantai Timang itu sendiri. Apalagi kalai bukan pulau Timang yang berada di seberang pantai. Pulau Timang sendiri merupakan sebuah bongkahan bukit karang yang cukup besar.

Pulau Timang
Pulau Timang(c)Pradika Purboretno/Travelingyuk

Awalnya, pulau ini digunakan oleh nelayan setempat untuk mencari udang lobster. Karena tak memungkinkan untuk menggunakan perahu menuju ke pulau itu, dibuatlah gondola gantung untuk memudahkan para nelayan menuju ke sana. Kini, gondola tersebut tidak hanya digunakan nelayan, tapi juga wisatawan yang ingin mengabadikan momen menakjubkan di atas jembatan keren ini.

Sensasi Menyebrang di Atas Samudra

Gondola gantung ini makin terkenal karena digunakan sebagai tempat syuting reality show asal Korea, Running Man. Hal ini karena pantai ini cukup terkenal di mancanegara dan rutenya pun paling panjang dan mendebarkan. Untuk Teman Traveler yang ingin mencoba manaiki gondola ini, cukup menyiapkan uang sekitar Rp200 ribu. Jika ingin menelusuri jembatannya, hanya Rp150 ribu. Meski menggunakan peralatan keselamatan, tetap saja Teman Traveler harus hati-hati, mengingat hembusan angin yang cukup kencang.

Jembatan gantung
Jembatan gantung(c)Pradika Purboretno/Travelingyuk

Jika kalian tidak cukup punya nyali untuk menyebrang menggunakan gondola maupun jembatan gantungnya, Teman Traveler masih bisa berselfie ria di sudut-sudut lainnya. Pantai Timang sendiri memiliki banyak spot-spot menarik, namun sayang di setiap spot yang disediakan, diharuskan membayar sekitar Rp5.000. Beberapa wisatawan memang ada yang mengeluh untuk biaya liburan ke sini. Belum lagi fasilitasnya yang belum memadai. Termasuk, warung makan yang lebih sering buka. Pun demikian, keindahan pantai ini tak perlu diragukan lagi.

Selain Malioboro, Jogja punya sisi lain yang cantik dengan pantai menawan. Pastikan tidak melewatkannya saat berkunjung ke Kota Pelajar ini. Bagaimana, siap untuk jelajah pantai Timang di Gunung Kidul ini kan?

Tags
Gunung Kidul Indonesia Jogja Travelingyuk Wisata Gunung Kidul Yogyakarta
Share