Pantai Parangtritis Telan Korban, Teman Traveler Wajib Perhatikan Tips Ini

Pantai Parangtritis baru saja memakan korban. Seorang wisatawan ditemukan tak bernyawa di tengah lautan Jogja, usai sebelumnya mengindahkan peringatan petugas pantai. Tragedi ini seolah jadi catatan hitam pariwisata Indonesia di awal 2019.

Parangtritis sebenarnya termasuk destinasi wisata relatif aman. Namun para pengunjung tetap harus memperhatikan sejumlah hal demi mencegah terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Wisatawan Ditelan Ombak

Tim SAR berhasil evakuasi salah satu korban selamat
Tim SAR berhasil evakuasi salah satu korban selamat via Instagram.com/boyolalikita

Wisata Indonesia digegerkan berita soal empat wisatawan yang jadi korban gulungan ombak Pantai Parangtritis, Jogjakarta. Minggu (6/1) sore dilaporkan rombongan pelancong asal Karang Anyar tersebut nekat bermain air di kawasan Parangtritis. Padahal petugas sudah berulangkali memperingatkan untuk tidak melakukannya.

 

View this post on Instagram

 

#BANTUL PANTAI SELATAN MENELAN KORBAN JIWA… DETIK DETIK EVAKUASI 4 KORBAN TENGGELAM DI PARIS. 1 HILANG 3 TERSELAMATKAN SAR. . Minggu 06/01/2019 sore, Pantai Parang Tritis Bantul memakan 4 korban. 3 korban berhasil di selamatkan Tim Sar Parang Tritis dan 1 korban sampai saat ini masih dalam pencarian. Di ketahui MALIK SADIKIN NUGROHO, 25 th. SARYONO, 20 th. BAMBANG IRAWAN, 18 th dan RAHMAT TRI PRASTYO, 20 th ke empat korban merupakan wisatawan asal Ngeblak Munggur Mojogedang Karang Anyar Jawa Tengah, saat bermain air di pantai terseret gelombang akhirnya tenggelam. Menurut keterangan dari Sekretaris Sar Paris M. Arief Nugroho bahwa ke empat korban merupakan rombongan dari #KarangAnyar yang berkunjung ke pantai Parang Tritis. Sesampainya di pantai, mereka langsung bermain air. Saat ada ombak besar ke empatnya terhantam ombak dan terseret ke tengah hingga tenggelam. Awalnya petugas sudah memberi peringatan berkali kali melalui corong speker dari Posko Sar, tetapi tidak di hiraukan. Beruntung yang tiga korban berhasil di selamatkan, tetapi nasib apes menimpa Rahmad Tri Prasetyo karena sampai saat ini belum bisa di ketemukan. “Saat ini kami turunkan seluruh personil untuk Operasi Sar pencarian korban yang masih hilang belum ketemu baik melalui penyisiran darat dan melalui laut menggunakan kapal. Dan kami menghimbau tidak bosan bosan kepada wisatawan agar selalu berhati hati dalam bermain air di pantai dan mohon taati himbauan petugas yang ada di pantai” //Ali Sutanto, Komandan Sar Parang Tritis Bantul. . By : @updatedisini #updatedisini #news #sarparis #parangtritis #pantaiparangtritis

A post shared by Jogja Seni (@jogjaseni) on

Keempatnya lantas terseret ke tengah laut usai tiba-tiba ombak besar muncul. Tiga orang bisa diselamatkan tim SAR pada hari yang sama. Sementara itu, satu orang bernama Rahmat Tri Prasetyo nasibnya tidak terlalu beruntung. Tubuhnya ditemukan dalam keadaan tak bernyawa pada Selasa (8/1) pagi, sebagaimana dilansir Tribun.

Pantai Parangtritis Simpan Bahaya

Ada bahaya di balik indahnya Parangtritis
Ada bahaya di balik indahnya Parangtritis via Instagram.com/abdulhalimlubis_

Di balik panorama alamnya yang memukau, Pantai Parangtritis menyimpan potensi bahaya. Teman Traveler disarankan berhati-hati jika tak ingin mengalami kejadian seperti empat wisatawan di atas.

Meski sepintas terlihat landai, Parangtritis sebenarnya memiliki semacam palung atau cekungan. Hal ini dapat membahayakan pengunjung dengan resiko tenggelam atau terseret ombak. Sebaiknya Teman Traveler tidak berenang terlalu jauh ketika mengunjungi Parangtritis.

Tips Aman Bermain di Parangtritis

Sebaiknya tak bermain air terlalu jauh di Parangtritis
Sebaiknya tak bermain air terlalu jauh di Parangtritis via Instagram.com/adhyprasetiya

Ada beberapa tips aman bermain di Parangtritis yang bisa Teman Traveler praktekkan. Pertama tentu saja selalu mendengarkan saran atau pengumuman dari petugas pantai. Mereka-lah yang paling tahu soal kondisi terkini arus laut dan situasi terbaik untuk para pengunjung.

Berikutnya, perhatikan rambu-rambu dan larangan yang ada. Jangan sampai masuk ke zona yang sebenarnya sudah dilarang dikunjungi. Selain itu perhatikan pula waktu kunjungan, bulan Juni-Juli adalah masa peralihan antara musim pasang dan surut.

Bahaya Ubur-ubur juga Mengintip

Ilustrasi ubur-ubur
Ilustrasi ubur-ubur via Instagram.com/andygalibnugroho

Selain ombak dan palung, Pantai Parangtritis juga menyimpan bahaya dari ubur-ubur. Daerah ini sering jadi tempat munculnya binatang bertentakel tersebut. Wisatawan yang tak berhati-hati akan rawan terkena sengatannya.

Sengatan ubur-ubur cukup beracun dan mereka yang terkena biasanya akan merasakan gejala panas tinggi. Bahkan ada pula yang mengalami sesak nafas. Namun jika ditangani secara tepat, kondisi tersebut bisa hilang hanya dalam waktu satu setengah jam.

Itulah sedikit penjelasan mengenai tragedi yang menimpa wisatawan di Parangtritis, beserta tips aman bermain di sana. Menikmati keindahan sebuah destinasi boleh-boleh saja, tapi Teman Traveler jangan lupa untuk tetap hati-hati dan menjaga kewaspadaan.

Tags
info terbaru Jogjakarta tips dan inspirasi Wisata
Share