Pantai Sigandu, Destinasi Unggulan Batang yang Menjadi Rumah Para Satwa

Berada di Jawa Tengah, Batang merupakan sebuah kabupaten yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari perbukitan dan pegunungan. Selain itu, kawasan ini juga juga berbatasan dengan laut Jawa Utara. Nah, ada salah satu tempat yang menjadi destinasi unggulan Batang yaitu Pantai Sigandu. Tak hanya bisa bermain-main di pantai, Teman Traveler juga bisa menemukan beragam jenis satwa yang tinggal di sekitar kawasan. Seperti apa keunikannya? Simak yuk!

Pantai Sigandu

Pemandangan matahari terbenam di Pantai Sigandu
Pemandangan matahari terbenam di Pantai Sigandu via Instagram/idrissaelany

Bagi Teman Traveler yang sedang liburan dan mencari tempat dengan pemandangan indah, bisa berkunjung ke Pantai Sigandu yang berada di Desa Klidang Lor, Kecamatan Batang. Pantai ini menawarkan panorama matahari terbenam yang indah, tak heran pada sore hari tempat ini ramai wisatawan. Selain itu, pantainya juga aman untuk berenang karena cenderung memiliki ombak yang tenang.

Suasana juga terasa asri karena sepanjang jalan pantai dikelilingi oleh pohon cemara yang membuat udara semakin sejuk. Beragam fasilitas lain juga disediakan seperti adanya ATV, gazebo, flying fox, tiolet, dan juga mushola.

Batang Dolphin Center

Batang Dolphin Center
Batang Dolphin Center via Instagram/tiqozone

Selain bisa menikmati indahnya pantai, Teman Traveler juga bisa berkunjung ke Batang Dolphin Center (BDC)  yang merupakan konservasi lumba-lumba. BDC bekerjasama dengan Taman Safari Indonesia dan Badan Konservasi Sumber Daya Alam dengan menampilkan atraksi lumba-lumba yang menarik. Pertunjukkan lumba-lumba ini berlangsung setiap hari mulai dari jam 11.00, 13.00, dan 15.00 sore.

Tak hanya melihat atraksi, pengunjung juga bebas untuk berfoto bersama dan juga menambah pengetahuan tentang hewan tersebut. Wisatawan yang datang akan ditarik biaya sebesar Rp25.000 per orangnya. BDC dilengkapi dengan akuarium ikan, kolam penyu, dan juga Taman Safari.

Adanya Mini Safari

Mini Safari
Mini Safari via Instagram/faishal.faiq

Taman Safari atau yang kerap disapa Mini Safari juga merupakan bagian dari BDC. Di dalam tempat tersebut Teman Traveler dapat menemukan beberapa hewan seperti macan tutul, burung, unta, zebra, kuda, orangutan, dan lain-lain. Pengunjung dapat dengan bebas menyaksikan beberapa hewan tersebut sambil berfoto-foto, juga menungganginya. Untuk berfoto, biaya yang harus dikeluarkan mulai dari Rp5.000, ikut memberi makan juga Rp5.000, dan Rp10.000 untuk biaya menunggangi kuda atau unta.

Akses Menuju Pantai Sigandu

Pantai Sigandu
Pantai Sigandu via Instagram/idrissaelany

Untuk menuju ke pantai, akses jalannya cukup mudah. Jika berangkar dari kota Batang, Teman Traveler bisa berkendara sepanjang 4 km ke arah utara dan hanya membutuhkan waktu selama 10 menit saja. Selain itu juga wisatawan juga dimudahkan dengan adanya papan petunjuk yang ada di mana-mana. Namun, jika masih merasa kesulitan bisa menggunakan aplikasi penunjuk arah yang ada di smartphone. 

Ternyata, tak hanya menikmati indahnya Pantai Sigandu, Teman Traveler juga bisa belajar tentang satwa yang dilindungi di sini. Bagaimana, kapan merencanakan liburan ke Batang?

Tags
Batang Indonesia Jawa Tengah pantai sigandu Wisata wisata batang
Share