Pantai Tanah Merah, Magis dan Eksotis Kutai Kartanegara

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dianugerahi beragam potensi wisata alam yang mempesona. Bukan cuma di Bali atau Pulau Jawa, namun juga di kawasan lainnya. Buktinya ada di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang siap menawarkan pemandangan mempesona di Pantai Tanah Merah.

Beda dari destinasi sejenis, Pantai Tanah Merah menawarkan nuansa yang berbeda. Di sini pengunjung akan menemui nuansa magis nan eksotis. Bukan cuma hamparan pasir putih, pantai unik ini juga dihiasi banyak pohon bakau dan pinus yang memberikan atmosfer syahdu.

Magis dalam Genggaman

Suasana di sekitar pantai
Suasana di sekitar pantai via Instagram zaynarifin13

Lokasi Pantai Tanah Merah bisa dibilang cukup strategis. Letaknya cukup dekat dengan pusat Kota Balikpapan dan tidak terlalu jauh dari Selat Makassar. Bagi sobat traveler yang berangkat dari Kota Beriman, hanya butuh waktu perjalanan kurang lebih selama satu jam.

Tidak mengherankan jika pantai ini termasuk salah satu destinasi wisata populer di Kutai Kartanegara. Banyak pelancong yang menjadikannya arena melepas penat di akhir pekan atau ketika musim liburan tiba. Tak sedikit pula yang sengaja mampir untuk berburu foto-foto cantik.

Nuansa Magis Hutan Pinus dan Bakau

Nuansa hutan pinus terasa magis
Nuansa hutan pinus terasa magis via Instagram risma.m.iqbal

Beberapa meter mendekati lokasi pantai, pengunjung akan disambut dengan hamparan pinus. Pohon-pohon gagah tersebut menjulang tinggi. Tak cuma melindungi dari panas dan angin, namun sekaligus memancarkan aura magis yang sulit digambarkan – mirip hutan-hutan di negara empat musim.

Memasuki area pantai, vegetasi yang bisa ditemui bakal semakin beragam. Pelancong akan melihat sejumlah pohon bakau tumbuh subur di bagian pesisir. Namun harap menyiapkan tenaga ekstra, karena untuk mencapai bagian bibir pantai masih harus berjalan sekitar kurang lebih 800 meter.

Pasir Putih Memanjakan

Pasir putih dan hutan bakau di Tanah Merah
Pasir putih dan hutan bakau di Tanah Merah via Instagram rhiezma18

Begitu sampai di bagian pesisir, indahnya hamparan pasir putih memanjakan mata bakal menyambut sobat traveler. Lahan di kawasan ini begitu landai, cocok untuk berjalan-jalan santai menikmati perairan sekitar, berlari-lari kecil bersama keluarga dan sosok terdekat, maupun rebahan rileks sambil memandangi panorama alam.

Tak jauh dari kawasan ini terdapat jembatan kayu yang cukup populer. Para pengunjung sering mengambil foto di titik ini, sementara komunitas penggemar fotografer juga kerap menjadikannya sebagai latar belakang untuk menghasilkan gambar indah.

Menanti Lembayung Surya

Matahari terbit di Tanah Merah
Matahari terbit di Tanah Merah via Instagram smdmudatraveller

Berlama-lama di Pantai Tanah Merah bukan ide yang buruk. Sembari menikmati pemandangan sekitar, kita juga bisa menanti indahnya matahari terbenam. Lembayung senja di pantai ini sungguh menghasilkan atmosfer syahdu. Siapapun yang melihatnya bakal merasa tentram, sejenak terlupa dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Itulah tadi sekilas gambaran mengenai keindahan dan daya tarik Pantai Tanah Merah. Atmosfernya magis dan menenangkan, cocok untuk melarikan diri sejenak dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan. Sobat traveler yang kebetulan tengah berada di Kutai Kartanegara bisa coba berkunjung dan membuktikan sendiri keindahannya.

Tags
Kalimantan Timur kutai kartanegara Wisata
Share