Pantai Tanjung Tinggi, Pesona Belitung yang Kondang Berkat Laskar Pelangi

Teman Traveler masih ingat dengan film Laskar Pelangi? Dalam film besutan Mira Lesmana dan Riri Riza tersebut, sempat ada adegan para tokohnya berlarian seru, bermain di sebuah pantai indah dengan bebatuan granit raksasa. Nah, tempat tersebut bernama Pantai Tanjung Tinggi.

Pantai yang jadi lokasi syuting Laskar Pelangi (c) Rosita/Travelingyuk

Panorama yang disuguhkan di sana memang luar biasa indah. Sama persis dengan di film. Bisa jadi salah satu alternatif liburan Teman Traveler akhir pekan ini. Penasaran? Yuk, simak ulasan soal Pantai Tanjung Tinggi berikut ini.

Pantai Tanjung Tinggi, Pesona Alam Belitung

Deretan granit raksasa di bibir pantai (c) Rosita/Travelingyuk

Pulau Belitung memiliki banyak pantai indah. Masing-masing punya karakteristik tersendiri. Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Pantai Tanjung Tinggi. Destinasi ini mendadak populer sejak jadi lokasi syuting Laskar Pelangi.

Pantai indah ini berada di wilayah Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung dan sudah menjadi ikon wisata kawasan setempat. Lokasinya berjarak sekitar 30 meter dari Tanjung Padan. Berangkat dari Bandara HAS Hanandjoeddin, Teman Traveler akan butuh waktu kurang lebih 50 menit untuk sampai sini.

Pantai seluas 50 hektar ini menyuguhkan pemandangan pasir putih dengan perairan berwarna biru toska. Teman Traveler juga bisa menyaksikan deretan granit raksasa yang mengagumkan di bibir pantai. Hal ini jadi salah satu daya tarik utama Tanjung Tinggi.

Jangan buru-buru pulang, apalagi menjelang sore hari. Sebab sunset di Tanjung Tinggi merupakan salah satu yang terbaik di Belitung. Dijamin Teman Traveler gak bakal nyesel.

Populer Berkat Laskar Pelangi

Bebatuan granit membuat pantai ini unik (c) Rosita/Travelingyuk

Begitu memiliki kesempatan jalan-jalan ke Belitung, Teman Traveler tak perlu berpikir panjang. Langsung manfaatkan peluang berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi. Tak sedikit pula orang yang menyebutnya sebagai Pantai Laskar Pelangi, lantaran tempat ini memang sempat jadi lokasi syuting film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata tersebut.

Seiring kesuksesan film Laskar Pelangi, Tanjung Tinggi hampir tak pernah sepi wisatawan. Mereka datang berbondong-bondong dari berbagai daerah untuk menyaksikan langsung keindahan pantai ini. Teman Traveler bahkan bisa menemukan prasasti khusus yang menjelaskan soal bagaimana destinasi ini pernah jadi tempat pengambilan gambar film tersebut.

Deretan Granit Menjulang Tinggi

Bebatuan granit menjulang tinggi jadi ciri khas pantai ini (c) Rosita/Travelingyuk

Pantai Tanjung Tinggi tampak berbeda dibanding destinasi sejenis berkat keberadaan deretan granit raksasa di bagian pesisir. Bentuk dan ukurannya pun beragam. Keunikan ini yang lantas membuat banyak pelancong penasaran dan ingin membuktikan sendiri keindahan Tanjung Tinggi. Tak sedikit pula yang memanfaatkannya sebagai latar belakang berfoto.

Teman Traveler bebas menjelajah atau bahkan naik ke atas batu untuk memotret. Namun tetap hati-hati ya karena ada beberapa permukaan batu yang licin.

Bibir Pantai Tanjung Tinggi tidak terlalu panjang, sekitar 100 meter. Namun selain granit raksasa, ada hamparan pasir putih lembut dan permukaan air bercorak toska yang bakal bikin Teman Traveler betah berlama-lama di sini. Ombak di sekitar sini juga cukup tenang, cocok untuk bermain air.

Permukaan air laut berwarna toska yang bikin takjub (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Pantai Tanjung Tinggi, destinasi fenomenal yang sempat jadi lokasi syuting Laskar Pelangi dan kini digandrungi wisatawan. Yuk, segera wujudkan rencana liburan ke Belitung dan jangan lupa mampir ke sini.

Tags
Belitung kontributor Travelingyuk wisata belitung
Share