Pantai Sundak Gunungkidul, ‘Mutiara’ Tersembunyi di Pesisir Pantai Jogja

Musim liburan telah tiba. Berbagai macam destinasi wisata favorit dipadati oleh turis, baik dalam maupun luar negeri. Salah satunya yang akan dibahas kali ini adalah Pantai Sundak di Gunungkidul, Jogja. Apa istimewanya destinasi yang satu ini? Simak ulasan berikut ini.

Terletak di Gugusan Pantai Gunungkidul

pasir_XcN.jpeg
Pasir pantai (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Gunungkidul dikenal memiliki gugusan pantai berjajar mengingat letaknya yang berada di bagian paling selatan Jogja. Perpaduan antara hamparan air laut yang jernih, pasir putih yang halus, ikan warna-warni yang banyak adalah beberapa faktor keindahan yang tercakup di sana.

Pantai Sundak sendiri terletak segaris dengan beberapa destinasi wisata favorit, seperti Pantai Indrayanti, Pantai Kukup, Pantai Pok Tunggal, dan Pantai Drini. Harga tiket masuknya hanya sebesar Rp 10.000.

Air Laut yang Jernih Hijau-Kebiruan dan Pasir Putih yang Lembut

air_hzB.jpeg
Air laut yang jernih (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Pantai Sundak memiliki karakteristik air laut yang sangat jernih dan memantulkan warna hijau-kebiruan. Saking jernihnya, kita bisa melihat biota laut apa saja yang terdapat di dalamnya. Tak lupa, pasir putih terhampar begitu indah di sepanjang garis pantai.

Pasir di Pantai Sundak cenderung memiliki tekstur yang lembut dan halus. Tentu saja ini bisa menjadi bahan yang sangat baik untuk dimainkan dan dibentuk sesuai keinginan, contohnya adalah istana pasir.

Bebatuan Besar di Tengah Laut

batu_sundak_ZgU.jpeg
Batu Besar di Tengah Laut (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Batu-batu besar di tengah laut yang menyerupai sebuah pulau kecil juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Sundak. Berfoto dengan latar belakang pasir pantai yang putih, air laut jernih hijau-kebiruan, dan batu besar unik menjadi favorit pengunjung karena menghasilkan foto yang instagramable karena keunikannya.

Bisa Bermain Snorkeling Juga, lho!

snorkeling_bDj.jpeg
Snorkeling di Pantai Sundak (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Bagi yang menyukai olahraga air snorkeling, bisa banget loh main snorkeling di Pantai Sundak. Air laut yang sangat jernih dan karang yang banyak tentu saja menjadi alasan terbaik untuk menjelajahi dan melihatnya secara langsung dengan snorkeling.

Di sini, juga disediakan tempat penyewaan alat snorkeling sepaket dengan sepatu karang yang menjaga kaki tidak terluka saat menginjak karang. Harga sewanya pun terbilang sangat murah, yaitu hanya sebesar Rp25.000.

Bercengkerama dengan Ikan Kecil

ikan_A3X.jpeg
Ikan-ikan di Pantai Sundak (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Air laut yang jernih dan karang yang banyak ditemui di bawah laut, menjadikan Pantai Sundak banyak terdapat ikan-ikan kecil berwarna-warna. Ikan-ikan ini dapat dilihat dengan jelas dengan melakukan snorkeling.

Warna-warni ikan ini tentu saja tidak semua pantai memilikinya. Bercengkerama dengan biota laut tersebut pasti akan menjadikan kadar kebahagiaanmu meningkat.

Itulah tadi sekilas ulasan tentang Pantai Sundak di Gunungkidul. Bagaimana? Tertarik berwisata ke sana? Jangan lupa, Jogja juga terkenal dengan wisata kulinernya loh!

Tags
Gunungkidul Indonesia Jogja kontributor pantai sundak gunungkidul Travelingyuk wisata jogja Yogyakarta
Share