Pantai Srau Pacitan, Tawarkan Tiga Pesona Alam Berbeda

Teman Traveler rindu suasana pantai? Nih, saya beri satu referensi destinasi menarik di Kabupaten Pacitan. Dari sekian pantai di kampung halaman Presiden SBY tersebut, Pantai Srau merupakan salah satu yang paling unik. Di sini kalian bisa menikmati tiga sisi keindahan, masing-masing menawarkan sensasi berbeda.

Srau sendiri termasuk jajaran pantai selatan dan berada dekat dengan Pantai Watukarung, salah satu destinasi surfing favorit turis asing, serta Pantai Kasap, yang tersohor dengan julukan Raja Ampatnya Jawa.

Pantai Srau miliki permukaan laut berwarna biru (c) Layangseta/Travelingyuk

Srau juga memiliki area sangat luas dan rindang karena banyak pohon kelapa tumbuh di sekitarnya. Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap, mulai dari toilet hingga musholla. Sangat cocok untuk piknik keluarga maupun rombongan. Cukup menggelar tikar, kalian sudah bisa bersantai sambil nikmati suasana pantai.

Oke, tanpa bertele-tele lagi, mari kita simak bersama apa saja tiga sisi keindahan yang ditawarkan Pantai Srau.

Sisi Timur Tawarkan Ombak Tenang

Sisi timur, tempat terbaik melihat sunrise (c) Layangseta/Travelingyuk

Srau memiliki beberapa sub pantai yang tawarkan sensasi berbeda. Sisi timur, dekat lokasi parkir, tidak memiliki ombak besar karena terpecah bukit karang di selatan. Teman Traveler bakal aman bermain air di sini. Hamparan pasir luas juga memungkinkan kalian leluasa melakukan beragam aktivitas.

Hamparan pasir luas untuk bermain (c) Layangseta/Travelingyuk

Sisi ini juga jadi tempat terbaik untuk menikmati sunrise dengan tambahan panorama gugusan batu karang, menjorok dari sisi selatan dan utara. Deburan ombak yang begitu lembut bisa kalian nikmati sembari duduk di pasir atau gazebo. Jika sudah begini, waktu akan terasa lebih lambat dari biasanya.

Batu Karang Kokoh di Selatan

Sisi selatan berbukit terjal (c) Layangseta /Travelingyuk

Kawasan kedua adalah pantai yang menghadap ke selatan. Area paling luas dibanding dua lainnya. Teman Traveler bisa menjelajah gugusan batu karang besar dari ujung sampai ke ujung. Tapi hati-hati karena banyak tebing curam nan berbahaya. Tetap waspada, meski tempat ini sering disambangi penduduk sekitar untuk memancing.

Berjalan sedikit ke arah barat, Teman Traveler akan menemukan pantai lain yang lebih landai. Hamparan pasirnya juga cukup luas. Cocok untuk bermain bol maupun outbond. Kalian juga bisa melihat cekungan karang di sini. Cukup unik, bisa jadi spot menarik untuk berfoto.

Sisi Barat dengan Ombak Besar

Sisi barat lebih sempit, namun cocok untuk menikmati sunset (c) Layangseta/Travelingyuk

Satu hal paling spesial dari Srau adalah Teman Traveler bisa menyaksikan panorama sunset indah dari bibir pantai. Meskipun ombak di wisata Pacitan ini lebih ganas, keelokan alam yang ditawarkan benar-benar unik dan tidak dimiliki spot lain.

Untuk mencapai pantai ini, Teman Traveler harus melewati jalan beraspal mulus, namun sempit, berkelok, dan naik turun. Bagi yang baru pertama kali ke sini, tak usah khawatir tersesat. Ada banyak petunjuk arah mulai dari jalan raya utama.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pantai Srau, destinasi yang tawarkan sensasi alam lengkap dalam satu lokasi. Teman Traveler bisa menikmati panorama sunrise, sunset, sekaligus pantai karang eksotis.  Sedikit catatan, harap ekstra hati-hati selama berada di sini. Ada banyak batu karang tajam nan berbahaya. Selain itu, kedatangan ombak juga kadang cukup mengagetkan.

Tags
Indonesia kontributor pacitan Travelingyuk Wisata Pacitan
Share