Pantai Pandawa? Mirip Ya Tebingnya, Tapi ini Pantai di Pacitan!

Sudah pernah ke Pantai Pandawa di Bali? Seperti inikah pemandangannya? Tebing-tebing kapur ini memang mirip seperti yang ada di pinggir jalan menuju ke Pantai Pandawa. Namun pemandangan keren ini bukan di Bali melainkan ada di kabupaten Pacitan, provinsi Jawa Timur. Satu-satunya kesamaan adalah jalan ini juga menuju ke pantai yang cukup populer di sana yaitu Pantai Taman.

Perbukitan yang dibelah untuk dijadikan rute jalur lintas selatan di Kabupaten Pacitan menghasilkan pemandangan yang indah berupa tebing kapur. Sekilas jika melewati daerah ini mengingatkan kita pada Pantai Pandawa di Bali yang juga memiliki tebing kapur. Hanya saja yang membedakan adalah tidak adanya patung-patung dari anggota Pandawa di tebing ini.

Pantai Taman [image source]
Jalur bertebing ini mengarahkan traveler pada sebuah obyek wisata yang cukup terkenal di Pacitan yaitu Pantai Taman. Pantai ini telah lama menjadi tujuan wisata penduduk setempat dan kian terkenal ke luar daerah setelah digunakan untuk syuting acara petualangan di TV yang berjudul My Trip My Adventure.

Pantai Taman [image source]
Daya tarik utama Pantai Taman adalah keberadaan Flying Fox terpanjang dan tertinggi di Indonesia. Bagi yang berani menaiki wahana ini mereka akan diuji nyalinya untuk meluncur sejauh hampir setengah kilometer dari ketinggian sekitar 60 meter. Sebelumnya traveler harus trekking ke puncak bukit serta membayar biaya Rp. 35 ribu untuk meluncur.

Sekilas Flying Fox ini tampak mengerikan karena sangat tinggi. Namun, setelah kamu mencoba sekali saja  dengan bergantung dan meluncur di atas pantai yang menjadi ikon wisata Pacitan ini, jangan harap bakalan ingin berhenti. Rasanya selalu ketagihan dan ingin mencoba lagi dan lagi.

Pantai Taman [image source]
Buat kamu yang benar-benar fobia ketinggian ada kegiatan lain yang bisa dilakukan. Pantai Taman telah memiliki fasilitas lengkap. Kamu bisa berenang di kolam renang pinggir pantai atau melihat penyu di penangkarannya. Yap, selain sebagai tempat wisata pantai ini juga menjadi pusat konservasi penyu di Pacitan. Traveler bisa melihat tukik atau anak penyu yang baru menetas hingga yang sudah dewasa. Pada waktu tertentu traveler bisa bergabung dalam kegiatan melepas tukik ke laut.

Pasir di sekitaran pantai juga cukup lembut untuk melakukan olaharga seperti lari, bermain bola, atau bermain gundukan di tanah. Kalau kamu bosan dengan pasir, silakan berkeliling dan berburu keindahan pantai dengan tebing tinggi dipenuhi semak hijau di sekelilingnya.

Pantai Taman [image source]
So, jika mau menikmati segala keindahan Pantai Taman termasuk rute jalan yang melewati tebing-tebing keren tadi kamu harus mengambil rute dari Pacitan melalui JLS alias jalur lintas selatan. Setelah itu kamu akan berjumpa dengan pertigaan dengan papan petunjuk menuju Pantai Taman. Cukup membayar Rp5.000,00 per orang untuk masuk ke kawasan pantai. Namun jika mau ke area konservasi dan kolam renang traveler harus membayar biaya tambahan.

Nama Wisata : Pantai Taman

Lokasi :  Hadiwarno, Ngadirojo, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Tags
Flying fox pacitan Pantai Taman Penyu
Share