Pantai Tanjung Kelayang, Kepingan Surga di Belitung

Bicara keindahan alam Belitung memang takkan ada habisnya. Satu kepingan surga yang bisa Teman Traveler temukan ‘tercecer’ di sana bernama Pantai Tanjung Kelayang.

Memiliki hamparan pasir putih, berhiaskan tumpukan batuan granit, rasanya keindahan satu ini sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Yuk, simak pengalaman saya berkunjung kala berkunjung ke sana, Teman Traveler.

Berada Tak Jauh dari Tanjung Pandan

Salah satu spot favorit wisatawan (c) Rosita/Travelingyuk

Keindahan alam Belitung memang tak perlu diragukan lagi. Tanjung Kelayang sendiri merupakan nama salah satu kawasan sekitar yang memiliki pantai berkarakter unik. Letaknya tak terlalu jauh dari Tanjung Pandan, kurang lebih sekitar 27 kilometer.

Pantai Tanjung Kelayang berada di utara Belitung, tepatnya di Kecamatan Sijuk. Jika berangkat dari Tanjung Pandan, Teman Traveler akan butuh waktu kurang lebih 40 menit sebelum bisa sampai sini. Begitu tiba di tujuan, kalian bakal disambut tulisan ‘Welcome To Belitong’ berukuran besar.

Pasir Putih Hingga Tumpukan Granit

Batuan granit raksasa di sekitar pantai (c) Rosita/Travelingyuk

Tanjung Kelayang merupakan salah satu pantai Belitung yang tak pernah sepi wisatawan. Panorama di sini memang begitu memukau. Sejauh mata memandang, tampak garis pantai yang cukup panjang, hamparan pasir putih, dan permukaan laut biru.

Gelombang air di Tanjung Kelayang juga cukup tenang Teman Traveler. Cukup aman bagi kalian yang ingin coba menikmati segarnya lautan dengan berenang atau bermain air.

Suguhan pemandangan di Tanjung Kelayang juga tergolong unik. Selain hamparan pasir putih memukau, Teman Traveler bakal dibikin kagum dengan hiasan alam berupa tumpukan batu granit raksasa.

Tak banyak pantai di Indonesia yang memiliki karakteristik semenarik dan seeksotis Tanjung Kelayang. Bahkan ada beberapa bebatuan yang jika dilihat seksama memiliki bentuk mirip kepala burung. 

Primadona Belitung

Salah satu primadona wisata di Belitung (c) Rosita/Travelingyuk

Tanjung Kelayang merupakan salah satu pantai terbaik di Belitung. Meski popularitasnya masih kalah dengan Tanjung Tinggi, pantai tetangga yang pernah jadi lokasi syuting ‘Laskar Pelangi’, keindahan panorama di kawasan ini memang sulit dibantah.

Nama Kelayang sendiri diberikan lantaran di kawasan ini terdapat banyak burung kelayang. Hewan unggas tersebut kerap menghiasi langit di sekitar pantai, terutama di pagi hari.

Keliling Naik Kapal Nelayan

Deretan perahu nelayan siap mengantar wisatawan (c) Rosita/Travelingyuk

Selain menikmati keindahan sekitar, Teman Traveler juga bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling ke pulau-pulau terdekat. Salah satu yang cukup populer adalah Pulau Lengkuas. Pesona alam di sini tak kalah menarik dibanding Tanjung Kelayang.

Sekedar tips, harga sewa perahu akan lebih murah jika Teman Traveler datang dengan rombongan. Tak perlu sungkan, nelayan sekitar akan dengan senang hati mengantar kalian mengunjungi deretan pulau indah di sekitar Tanjung Kelayang.

Itulah sekilas ulasan mengenai Pantai Tanjung Kelayang, salah satu ‘kepingan surga’ yang luar biasa indah. Wajib Teman Traveler singgahi jika sedang liburan di sekitar Belitung. Bagaimana menurut kalian?

Tags
Belitung kontributor Travelingyuk wisata belitung
Share