Mampir ke Pantai Pangandaran, Seru dari Pagi sampai Malam

Pantai Pangandaran masih jadi primadona wisata bagi banyak orang. Destinasi ini kerap dipenuhi pengunjung ketika musim liburan tiba. Jika ingin mampir, sebaiknya Teman Traveler rencanakan dulu aktivitas apa yang akan dilakukan di sana.

Saya sendiri sudah sempat mengunjungi Pantai Pangandaran beberapa saat lalu. Beragam keseruan saya alami, terasa menyenangkan dari pagi hingga sore. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Melihat Matahari Terbit di Pantai Timur

Panorama fajar di pantai timur (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Setelah bangun dan menunaikan ibadah pagi, Teman Traveler bisa awali hari dengan melihat matahari terbit. Pantai Timur Pangandaran merupakan spot terbaik untuk melakukannya. Kalian bakal disuguhi panorama cakrawala luas tanpa penghalang. Langit seolah terlihat berbatasan langsung dengan laut.

Teman Traveler tak perlu khawatir kehabisan tempat. Kawasan ini sangat luas. Kalian bisa habiskan waktu sepuasnya untuk menikmati indahnya mentari pagi.

Nelayan Menarik Jala

Nelayan sedang menarik jala (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Tak lama setelah mentar terbit, para nelayan bakal kembali dari tengah laut. Bakal ada banyak perahu menghampiri pesisir Pantai Timur Pangandaran, sementara nelayan lain bersiap di pinggir pantai untuk mengambil ujung jala. Dalam hitungan detik, dimulailah kegiatan menarik tali jala.

Pemandangan menarik ini biasanya bakal melibatkan enam sampai sepuluh nelayan. Secara bergantian mereka maju sambil menarik tali jala. Teman Traveler bisa mengamatinya dengan sabar, laantaran tali yang ditarik panjangnya bisa mencapai puluhan meter.

Ikan hasil tangkapan (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Begitu semua selesai, Teman Traveler bisa menghampiri untuk melihat hasil tangkapan mereka. Ada ikan dengan berbagai ukuran, udang, cumi, kepiting, bahkan ubur-ubur. Hasil tangkapan ini biasanya akan dikumpulkan dan dijual di tempat pelelangan ikan.

Bermain di Pantai

Bermain di banana boat pinggir pantai (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Ketika matahari sudah sedikit naik, Teman Traveler bisa mulai lakukan aktivitas di pantai. Kalian bisa coba beberapa wahana air menantang seperti banana boat di Pantai Timur Pangandaran. Namun hanya sekedar berenang atau bermain pasir, sebaiknya ke Pantai Barat saja. Di sana ombaknya relatif tenang dan perairannya tak terlalu dalam.

Bermain pasir sekitar pantai (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Teman Traveler harus perhatikan tanda yang dipasang petugas pantai. Bisa jadi di beberapa bagian terdapat pusaran arus kuat. Jika ingin melakukan keseruan lain, kalian bisa coba naik kuda atau naik perahu sampai ke Pasir Putih dekat cagar alam. Biaya untuk menjajal semua wahana tersebut beragam, pandai-pandailah menawar.

Cara Unik Melelang Ikan

Kesibukan di pelelangan ikan (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Sekitar pukul sebelas siang, pergilah ke tempat pelelangan ikan di dekat dermaga. Di sana para nelayan bakal secara bergantian melelang hasil tangkapan mereka. Semua dipilah berdasarkan jenis dan ukuran, sebelum kemudian ditimbang.

Berikutnya, mereka yang tertarik membeli akan berkumpul. Seorang pemimpin lelang sekaligus anggota koperasi akan membantu menentukan harga. Teman Traveler jangan bayangkan proses ini seperti di film-film. Pemimpian lelang bakal dengan cepat menyebutkan harga yang ditawarkan. Jika baru pertama kali lihat, pasti akan bingung.

Setelah sepakat dengan harga, hasil lelang akan dicatat dan pemenang lelang bakal mendapat tiket sebagai bukti transaksi. Tiket selanjutnya akan diserahkan pada pengelola lelang untuk ditukar dengan hasil laut.

Warung di dekat pelelangan (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Setelah menyaksikan proses pelelangan ikan, Teman Traveler bisa memesan makan siang di warung dekat sana. Ada sebuah gazebo yang bisa
kalian gunakan untuk istirahat sembari bersantap. Pemandangan di sekitarnya cukup menarik. Kalian bakal disuguhi deretan rumah khas nelayan dan perahu di pinggir dermaga.

Matahari Terbenam di Pantai Barat

Tempat melihat sunset (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Pangandaran merupakan pantai unik. Baik sisi barat maupun timur suguhkan pemandangan yang sama indah. Mau melihat panorama matahari terbit atau terbenam, dua-duanya bisa. Jika ingin menikmati indahnya sunset Teman Traveler bisa langsung ke kawasan Pantai Barat. Banyak yang bilang belum ke Pangandaran jika belum berpose di sini.

Makan dan Jalan-Jalan Malam

Begitu malam tiba, kawasan Pangandaran biasanya dipenuhi kendaraan warna-warni dan musik. Teman Traveler bisa menyewa kendaraan tersebut untuk berkeliling kawasan sekitar. Kalian juga bisa menjelajah ke kawasan dekat cagar alam untuk melihat kawanan rusa di pinggir jalan. Begitu puas, lanjutkan dengan menyantap hidangan laut di salah satu warung atau restoran yang ada.

Itulah sejumlah keseruan yang bisa Teman Traveler lakukan saat di Pantai Pangandaran. Sebagai tambahan, jangan lupa mampir ke cagar alam dan membeli oleh-oleh khas setempat. Selamat berlibur!

Tags
kontributor Pangandaran Travelingyuk wisata pangandaran
Share