Pantai Pandansari, Pantai di Jogja Kembaran Pulau Lengkuas di Belitung

Salah satu destinasi impian traveler di Indonesia adalah Pulau Lengkuas yang ada di Belitung. Pulau ini terkenal karena memiliki pantai yang indah dengan formasi batuan yang unik serta keberadaan mercusuar yang menarik perhatian. Di Jogja, ada tempat yang akan membuatmu serasa liburan di Negeri Laskar Pelangi tersebut yaitu Pantai Pandansari. Intip yuk semirip apa pantai ini.

Pantai-pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta mulai dari Kabupaten Gunungkidul hingga Kulon Progo umumnya memiliki karakteristik yang sama yaitu berombak besar. Pun demikian lanskap alam yang ditampilkan berbeda-beda dengan keindahannya masing-masing. Namun ada satu yang dapat dibilang paling unik yaitu Pantai Pandansari.

Pantai Pandansari dilihat dari atas mercusuar, via instagram
Pantai Pandansari dilihat dari atas mercusuar, via instagram

Pantai Pandansari adalah pantai yang terletak di desa Gadingsari, kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul berjarak kurang lebih 30 km dari kota Jogja dan dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan. Pantai ini berada di daerah landai sehingga traveler tidak perlu trekking bukit untuk sampai di bibir pantainya.

Hanya saja saat pertama kali tiba di lokasi para pengunjung akan dihadapkan pada sederetan panjang pohon cemara udang yang menutupi kawasan pesisirnya. Pantai ini memang bukan spot yang asyik untuk bermain air sebab pantai ini memiliki ombak yang besar dan pasir yang berwarna cokelat kehitaman. Namun ada aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan disana.

Pantai Pandansari beserta kebun buah naga, via instagram
Pantai Pandansari beserta kebun buah naga, via instagram

Berada di pinggir pantai, berdiri sebuah mercusuar yang sangat tinggi, kira-kira 30-an meter. Mercusuar ini bukan hanya aksesoris saja tapi bisa dimasuki pengunjung dan dinaiki hingga di puncaknya. Sehari-hari mercusuar ini digunakan sebagai pemberi lampu tanda bagi nelayan yang sedang melaut. Keberadaan mercusuar ini tentu mengingatkan kita pada bangunan serupa yang ada di pulau Lengkuas, Belitung dan ini juga menjadi satu-satunya mercusuar yang bisa didaki pengunjung di pantai Jogja.

Mercusuar di Pantai Pandansari, via instagram
Mercusuar di Pantai Pandansari, via instagram

Kemiripan Pantai Pandansari dengan Pulau Lengkuas hanya dibedakan oleh satu hal yaitu ketiadaan formasi batuan besar di pinggir pantai. Namun sebagai gantinya, tepat di bawah mercusuar ini terdapat agrowisata buah naga. Dari atas mercusuar pengunjung bisa melihat luasnya laut dan hijaunya hamparan perkebunan buah naga. Traveler berkesempatan untuk berkunjung ke dalam perkebunan dan memetik buahnya langsung untuk oleh-oleh.

Tags
Bantul Jogja Explore Jogja Pantai Lengkuas Pantai Pandansari Wonderful Indonesia
Share