Pantai Oetune NTT, Gurun Pasirnya Cantik Luar Biasa

Pesona wisata alam Nusa Tenggara Timur memang benar-benar luar biasa Teman Traveler. Banyak tempat di sini yang tawarkan panorama cantik nan magis, jarang ditemukan di lokasi lain. Salah satunya adalah Pantai Oetune, yang punya gurun pasir cantik luar biasa. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Mudah Diakses

69470190_423251948396780_6993651116144492946_n_K3V.jpg
Pemandangan di sekitar pantai via Instagram.com/arrierichardus

Pantai Oetune berada di Desa Tuafanu, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Jaraknya dari Kupang sekitar 45 km atau memakan perjalanan kurang lebih dua jam. Aksesnya lumayan mudah, bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun empat.

Reputasi pantai ini sudah lumayan terkenal lho Teman Traveler, bahkan sudah terkenal hingga ke luar negeri. Keindahan yang disuguhkan sanggup membuat siapapun terpesona. Sekali melihat dijamin takkan sanggup berkedip. Tak heran jika Oetune selalu ramai pengunjung.

Hamparan Pasir Indah

69831757_680622452444175_7741684540480672617_n_XQ5.jpg
Seperti Gurun Sahara via Instagram.com/arrierichardus

Pantai ini memiliki hamparan pasir sangat luas, bersih, halus, dan berwarna kecoklatan. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi turis lokal maupun asing. Banyak yang habiskan waktu untuk berjemur di sekitar sini. 

Uniknya lagi, hamparan pasir Oetune kerap tertiup angin dan membentuk deretan bukit kecil, bagaikan seperti di Gurun Sahara. Tak heran jika banyak orang menyebut destinasi ini sebagai Sahara-nya Nusa Tenggara Timur.

Oh ya, lingkungan sekitar Oetune cukup bersih lho. Jadi buat Teman Traveler yang tertarik datang ke sini, jangan lupa untuk ikut menjaga hal tersebut ya. Buang sampah di tempatnya, agar keindahan di sini terus bertahan untuk waktu yang lama.

Menikmati Sunrise dan Sunset

69083357_893928994322503_6001715934015354651_n_ZqV.jpg
Keindahan yang mempesona via Instagram.com/arrierichardus

Oetune juga merupakan salah satu pantai Instagenic di Nusa Tenggara Timur. Selain berkat hamparan pasirnya yang eksotis, destinasi ini juga tawarkan panorama sunrise dan sunset indah, bahkan mungkin salah satu yang terbaik di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Tak sedikit wisatawan sengaja datang ke sini hanya untuk sekedar menikmati indahnya panorama mentari tenggelam.

Fasilitas

Destinasi ini sudah menyediakan beberapa fasilitas seperti kamar mandi dan tempat ganti pakaian. Teman Traveler juga akan menemukan gazebo berbentuk rumah tradisional alias lopo berjejer rapi. Pengunjung biasa memanfaatkannya untuk duduk santai sambil menikmati pemandangan sekitar.

Teman Traveler takkan menemukan villa ataupun hotel di sini. Namun jangan khawatir, kalian bisa menginap di rumah warga kok. Mereka akan dengan senang hati memberikan tumpangan jika kalian meminta izin lebih dulu.

Biaya masuk pantai ini hanya Rp5000. Dengan biaya yang relatif murah tersebut, Teman Traveler sudah bisa menikmati keindahan pantai sepuasnya. 

Kalian juga akan menemukan sejumlah warga sekitar berjualan di pinggir pantai. Jangan lupa untuk membeli barang dagangan mereka ya, hitung-hitung sekalian membantu perekonomian masyarakat lokal.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pantai Oetune, destinasi cantik dengan gurun pasir ala Sahara yang eksotis. Bagaimana Teman Traveler, tertarik mampir ke sini ketika menjelajah wisata NTT nanti?

Tags
kontributor Nusa Tenggara Timur Travelingyuk wisata nusa tenggara timur
Share