Kano Hingga Paralayang, Inilah 5 Kegiatan Seru di Pantai Pandawa Bali

Yudi Rahmatullah

Yudi Rahmatullah

On Indonesia
Pemandangan di Pantai Pandawa Pemandangan di Pantai Pandawa
Pantai Pandawa (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk
Pantai Pandawa (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk

Jika Teman Traveler senang mengeksplorasi setiap sudut tempat wisata, akan banyak hal tak terduga bisa kalian temukan. Seperti halnya ketika saya berada di Bali.

Tadinya, saya hanya tahu Pantai Kuta saja dan berniat menghabiskan seharian di sana dengan berenang serta duduk-duduk sekitar situ. Tetapi, setelah ngobrol dengan beberapa orang, ternyata ada Pantai Pandawa yang tidak kalah menarik dan unik.  

Untuk menuju sana, saya hanya menyewa motor seharga Rp70.000 per hari. Saya sudah bisa puas menikmati indahnya Pantai Pandawa, plus berkeliling daerah sekitarnya.

Ada beberapa hal unik dan kegiatan menarik menanti Teman Traveler di pantai Kuta Selatan ini. Beberapa di antaranya adalah:

Bersantai dan Berjemur

Putihnya Pasir di Pantai Pandawa (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk
Putihnya Pasir di Pantai Pandawa (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk

Tiket masuk pantai Pandawa hanya Rp8.000 dan biaya parkir motor Rp2.000. Tetapi panorama di sini luar biasa indahnya, bahkan tidak sebanding dengan beberapa ribu rupiah saja.

Panas? Pasti. Tapi dengan pemandangan yang teramat cantik, siapa pun akan lupa dengan teriknya matahari di area pantai ini. Birunya langit cerah dan laut terlihat sangat elok dan memanjakan mata.

Payung-payung di Pantai Pandawa (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk
Payung-payung di sekitar pantai (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk

Teriknya matahari sekitar pantai membuat pengelola menyediakan penyewaan matras dan payung. Dengan merogoh kocek Rp50.000 Teman Traveler sudah bisa bersantai menikmati birunya laut dan hijaunya perbukitan.

Berjemur di atas putihnya pasir pantai juga tak kalah asyik. Dengan catatan, jangan sampai datang terlalu siang atau sore karena akan terasa semakin panas dan menyilaukan mata. Air laut juga bakal mulai surut, jadi kamu akan kesulitan bermain di pantai.

Jalan-jalan di Sekitar Ukiran Tebing

Area dataran tinggi di Pantai Pandawa (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk
Area dataran tinggi sekitar pantai (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk

Begitu melewati loket pembayaran tiket, Teman Traveler jangan buru-buru menuju area pantai. Menyusuri jalan menurun di kawasan ini akan terasa sangat luar biasa jika kamu memperlambat laju kendaraan.  

Nikmati pemandangan dari dataran tinggi. Percayalah, semuanya akan terlihat sangat luar biasa, keindahan daerah sekitar Pantai Pandawa bakal tampak jelas dan lengkap.

Patung-patung di Goa Pantai Pandawa (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk

Dari sini kamu bisa melihat bekas-bekas pahatan tebing yang tampak begitu rapi. Kehadiran sederet Patung Pandawa dalam gua seolah menambah keindahan tebing sekitar pantai. Teman Traveler bisa melihat gagahnya Patung Bima dan Dharma Wangsa.  

Bermain Surfing

Surfing di Pantai Pandawa (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk
Surfing di asyik di sekitar pantai (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk

Waktu paling tepat bermain surfing mungkin sekitar pagi dan siang hari, karena arus laut tidak begitu besar. Ombaknya juga lebih bisa dikendalikan. Pengecualian jika Teman Traveler sudah jago berselancar, tentu kalian bisa puas mengarungi ombak sepanjang hari. .  

Meski demikian, kalian harus tetap memperhatikan informasi dari penjaga pantai. Kapan saat aman untuk bermain surfing dan kapan harus berhenti. Pasalnya arus laut kadang susah diprediksi dan bisa merepotkan para peselancar.    

Jernihnya laut di Pandawa tentu memudahkan untuk melihat ombak serta mencari papan selancar, jika sampai terlepas dan masuk dalam air. Oh ya, lebih baik membawa surfing board sendiri atau menyewa di tempat lain, karena di sini tidak ada tempat penyewaan.

Mencoba Paralayang

Paralayang di Pantai Pandawa (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk
Paralayang di sekitar Pandawa (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk

Karakteristik daerah sekitar Pandawa yang berbukit sangat ideal untuk paralayang. Teman Traveler bisa mencoba olahraga memompa adrenalin ini dengan terlebih dulu menapaki bukit, menuju tempat lepas landas.  

Paralayang di Pantai Pandawa (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk
Paralayang di sekitar pantai (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk

Sensasi melayang di udara dan mendarat di sekitar Pantai Pandawa sangat menarik minat wisatawan, domestik maupun mancanegara. Jangan khawatir jatuh, karena kamu akan dibantu orang-orang yang sudah ahli.

Mendayung Kano

Mendayung Kano di Pantai Pandawa (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk
Wisata mendayung kano (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk

Sore hari, permainan kano jadi pilihan favorit wisatawan. Seperti yang sudah disebutkan, pada saat itu air laut dan ombak di sini bakal lebih tenang.

Biasanya yang bermain kano adalah anak-anak muda. Mereka menghabiskan sore sembari menunggu sunset. Barisan perahu kano yang memadati pantai bakal jadi pemandangan tersendiri untuk Teman Traveler nikmati. 

Jika ingin mencobanya, Teman Traveler wajib merogoh kocek Rp25.000/jam untuk menyewa kano single dan Rp50.000 untuk tipe double. Dengan udara sore yang tak terlalu panas, kamu akan betah berlama-lama mendayung kano sambil menikmati jernihnya perairan Pantai Pandawa.

Oke, Teman Traveler, itulah lima kegiatan yang bisa kamu lakukan di Pantai Pandawa. Kamu bisa mencoba berbagai macam olahraga yang tersedia di pantai ini atau hanya bersantai di area pantainya. Selamat Mencoba!