Menikmati Gradasi Warna Laut dan Pasir Putih Pantai Rancabuaya di Garut

Advertisement
Pantai Rancabuaya (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Keindahan pantai memang kerap menarik perhatian para wisatawan. Nggak heran kalau dari sederetan pantai di Indonesia, banyak yang selalu ramai dikunjungi. Buat Teman Traveler yang ingin menikmati suasana pantai yang tidak terlalu ramai, bisa mengunjungi Pantai Rancabuaya di Garut, Jawa Barat.

Rute Menuju Pantai Rancabuaya

Dari kota Garut, Pantai Rancabuaya berjarak sekitar 123 km. Kamu bisa berkendara menuju daerah Cikajang. Di daerah ini, pemandangan hamparan perkebunan teh akan menyapamu. Ikuti jalan utama Cikajang sampai ke daerah Pameungpeuk. Saat menemukan pertigaan Pameungpeuk, belok ke kanan dan terus ke arah barat mengikuti papan petunjuk ke arah Pantai Rancabuaya.

Perkebunan Teh di Daerah Cikajang (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Pantai Rancabuaya tepatnya terletak di daerah Purbayani, Kecamatan Caringin. Sebelum mencapai Pantai Rancabuaya, kamu bakal melewati beberapa pantai. Karena jarak pantai-pantai ini cukup berdekatan, kamu bisa mengunjungi setelah dari Pantai Rancabuaya.

Sawah Pinggir Laut di Rancabuaya (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Saat melakukan perjalanan dari Cikajang ke Pameungpeuk, kamu harus ekstra hati-hati. Jalur yang berkelok-kelok bisa membahayakan jika kamu tidak fokus. Meski begitu, kondisi jalannya sudah baik dengan pemandangan yang menakjubkan. Selain dari kota Garut, kamu juga bisa memilih jalur dari daerah Pangelangan dengan menyusuri jalan jalur selatan.

Perpaduan Gradasi Warna Air Laut, Batu Karang, dan Pasir Putih

Pasir Putih dan Laut Biru di Pantai Rancabuaya (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Pantai Rancabuaya memiliki pasir putih bersih, berbeda dengan beberapa
pantai di Garut yang pasir pantainya bercampur warna hitam karena mengandung pasir besi. Selain pasir putih, warna air lautnya juga sangat cantik. Gradasinya terlihat jelas dari hijau ke biru cerah sampai biru gelap. Ditambah dengan hamparan batu karang di sepanjang pantai dan suasana yang relatif sepi, menjadikan Pantai Rancabuaya begitu memesona.

Momen Ombak Ketika Menabrak Batu Karang (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Teman Traveler bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan ketika ombak menabrak batu karang di pinggir pantai. Momen ini sangat layak untuk dipotret. Tapi kamu harus tetap berhati-hati saat memotret, karena sewaktu-waktu ombak bisa berubah besar. Satu lagi, Pantai Rancabuaya memilki spot yang sangat baik untuk menikmati momen matahari terbenam.

Aktivitas di Pinggir Pantai

Memasang Hammock di Pinggir Pantai (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Saat mengunjungi Pantai Rancabuaya, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan. Seperti berjalan santai sembari memotret pemandangan di antara batu karang atau melihat-lihat aktivitas nelayang di pinggir pantai. Kamu juga bisa duduk di gazebo yang disediakan, beristirahat sambil menikmati makanan khas Garut. Mau tidur-tiduran di pinggir pantai tanpa takut terkena pasir? Bisa pasang hammock di antara pohon-pohon di pinggir pantai. Angin sepoi-sepoi dan suara deburan ombak bagai lantunan lagu pengantar tidur.

Harus selalu hati-hati

Seorang Anak Berjalan di antara Batu Karang (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Di sini kamu kadang bisa melihat anak-anak yang sedang berenang sambil menggunakan papan luncur. Kemungkinan anak-anak itu adalah penduduk asli yang sudah terbiasa berenang di sana. Sebenarnya, dengan batu karang di sepanjang pantai, Pantai Rancabuaya menjadi tempat yang kurang cocok untuk berenang. Jika tidak hati-hati, kamu bisa terkena batu karang. Selalu perhatikan tanda larangan berenang yang telah dipasang, agar bisa menghindari bahaya dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Bermalam di Pantai Rancabuaya

Penginapan di Pantai Rancabuaya (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Buat kamu yang ingin menginap, ada beberapa penginapan dengan harga beragam tak jauh dari pantai. Bisa juga berkemah di pinggir pantai Tentunya, kamu harus meminta izin terlebih dulu kepada petugas pantai.

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Rancabuaya, kamu cukup membayar Rp5.000 di hari biasa dan Rp10.000 pada akhir pekan dan hari libur. Jangan lupa untuk pergi ke air terjun yang tak jauh dari Pantai Rancabuaya. Air terjun ini ada di sebuah tebing yang airnya langsung jatuh ke area Pantai Rancabuaya.

Advertisement
Tags
Pantai di Garut Pantai di Jawa Barat pantai Indonesia Pantai Rancabuaya Wisata alam Garut Wisata Alam Jawa Barat
Share